Ikuti Kami

Subscribe

Diari

Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Perempuan

kesehatan mental

BincangMuslimah.Com – Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting untuk dijaga oleh setiap orang khususnya perempuan. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan, bahkan tidak hanya menjaga kesehatan fisik saja, melainkan kita juga harus menjaga kesehatan mental. Belakangan ini, isu tentang kesehatan mental semakin sering dibicarakan, tetapi menjaga kesehatan mental sangat berbeda dengan menjaga kesehatan fisik. Sebab, kesehatan mental sangat erat kaitannya dengan keadaan psikis dan jiwa seseorang.

Apakah kamu tahu bahwa ternyata kesehatan mental perempuan lebih rentan terganggu?

Menurut sebuah survei American Psychological Association, perempuan mengalami tingkat ketegangan yang lebih tinggi daripada laki-laki dan terkadang berkaitan dengan masalah fisik dan emosional. Gangguan mental yang lebih banyak ditemukan pada perempuan antara lain adalah depresi, trauma, fobia, gangguan kecemasan dan gangguan makan. Terlebih, saat ini banyak perempuan yang memiliki berbagai macam peran yang bisa ia dilakukan secara bersamaan atau yang dikenal sebagai multitasking. Hal inilah yang bisa memberikan tekanan kepada perempuan, dan bisa mengakibatkan mereka rentan mengalami gangguan mental.

Namun, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental kita sebagai perempuan. Berikut ini hal-hal yang bisa kita lakukan agar kesehatan mental kita tetap terjaga, di antaranya:

Biasakan Berpikir Positif Tentang Diri Sendiri

Apa yang kamu pikirkan tentang dirimu sendiri, ternyata sangat berpengaruh besar terhadap perasaanmu. Pikiranmu lah yang menentukan bagaimana kondisi mentalmu. Oleh sebab itu, kesehatan mental perempuan dapat dijaga dengan senantiasa berpikir positif terhadap diri sendiri. Buatlah dirimu termotivasi untuk selalu percaya akan kemampuan diri. Seperti ketika suatu saat kamu merasa gagal, kamu harus berusaha untuk berpikir positif. Contohnya berbicara dengan dirimu dan katakanlah “Walaupun aku belum berhasil saat ini, tetapi aku telah melakukan yang terbaik. Mungkin lain kali aku harus lebih berusaha lagi.”

Tulis Berbagai Hal Yang Membuatmu Bersyukur

Bersyukur merupakan cara terbaik yang bisa membuat seseorang merasa beruntung dan bahagia. Bahkan, dengan bersyukur juga bisa meningkatkan kesehatan mental perempuan. Coba mulailah dengan membuat daftar dalam catatan harianmu tentang berbagai hal yang kamu syukuri setiap harinya.

Berolahraga Rutin Untuk Memproduksi Hormon Endorfin

Dengan melakukan aktivitas fisik seperti olahraga yang rutin, ternyata bisa menjaga kesehatan mental perempuan. Karena ketika berolahraga, tubuh kita akan mengeluarkan keringat, serta memproduksi hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan bisa meningkatkan suasana hati. Maka dari itu, olahraga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mental perempuan, karena dapat menangkal berbagai gangguan mental, seperti stres, cemas, dan juga depresi. Marilah lakukan olahraga yang rutin, minimal 30 menit dalam sehari.

Konsumsi Makanan Sehat Dan Bernutrisi

Apapun yang kamu makan, tentu sangat berpengaruh bagi tubuhmu. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan yang sehat dengan nutrisi yang cukup. Dengan memakan makanan yang sehat dan bernutrisi, kamu bisa menjaga kesehatan mentalmu, seperti makan dengan karbohidrat dalam jumlah yang cukup, tertanya dapat meningkatkan hormon serotonin yang dapat memperbaiki mood seseorang.

