Ikuti Kami

Kajian

Adab Santri Yang Mengagungkan Guru, Apakah Bid’ah?

BincangMuslimah.Com – Pesantren adalah lembaga pendidikan yang memberikan sumbangsih besar dalam dunia keilmuan. Di dalamnya diterapkan nilai-nilai kebaikan dan kebiasaan baik dan diharapkan menjadi habit bagi santri setelah keluar dari pesantren. Diajarkan nilai-nilai kesederhanaan, kesopanan, tapi juga tidak lepas dari perkembangan keilmuan di dunia luar. Selain itu, hal yang khas dari santri adalah adab santri yang mengagungkan gurunya.

Adapun beberapa kelompok yang membid’ahkan perilaku santri tentu tidaklah bisa dibenarkan. Mereka menganggap sikap-sikap santri yang mengagungkan gurunya dianggap sebagian pengkultusan murid terhadap guru. Padahal tidaklah demikian. Sikap sopan dan santun dari murid kepada guru adalah bentuk penghormatan kepada orang yang berjasa menyampaikan ilmu-ilmu Tuhan.

Adapun sikap fanatik terhadap guru juga tidak bisa dibenarkan dalam Islam. Sikap hormat terhadap guru seharusnya tidak sampai mengantarkan seseorang kepada sikap fanatik dan jumud atau menghilangkan sikap kritis. Bahkan dalam kisah-kisah interaksi antara Nabi sebagai guru dan para sahabat sebagai murid adalah kisah dialog yang hidup. Sahabat mengajukan pendapat, Nabi menjawab dan bahkan bertanya kembali.

Islam adalah agama yang mengajarkan pemeluknya untuk bersikap moderat, bersikap tengah-tengah dalam berbagai hal termasuk dalam beragama. Begitu juga dalam menghormati guru, murid tak boleh sampai bersikap berlebih-lebihan bahkan sampai membenci guru yang lain atau merendahkan guru yang lain. Sebagaimana firman Allah dalam surat al-Baqoroh ayat 143:

 وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا لِّتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ عَلَيْكُمْ شَهِيْدًا ۗ

Artinya: Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) ”umat pertengahan” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu.

Ibnu Katsir dalam kitabnya Jami’ al-Bayan fii Ta`wil al-Qur`an memaknai “Awsatho” sebagai sikap tidak berlebiha-lebihan termasuk dalam beragama. Ia juga mendefinisikanya sebagai sikap adil, menempatkan sesuatu pada tempatnya. Sikap ini, dan yang populer dengan sikap moderat adalah anugerah dari Allah untuk umat Nabi Muhammad.

Baca Juga:  Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Adapun sikap mengormati guru adalah perintah Nabi yang dituturkan dalam beberapa hadisnya. Pertama hadis dari riwayat ‘Ubadah bin ash-Shamit:

ليس منَّا مَنْ لم يُجِلَّ كبيرَنا ، ويرحمْ صغيرَنا  ويَعْرِفْ لعالِمِنا حقَّهُ

Artinya: bukanlah bagian dari kami (umat Nabi) seseorang yang tidak menghormati orang tua, tidak menyayangi anak kecil, dan tidak mengetahui haknya orang alim. (HR. Ahmad berstatus hasan)

Begitu juga dalam hadis Nabi riwayat Abu Hurairah:

تعلموا العلمَ، وتعلموا للعلمِ السكينةَ والوَقارَ، وتواضعوا لمن تَعَلَّمون من

Artinya: pelajarilah ilmu dan pelajarilah ilmu ketenangan, dan bersikaplah tawadhu’ kepada orang yang kalian belajar ilmu darinya (guru). (HR. At-Thabrany).

Sikap tawadhu kepada guru jelas merupakan ajaran Nabi Muhammad yang juga tentunya adalah sikap yang luhur. Sikap tawadhu bukan berarti menumbuhkan sikap stagnasi pada diri santri. Sikap tawadhu melahirkan ketenangan dan mencerminkan penghormatan yang sesuai kepada guru. Ia tak sama sekali menghilangkan sikap kritis. Bahkan jika ingin menyampaikan suatu gagasan, tetaplah disampaikan dengan cara yang tawadhu.

Mengapa begitu penting murid menghormati guru sampai Rasulullah berkali-kali menyampaikannya?

