Ikuti Kami

Diari

Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Perempuan

kesehatan mental

BincangMuslimah.Com – Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga oleh setiap orang khususnya perempuan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan, bahkan tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja, melainkan kita juga harus menjaga kesehatan mental. Belakangan ini, isu tentang kesehatan mental semakin sering dibicarakan, tetapi menjaga kesehatan mental sangat berbeda dengan menjaga kesehatan fisik. Sebab, kesehatan mental sangat erat kaitannya dengan keadaan psikis dan jiwa seseorang.

Apakah kamu tahu bahwa ternyata kesehatan mental perempuan lebih rentan terganggu?

Menurut sebuah survei American Psychological Association, perempuan mengalami tingkat ketegangan yang lebih tinggi daripada laki-laki dan terkadang berkaitan dengan masalah fisik dan emosional. Gangguan mental yang lebih banyak ditemukan pada perempuan antara lain adalah depresi, trauma, fobia, gangguan kecemasan dan gangguan makan. Terlebih, saat ini banyak perempuan yang memiliki berbagai macam peran yang bisa ia dilakukan secara bersamaan atau yang dikenal sebagai multitasking. Hal inilah yang bisa memberikan tekanan kepada perempuan, dan bisa mengakibatkan mereka rentan mengalami gangguan mental.

Namun, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita sebagai perempuan. Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan agar kesehatan mental kita tetap terjaga, di antaranya:

Biasakan Berpikir Positif Tentang Diri Sendiri

Apa yang kamu pikirkan tentang dirimu sendiri, ternyata sangat berpengaruh besar terhadap perasaanmu. Pikiranmu lah yang menentukan bagaimana kondisi mentalmu. Oleh sebab itu, kesehatan mental perempuan dapat dijaga dengan senantiasa berpikir positif terhadap diri sendiri. Buatlah dirimu termotivasi untuk selalu percaya akan kemampuan diri. Seperti ketika suatu saat kamu merasa gagal, kamu harus berusaha untuk berpikir positif. Contohnya berbicara dengan dirimu dan katakanlah “Walaupun aku belum berhasil saat ini, tetapi aku telah melakukan yang terbaik. Mungkin lain kali aku harus lebih berusaha lagi.”

Baca Juga:  Terapi Ruqyah untuk Pemulihan Kesehatan Mental 

Tulis Berbagai Hal yang Membuatmu Bersyukur

Bersyukur merupakan cara terbaik yang bisa membuat seseorang merasa beruntung dan bahagia. Bahkan, dengan bersyukur juga bisa meningkatkan kesehatan mental perempuan. Coba mulailah dengan membuat daftar dalam catatan harianmu tentang berbagai hal yang kamu syukuri setiap harinya.

Berolahraga Rutin untuk Memproduksi Hormon Endorfin

Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga yang rutin, ternyata bisa menjaga kesehatan mental perempuan. Karena ketika berolahraga, tubuh kita akan mengeluarkan keringat, serta memproduksi hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan bisa meningkatkan suasana hati. Maka dari itu, olahraga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mental perempuan, karena dapat menangkal berbagai gangguan mental, seperti stres, cemas, dan juga depresi. Marilah lakukan olahraga yang rutin, minimal 30 menit dalam sehari.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Apapun yang kamu makan, tentu sangat berpengaruh bagi tubuhmu. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang sehat dengan nutrisi yang cukup. Dengan memakan makanan yang sehat dan bernutrisi, kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu, seperti makan dengan karbohidrat dalam jumlah yang cukup, tertanya dapat meningkatkan hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood seseorang.

Istirahat Sejenak di Sela-sela Kesibukanmu dan Tidur yang Cukup Untuk Menjaga Menjaga Suasana Hatimu

Saat kamu merasa stres atau depresi karena tugas atau pekerjaanmu, mari luangkan waktu untuk dirimu beristirahat, tinggalkan sejenak berbagai kesibukanmu agar kesehatan mentalmu tidak terganggu. Karena terkadang, yang perlu kamu lakukan adalah istirahat sejenak, relax, cobalah dengan pejamkan matamu dan “menarik nafas, menahannya, lalu membuangnya kembali” dengan begitu, tubuhmu akan terasa lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, istirahatlah dengan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan mentalmu. Dengan kondisi kurang tidur juga ternyata berdampak negatif untuk kesehatan mental perempuan. Karena, hal itu memiliki pengaruh buruk pada suasana hati atau mood. Jadi, usahakan untuk tidak tidur larut malam agar kamu bisa mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Jangan biasakan untuk bermain gadget sebelum tidur, karena gadget justru bisa membuatmu kesulitan untuk tidur.

Baca Juga:  Hari Kasih Sayang yang Hilang Makna dan Pentingnya Pendidikan Seks

Mari Membantu Sesama

Membantu sesama manusia, ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental perempuan. Senyuman bahagia dari orang lain akan membuatmu merasa bahagia dan juga tenang. Oleh sebab itu, mari membantu sesama, dengan melakukan berbagai hal positif yang bisa kita lakukan terhadap orang lain yang membutuhkan. Dengan begitu, kesehatan mental kita akan terjaga dan bisa membuat orang lain bahagia.

Rekomendasi

Merawat Kesehatan Mental Merawat Kesehatan Mental

Tiga Metode Merawat Kesehatan Mental dalam Islam

Ruqyah Pemulihan Kesehatan Mental  Ruqyah Pemulihan Kesehatan Mental 

Terapi Ruqyah untuk Pemulihan Kesehatan Mental 

Daily Dose of Sunshine: Daily Dose of Sunshine:

Daily Dose of Sunshine: Gangguan Kesehatan Mental Bukan Aib

Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Alquran dan Hadis Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Alquran dan Hadis

Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Alquran dan Hadis

Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

Komentari

Komentari

Terbaru

Biografi Siti Suryani Thahir Biografi Siti Suryani Thahir

Biografi Siti Suryani Thahir: Perintis Majelis Taklim Jakarta

Muslimah Talk

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

Kajian

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Ibadah

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

Connect