Istirahat Sejenak Di Sela-Sela Kesibukanmu dan Tidur Yang Cukup Untuk Menjaga Menjaga Suasana Hatimu

Saat kamu merasa stres atau depresi karena tugas atau pekerjaanmu, mari luangkan waktu untuk dirimu beristirahat, tinggalkan sejenak berbagai kesibukanmu agar kesehatan mentalmu tidak terganggu. Karena terkadang, yang perlu kamu lakukan adalah istirahat sejenak, relax, cobalah dengan pejamkan matamu dan “menarik nafas, menahannya, lalu membuangnya kembali” dengan begitu, tubuhmu akan terasa lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, istirahatlah dengan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan mentalmu. Dengan kondisi kurang tidur juga ternyata berdampak negatif untuk kesehatan mental perempuan. Karena, hal itu memiliki pengaruh buruk pada suasana hati atau mood. Jadi, usahakan untuk tidak tidur larut malam agar kamu bisa mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Jangan biasakan untuk bermain gadget sebelum tidur, karena gadget justru bisa membuatmu kesulitan untuk tidur.

Mari Membantu Sesama

Membantu sesama manusia, ternyata bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental perempuan. Senyuman bahagia dari orang lain akan membuatmu merasa bahagia dan juga tenang. Oleh sebab itu, mari membantu sesama, dengan melakukan berbagai hal positif yang bisa kita lakukan terhadap orang lain yang membutuhkan. Dengan begitu, kesehatan mental kita akan terjaga dan bisa membuat orang lain bahagia.

Rekomendasi

Ada juga yang memberikan tudingan jika mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental merupakan manusia kurang iman, kurang mendekatkan Ada juga yang memberikan tudingan jika mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental merupakan manusia kurang iman, kurang mendekatkan

Gangguan Kesehatan Mental Bukan Karena Kurang Iman

Memaksimalkan #Dirumahaja untuk Meraih Impian

Crusita Maharani S
Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

Komentari

Komentari

Terbaru

jin qorin menggoda manusia jin qorin menggoda manusia

Benarkah Jin Qorin Ada untuk Menggoda Manusia?

Kajian

Relasi Tasawuf Psikologi Agama Relasi Tasawuf Psikologi Agama

Relasi Tasawuf dengan Psikologi Agama

Kajian

rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq

Telaah Kisah Rasulullah SAW. Mengadili Thu’mah bin Ubayriq

Khazanah

penyebab kekerasan seksual pesantren penyebab kekerasan seksual pesantren

Penyebab Terjadinya Kekerasan Seksual di Pesantren Menurut Komisioner Komnas Perempuan

Kajian

rasulullah terjaga perbuatan dosa rasulullah terjaga perbuatan dosa

Rasulullah SAW. Terjaga dari Segala Perbuatan Dosa

Kajian

Kisah Ibnu Rusyd yang Pernah Ditolong oleh Yahudi

Kajian

seragam sekolah identitas keagamaan seragam sekolah identitas keagamaan

Sengkarut Seragam Sekolah dengan Identitas Keagamaan, Akankah Sekolah Berujung Jadi Ranah Intoleransi?

Muslimah Talk

Drama Extraordinary Attorney Woo Drama Extraordinary Attorney Woo

Perempuan Penyandang Disabilitas Mental menjadi Pengacara Hebat di Drama Extraordinary Attorney Woo

Muslimah Talk

Trending

Bulan Haram 3 Berurutan Bulan Haram 3 Berurutan

Amalan yang Bisa Dilakukan di Awal Tahun Hijriah

Ibadah

rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq

Memahami Makna I’jaz Al Qur’an

Kajian

Perempuan dalam Historiografi Islam Perempuan dalam Historiografi Islam

Perempuan dalam Historiografi Islam

Kajian

Sejarah Kurban Sebelum Islam Sejarah Kurban Sebelum Islam

Sejarah Kurban Sebelum Nabi Ibrahim

Kajian

Tempat Duduk jenis kekerasan Tempat Duduk jenis kekerasan

Efektifkah Pemisahan Tempat Duduk Penumpang Berdasarkan Jenis Kelamin untuk Menangkal Kekerasan Seksual?

Muslimah Talk

Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya

Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya, Padahal Nabi Tegas Menegakkan Hukum Termasuk pada Anaknya

Khazanah

Rasulullah Disalip Emak-emak Rasulullah Disalip Emak-emak

Kisah Rasulullah Disalip Emak-emak

Khazanah

Tingkatan Cinta Ibnu Arabi Tingkatan Cinta Ibnu Arabi

Tingkatan Cinta Menurut Ibnu Arabi

Kajian

Connect