Dalam al-Ad’iyyah wa al-Adzkar karya Abdullah Sirojuddin al-Husaini (W. 2002) menyebutkan alasan Nabi memeirntahkan umatnya agar bersikap hormat dan tawadhu adalah karena majlis ilmu selalu penuh dengan manfaat. Hadir di dalamnya menumbuhkan ketakwaan dan iman. Selain itu, di dalamnya juga terpecahkan berbagai permasalahan umat yang dirumuskan bersama.

Maka Syekh Sirojuddin, ulama berkebangsaan Suriah ini menganjurkan kita agar sering mendatangi majlis ilmu. Agar senantiasa dekat dengan orang-orang alim, orang-orang shaleh, dan orang-orang yang mengantarkan kita pada takwa. Sebagaimana firman Allah dalam surat at-Taubah ayat 119:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَكُوْنُوْا مَعَ الصّٰدِقِيْنَ

Baca Juga:  Zakiyah Daradjat; Pencetus Konsep Psikologi Agama di Dunia Pendidikan Islam

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah, dan bersamalah kamu dengan orang-orang yang benar.

Perintah ini juga mengarahkan kita untuk selalu memilah pergaulan. Bukan berarti bersifat eksklusif, dalam pertemanan yang lebih erat Allah memerintahkan kita untuk senantiasa bersama orang-orang yang baik dan mengantarkan kita pada kebaikan.

Maka tuduhan sebagian kelompok terhadap santri yang bersikap mengagungkan guru tidaklah dibenarkan. Penghormatan yang wajar dan sikap tawadhu yang tidak disertai fanatik dan kejumudan adalah hal yang dimaksudkan oleh Allah dan RasulNya.

 

Rekomendasi

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

orangtua dan guru perempuan berprofesi guru orangtua dan guru perempuan berprofesi guru

Peran Ganda Perempuan yang Berprofesi Guru

Ashabul Kahfi Masa Kini Ashabul Kahfi Masa Kini

Kaum Santri; Ashabul Kahfi Masa Kini

Filosofi I'rab Santri: Rafa’, Khafadh, Jazm, dan Nashab Filosofi I'rab Santri: Rafa’, Khafadh, Jazm, dan Nashab

Dua Alasan Mengapa Pesantren Masih Menjadi Tempat Belajar Terbaik

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Ngidam, Haruskah Selalu Dipenuhi? Ngidam, Haruskah Selalu Dipenuhi?

Ngidam, Haruskah Selalu Dipenuhi?

Keluarga

Cara Mengatasi Orang yang Nyinyir Menurut Imam Syafi’i

Muslimah Daily

Menilik Hak Politik Penyandang Disabilitas dalam Pemilu

Kajian

Na’ilah Hasyim Sabri, Mufassir Perempuan Asal Palestina

Muslimah Talk

Pernikahan Mencegah Zina Pernikahan Mencegah Zina

Quraish Shihab: Pernikahan Anak Usia Dini Bukan Cara Bijak Mencegah Zina

Khazanah

Surah an-Najm Ayat 45-46: Penentuan Jenis Kelamin pada Bayi Surah an-Najm Ayat 45-46: Penentuan Jenis Kelamin pada Bayi

Surah an-Najm Ayat 45-46: Penentuan Jenis Kelamin pada Bayi

Kajian

Pentingnya Bermazhab dalam Islam

Ibadah

Antara Jamaah dan Khusu’, Mana yang Lebih Diutamakan? Antara Jamaah dan Khusu’, Mana yang Lebih Diutamakan?

Antara Jamaah dan Khusu’, Mana yang Lebih Utama?

Ibadah

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

Baayun Maulud, Budaya Masyarakat Banjar saat Memperingati Hari Kelahiran Nabi

Kajian

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

pembelaan al-Qur'an terhadap perempuan, Fathimah dari Nisyapur: Ahli Makrifat Terbesar   pembelaan al-Qur'an terhadap perempuan, Fathimah dari Nisyapur: Ahli Makrifat Terbesar  

Perempuan dalam Perspektif Filsafat Islam

Kajian

suami suara tuhan suami suara tuhan

Pengertian Keluarga Sakinah dan Makna Perkawinan dalam Islam

Keluarga

Cara Mengatasi Orang yang Nyinyir Menurut Imam Syafi’i

Muslimah Daily

Menilik Hak Politik Penyandang Disabilitas dalam Pemilu

Kajian

Connect