Ikuti Kami

Diari

Bagaimana Jika Pagimu Diselimuti Kabut Asap, Bukan Lagi Embun Pagi?

kabut asap

BincangMuslimah.Com – Sebuah anugerah dan keniscayaan saat kita bisa bangun pagi dan menjalani hari dengan sehat walafiat. Pagi hari adalah waktu yang sangat tepat untuk mengumpulkan semua amunisi untuk mempersiapkan jiwa dan raga dalam mengarungi seharian aktivitas. Tapi mungkin itu tidak lagi dirasakan oleh kawan kita di sana yang saat ini diselimuti kabut asap, bukan lagi embun pagi.

Lewat media sosial saya membaca banyak sumpah serapah yang terlayangkan untuk pemangku kekuasaan dan pengusaha swasta pemilik lahan perkebunan yang katanya penyebab perusakan hutan. Hati saya nanar melihat asap menyelubungi pulau yang katanya paru-paru Indonesia itu. Tapi, melihat keadaan di lingkungan sekeliling saya juga tak lebih menyakitkan.

Seperti pagi ini, saya mengawali hari untuk bersepeda menapaki jalanan kampung. Sungguh nikmat, bisa melihat orang-orang beraktivitas dan memahami keadaan sekitar. Saya lahir dan besar di Cikarang Pusat, Bekasi, atau tepatnya di desa Cicau. Sebuah desa yang masih bertahan di kelilingi pabrik-pabrik bercerobong besar serta masuk dalam denah pembangunan mega proyek Meikarta yang saat ini sedang mangkrak karena ada dugaan korupsi yang sedang diusut.

Saya bersepeda ke Desa tetangga, Desa Cempaka. Jarak dari Cicau sampai Cempaka terbilang cukup dekat. Jika memakai kendaraan roda empat mungkin hanya memakan waktu sekitar 20 menit, dan jika menggunakan kendaraan roda dua bisa memakan waktu 15 menit. Kali ini saya menggunakan sepeda, belum sampai ke Cempaka, namun sampai Cilangkara saja sudah menghabiskan waktu sekitar 20 menit. Sampai Cempaka katakanlah butuh tambahan waktu 20 menit, berarti sampai Cempaka memakan waktu 40 menit.

Apa yang membedakan dalam penggunaan kendaraan tersebut? Pertama jelas ialah waktu, yang kedua adalah perhatian kita pada alam sekitar. Kecepatan itu sangatlah bagus, tapi jika cepat tanpa kontrol itu yang bahaya. Di zaman era serba cepat ini, mungkin sebagian orang sudah paham akan kecepatan, maka mereka banyak yang menciptakan mesin yang bisa mempercepat pekerjaan mereka, bagusnya mereka bisa mengontrol atas keinginan diri yang tiada batas.

Baca Juga:  Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain dan Pesan Menjaga Bumi dalam Islam

Menurut saya pada titik ini, terkadang kita perlu yang namanya sikap lambat. Dari sisi ini kita bisa menyelami dan mendalami lagi apa yang bisa kita ambil di perjalanan, lalu menikmati perjalanan. Lambat bukan berarti tertinggal. Tetapi melambat untuk lebih bisa melihat dan merenungi alam sekitar, berpikir ulang apakah sikap dan keputusan kita saat ini adalah yang terbaik untuk diri sendiri, orang sekitar dan masa depan anak cucu?

Bersepeda pagi ini, banyak yang bisa saya lihat dan saya baru menyadari banyak sekali objek yang baru saya tahu. Karena selama ini saya selalu memakai kendaraan roda dua atau pun roda empat yang menyebabkan pergerakan saya terlalu cepat, hingga saya lupa keadaan sekitar.

Padahal selama ini saya tahu, bahwa bahan bakar kendaraan kita (premium,pertalite, pertamax) dibuat dari minyak bumi yang tercipta dari sisa-sisa peninggalan zaman purba. Celakanya adalah bahan bakar ini tidak bisa diperbaharui di tambah efek samping dari bahan bakar ini adalah mencemari udara bumi yang sejuk ini. Saya tahu, tapi baru-baru ini saya sadar betul. Mungkin di antara kalian ada yang seperti saya?

