Ikuti Kami

Kajian

Apakah Memakai Celak Mata Dapat Membatalkan Puasa?

celak mata membatalkan puasa
Credit: Photo from Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Pada sebagian orang, khususnya perempuan, menggunakan makeup adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Selain memberikan kesan fresh pada wajah, tidak sedikit orang yang setelah mengenakan make up, tingkat kepercayaan dirinya menjadi meningkat. 

Menggunakan makeup sebenarnya bisa dilakukan di beberapa titik pada wajah. Alat yang digunakan pun beragam seperti bedak, lipstik, dan sebagainya. Namun, salah satu bagian yang menjadi poin utama dalam merias wajah adalah bagian mata.

Eyeliner atau juga celak mata, menjadi salah satu alat yang marak digunakan pada bagian ini. Fungsi dari alat ini adalah mempertegas garis mata. Dengan beberapa trik, ia juga bisa membuat mata tampak lebih besar atau sebaliknya. 

Cara penggunaan eyeliner atau celak mata pun disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya secara umum, ia diaplikasikan pada tepi bagian atas atau bawah mata. Sehingga dapat mempercantik atau mempertajam sorotan mata. 

Dalam penggunaannya, eyeliner atau celak mata terkadang menyentuh bagian mata. Lantas, apakah menggunakan eyeliner celak mata dapat membatalkan ibadah puasa? Saat berpuasa, memang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Satu di antaranya tidak melakukan tindakan yang membatalkan puasa. Jika melihat di dalam Al-Quran ada beberapa hal yang membatalkan puasa yaitu makan, minum dan berhubungan intim. Hal ini tercantum di dalam Q.S Al-Baqarah ayat 187. 

اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ  ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ  كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ. 

Baca Juga:  Benarkah Islam Menyunahkan Nikah Muda?

“Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beri’tikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.”

Dalam tafsir as-Sa’di oleh Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di pakar tafsir abad 14 H ayat di atas menyatakan makan, minum dan berhubungan intim dapat membatalkan puasa. Ketiganya boleh dilaksanakan ketika fajar telah tenggelam. 

Adapun terkait hukum memakai celak mata saat puasa, menurut Imam Nawawi dalam kitab Raudhah at-Thalibin, jilid 3 halaman 222, bahwa memakai celak di mata tak berpengaruh pada puasa. Memakai eyeliner hukumnya diperbolehkan saat puasa. Imam Nawawi menyebutkan begini: 

فرع لا بأس بالاكتحال للصائم، سواء وجد في حلقه منه طعما، أم لا، لان العين ليست بجوف، ولا منفذ منها إلى الحل 

“Cabang pembahasan;  tidak dipermasalahkan bagi orang yang berpuasa untuk bercelak, baik ditemukan dalam tenggorokannya dari celak tersebut suatu rasa atau tidak. Sebab mata tidak termasuk jauf (bagian dalam) dan tidak ada jalan dari mata menuju tenggorokan”

Memakai eyeliner atau celak mata juga tidak membatalkan puasa juga dijelaskan oleh As-Sayyid ‘Alawiy Al-Malikiy dan Hasan Sulaiman An-Nuri dalam kitab Ibanatul Ahkam. Orang yang berpuasa, diperkenankan memakai eyeliner siang hari Ramadhan menurut mazhab Hanafi dan Syafi. Dalam Ibanatul Ahkam diterangkan; 

Baca Juga:  Suci Haid Atau Nifas Pada Siang Ramadhan, Apakah Wajib Puasa?

جواز اكتحال الصائم نهارا قالت الشافعية والحنفية الاكتحال للصائم جائز ولا يفطر سواء أوجد طعمه في حلقه أم لا، ولكنه عند الشافعية خلاف الأولى

Artinya: perihal bercelak mata di siang hari, ulama Syafiiyah dan ulama Hanafiyah mengatakan, orang yang sedang berpuasa boleh bercelak mata. Puasanya tidak batal baik celak itu terasa di tenggorokan atau tidak terasa. Tetapi menurut ulama Syafiiyah, bercelak saat puasa di siang hari menyalahi keutamaan.

Sebagai kesimpulan, memakai eyeliner atau celak mata tidak membatalkan puasa. Seorang perempuan diperbolehkan hukum syariat untuk memakai riasan mata, termasuk celak mata atau eyeliner. 

Rekomendasi

Mengupil Bisa Membatalkan Puasa Mengupil Bisa Membatalkan Puasa

Apakah Mengupil Bisa Membatalkan Puasa?

Hukum Perempuan Dirias Oleh Laki-laki Hukum Perempuan Dirias Oleh Laki-laki

Hukum Perempuan Dirias Oleh Laki-laki?

Hukum Memakai Lipstik Muslimah Hukum Memakai Lipstik Muslimah

Hukum Memakai Lipstik bagi Muslimah

transfusi darah non muslim transfusi darah non muslim

Hukum Donor darah Ketika Puasa Ramadhan

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Pesan Stiker Makanan Puasa Pesan Stiker Makanan Puasa

Hukum Kirim Pesan Stiker Makanan Saat Puasa

Kajian

Melaksanakan I'tikaf di Rumah Melaksanakan I'tikaf di Rumah

Bolehkah Melaksanakan I’tikaf di Rumah ?

Kajian

mamah dedeh pendakwah perempuan mamah dedeh pendakwah perempuan

Mamah Dedeh, Pendakwah Legendaris Perempuan

Khazanah

Mengupil Bisa Membatalkan Puasa Mengupil Bisa Membatalkan Puasa

Apakah Mengupil Bisa Membatalkan Puasa?

Kajian

Lagu Religi Tentang Ramadhan Lagu Religi Tentang Ramadhan

Tujuh Lagu Religi Tentang Ramadhan

Khazanah

Membatalkan Shalat Karena Gempa Membatalkan Shalat Karena Gempa

Tanya Ustazah: Bolehkah Shalat Tarawih 8 Rakaat dengan 2 Kali Salam?

Kajian

Beberapa Wasiat Sayyidah Fatimah Beberapa Wasiat Sayyidah Fatimah

Beberapa Wasiat Sayyidah Fatimah az-Zahra Sebelum Wafat

Khazanah

makan sahur azan subuh makan sahur azan subuh

Apakah Boleh Makan Sahur Saat Azan Subuh?

Kajian

Trending

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Ibadah

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

Kajian

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

Lima Hak Anak yang Harus Ditunaikan Orang Tua

Keluarga

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Connect