Ikuti Kami

Ibadah

7 Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban

7 Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Kurban merupakan salah satu syariat Islam yang dilakukan sebagai bentuk penghambaan kepada Allah Swt. Ibadah kurban ini sangat dianjurkan untuk dilakukan karena fungsi utama dari ibadah kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah Swt. Di samping itu, ibadah kurban juga mengandung banyak keutamaan yang memperkuat anjuran untuk melakukan kurban. Berikut adalah 7  keutamaan melakukan ibadah kurban: 

Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban

Pertama, ibadah kurban adalah ibadah harta yang paling utama. Sebagaimana firman Allah di dalam QS. Al-Kautsar [108]:2:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنۡحَرۡ

Artinya: “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah”

Di dalam ayat tersebut, perintah kurban disandingkan dengan perintah shalat. Sedangkan shalat sendiri merupakan ibadah badan yang paling utama karena shalat akan menjadi amal yang pertama kali dihisab di hari kiamat dan menjadi tolok ukur dari timbangan amal manusia. Sehingga atas dasar inilah berkurban dapat dikatakan sebagai ibadah harta yang paling utama.

Kedua, ibadah kurban merupakan bagian dari menghidupkan syiar Islam. Sebagaimana firman Allah di dalam QS. Al-Hajj [22]: 34:

وَلِكُلِّ أُمَّةٖ جَعَلۡنَا مَنسَكٗا لِّيَذۡكُرُواْ ٱسۡمَ ٱللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلۡأَنۡعَٰمِۗ فَإِلَٰهُكُمۡ إِلَٰهٞ وَٰحِدٞ فَلَهُۥٓ أَسۡلِمُواْۗ وَبَشِّرِ ٱلۡمُخۡبِتِينَ

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelihan (kurban). Supaya mereka menyebut nama Allah ta’ala terhadap binatang ternak yang telah dirizkikan Allah kepada mereka, maka Ilahmu adalah Tuhan yang Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepadaNya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

Dari ayat tersebut disebutkan bahwa ibadah kurban adalah salah satu syariat Islam. Sehingga ketika seseorang berkurban berarti ia telah menghidupkan syiar Islam.

Ketiga, melaksanakan kurban merupaka sarana mendapatkan keridhoan Allah dan tanda keimanan. Sebagaimana firman Allah di dalam QS. Al-Hajj [22]: 37:

Baca Juga:  Lima Perkara yang Menghalangi Doa Tidak Sampai Kepada Allah

لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقۡوَىٰ مِنكُمۡۚ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.”

Di dalam ayat tersebut disebutkan bahwa orang yang melakukan kurban akan mendapatkan keridhaan Allah karena ketakwaannya melalui kurban.

Keempat, orang yang melakukan kurban akan mendapatkan ampunan dari Allah. Sebagaimana sabda Rasulullah saw. kepada putrinya Sayyidah Fatimah:

يَا فَاطِمَةُ قَوْمِي إِلَى أُضْحِيَّتِكَ فَاشْهَدِيهَا فَإِنَّهُ يُغْفَرُ لَكِ عِنْدَ أَوَّلِ قَطْرَةٍ تَقْطُرُ مِنْ دَمِهَا كُلُّ ذَنْبٍ عَمِلْتِيهِ وَقُولِي: إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهُ رَبِّ الْعَالَمِينَ لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Artinya:  “Ya Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah : Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah ta’ala, Rabb alam semesta. (HR. Abu Daud)

Kelima, hewan kurban akan menjadi saksi orang yang kurban pada hari kiamat kelak. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.: 

وَإِنَّهُ لَيَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya: “Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk,bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban telah terletak disuatu tempat disisi Allah sebelum mengalir ditanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi)

Keenam, orang yang berkurban akan mendapatkan pahala yang besar. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.:

بكُلِّ شَعَرَةٍ مِنَ الصُّوفِ حَسَنَةٌ

Artinya: “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu akan diperoleh (pahala) satu kebaikan.” (HR. Ahmad)

Baca Juga:  Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Di dalam hadits tersebut diumpamakan bahwa pahala yang akan diperoleh oleh orang yang berkurban adalah sebanyak bulu yang ada pada hewan kurbannya. Dan pada tiap-tiap bulu tersebut akan dihitung sebagai satu kebaikan.

Ketujuh, ibadah kurban dinilai sebagai ibadah sosial yang lebih utama daripada sedekah. Sebagaimana perkataan Ali bin Abi Thalib:

أَمَرَنِي النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَنَّ أَقْوَمَ عَلَى بُدْنِهِ, وَأَنْ أُقَسِّمَ لُحُومَهَا وَجُلُودَهَا وَجِلالَهَا عَلَى الْمَسَاكِينِ, وَلا أُعْطِيَ فِي جِزَارَتِهَا مِنْهَا شَيْئاً 

Artinya: “Rasulullah memerintahkan kepadaku untuk mengurusi hewan kurbannya, membagi-bagikan dagingnya, kulit dan pakaiannya kepada orang-orang miskin, dan aku tidak diperbolehkan memberi sesuatu apapun dari hewan qurban (sebagai upah) kepada penyembelihnya.” (HR. Abu Dawud)

Berdasarkan hadis ini para ulama mazhab Hanafi, Syafii dan Hanbali mengatakan bahwa kurban lebih utama dari segala bentuk sedekah meskipun nilainya lebih besar. Karena jika diperhatikan dari hadis ini seluruh hewan kurban tersebut didistribusikan kepada orang-orang miskin. 

Sedangkan orang yang berkurban hanya mengharapkan ridho Allah Swt. Sedangkan dalam bersedekah hanya sebagian harta saja yang diberikan kepada orang lain. Sehingga barang kali karena alasan inilah para ulama berpendapat bahwa kurban lebih utama daripada sedekah.

Demikianlah  7 keutamaan ibadah kurban yang patut kita ketahui. Semoga dengan mengetahui keutamaan-keutamaan ini, kita semakin termotivasi untuk melaksanakan ibadah kurban dengan penuh keikhlasan dan ketaatan

Rekomendasi

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

kurban setelah hari tayrik kurban setelah hari tayrik

Bolehkah Kurban Dilakukan Setelah Hari Tasyrik?

Ditulis oleh

Alumni Pesantren As'ad Jambi dan Ma'had Aly Situbondo. Tertarik pada Kajian Perempuan dan Keislaman.

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Biografi Siti Suryani Thahir Biografi Siti Suryani Thahir

Biografi Siti Suryani Thahir: Perintis Majelis Taklim Jakarta

Muslimah Talk

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

Kajian

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Ibadah

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

Connect