Bahan bakar kendaran itu, saat ini bisa kita dapat dengan sangat mudah, tapi bagaimana dengan cucu kita 3000 tahun mendatang? Bagaimana dengan bumi yang selalu diambil manfaatnya tapi tidak dilestarikan atau dijaga? Kita harus sadar betul, bumi ini sedang menangis melihat tingakah laku kita yang sangat sombong.

Dengan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) yang terjadi di salah satu wilayah Indonesia itu, saya sadar satu hal. Setiap dari kita memiliki peran untuk mencegah hal buruk itu terjadi. Di tempat saya ini, mungkin bisa dimulai dengan mengubah gaya hidup kita yang setiap hari memproduksi asap polusi. Polusi asap kendaraan yang kita ciptakan, sama saja dengan polusi kabut asap akibat karhutla, keduanya sama-sama mencemari udara, bukan?

Baca Juga:  Larangan Menebang Pohon Sembarangan dalam Hadis Nabi

Dengan naik kendaraan umum, setiap dari kita bisa berperan mengurangi asap polusi. Gunakan angkutan umum sebaik mungkin. Lalu jalan kaki dari stasiun MRT atau KRL ke tempat kerja. Jika masih bisa jalan kaki, jalan kaki saja. Anggap saja itu sebagai pengganti waktu olahraga kita yang selama ini (sok) sibuk kerja.

Jangan lupa selain bisa menyehatkan tubuh, jalan kaki juga suatu cara untuk mensyukuri nikmat Allah yang sangat luar biasa. Nikmat sehat, yang kata Rasulullah, sering kali dilupakan umat manusia. Mari merubah gaya hidup kita menjadi lebih baik, kita tidak bisa berbuat untuk perubahan iklim dan menjaga alam jika hanya sendiri, tapi kita bisa jika bersama.

Rekomendasi

Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain

Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain dan Pesan Menjaga Bumi dalam Islam

pelestarian lingkungan alquran hadis pelestarian lingkungan alquran hadis

Upaya Pelestarian Lingkungan dalam Alquran dan Hadis

merawat lingkungan tanggung manusia merawat lingkungan tanggung manusia

Merawat Lingkungan Adalah Salah Satu Tanggung Jawab Manusia

Larangan Menebang Pohon Sembarangan dalam Hadis Nabi

Ditulis oleh

Peneliti el-Bukhari Institute dan alumni jurusan Sastra Arab UIN Jakarta

1 Komentar

1 Comment

  1. Pingback: Bagaimana Jika Pagimu Diselimuti Kabut Asap, Bukan Lagi Embun Pagi? | Alhamdulillah Shollu Alan Nabi #JumatBerkah - Ajeng .Net

Komentari

Terbaru

Pembubaran Ibadah Katolik Pamulang Pembubaran Ibadah Katolik Pamulang

Pembubaran Ibadah Mahasiswa Katolik di Pamulang: Islam Melarang Menyakiti Umat Beda Agama

Kajian

pekerja migran dilarang jilbab pekerja migran dilarang jilbab

Ketika Pekerja Migran Dilarang Majikannya untuk Memakai Jilbab, Apa yang Harus Dilakukan?

Kajian

Menjawab Salam Agama Lain Menjawab Salam Agama Lain

Haruskah Menjawab Salam dari Pemeluk Agama Lain?

Kajian

pewarna karmin halal dikonsumsi pewarna karmin halal dikonsumsi

Apakah Makanan dari Pewarna Karmin Halal Dikonsumsi? Berikut Fatwa para Ulama Dunia

Video

Pembangunan Ibadah Agama Lain Pembangunan Ibadah Agama Lain

Nabi Pernah Memerintahkan Sahabat untuk Membantu Pembangunan Rumah Ibadah Agama Lain

Khazanah

Kenaikan Suhu Udara Ekstrem Kenaikan Suhu Udara Ekstrem

Waspada Dampak Kenaikan Suhu Udara Ekstrem bagi Perempuan

Muslimah Daily

Nyai Nafiqah ulama perempuan Nyai Nafiqah ulama perempuan

Nyai Nafiqah: Sosok Ulama Perempuan dan Istri Kyai Hasyim

Khazanah

fatimah ahli fikih uzbekistan fatimah ahli fikih uzbekistan

Fatimah as-Samarqandi, Sang Ahli Fikih Perempuan dari Uzbekistan

Khazanah

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

Connect