Ikuti Kami

Kajian

Hukum Filler dalam Islam

Hukum Filler dalam Islam
Hukum Filler dalam Islam (Foto: Gettyimages.com)

BincangMuslimah.Com – Filler merupakan perawatan kecantikan yang dilakukan dengan cara menyuntikkan zat sintetis atau alami ke dalam garis, lipatan, serta jaringan wajah guna mengurangi timbulnya kerutan. Perawatan ini juga berguna untuk mengembalikan vitalitas wajah yang menurun seiring dengan pertambahan usia. Berikut penjelasan hukum melakukan filler dalam Islam yang tercantum dalam Fatwa MUI no. 41 Nomor 2020:

Pertama, filler digunakan untuk mengubah ciptaan Allah Swt

Maksudnya adalah filler menjadi salah cara yang ditempuh untuk mengubah bentuk fisik, seperti memancungkan hidung, melancipkan dagu, meniruskan wajah, menipiskan atau mempertebal bibir. Jika ditujukan dengan tujuan seperti ini dan tidak diperbolehkan secara syar’i maka hukum filler dalam Islam ini haram.

Kedua, filler digunakan untuk kecantikan dan perawatan

Bebeda dengan sebelumnya, filler di sini tidak sampai mengubah bentuk fisik secara signifikan. Filler digunakan dengan tujuan perawatan seperti menghaluskan kerutan pada wajah, menyamarkan bekas luka jerawat atau cacar air, mengisi cekungan di bawah area mata, menyamarkan aib pada wajah, atau memperbaikinya.  Dalam kasus seperti ini maka hukumnya boleh, tetapi dengan syarat:

  1. sejalan dengan tujuan syariat;
  2. memakai bahan yang halal dan suci;
  3. aman, tidak membahayakan bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan; dan
  4. dilakukan oleh tenaga ahli yang kompeten dan amanah.

Ketiga, filler yang menimbulkan dampak negatif

Filler tak jarang menimbulkan dampak negatif, seperti menimbulkan bahaya (dharar), penipuan (tadlis), ketergantungan (idman), atau hal lainnya yang dilarang (diharamkan). Melihat dampak negatif yang ditimbulkan, filler dihukumi haram.

Allah Swt. menjelaskan bahwa Dialah yang menciptakan manusia dengan fitrah-Nya. Barang siapa yang merubah dan berpaling dari fitrah tersebut maka sesungguhnya ia sudah berpaling dari agama Allah Swt. Segala sesuatu yang bertentang dari fitrah Allah dinilai sebagai sesuatu yang haram termasuk diantaranya merubah ciptaan Allah Swt dengan melakukan filler. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. Ar-Rum [30]: 30 berikut:

Baca Juga:  Bantahan terhadap Muktazilah tentang Kebolehan Melihat Allah

فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ حَنِيفًا فِطْرَتَ اللَّهِ الَّتِي فَطَرَ النَّاسَ عَلَيْهَا لَا تَبْدِيلَ لِخَلْقِ اللَّهِ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Maka, hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam sesuai) fitrah (dari) Allah yang telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. Tidak ada perubahan pada ciptaan Allah (tersebut). Itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

Maksud dari “merubah ciptaan Allah Swt” adalah mengubah anggota tubuh manusia dari bentuk aslinya menjadi bentuk lain yang diinginkan. Misalnya, wajah yang aslinya berbentuk bulat diubah menjadi oval dan hidung yang pesek diubah menjadi mancung. Islam tidak melarang kaum perempuan untuk mempercantik dirinya, apalagi jika diperuntukkan untuk sang suami. Namun, jika usaha mempercantik ini terdapat unsur mengubah bentuk maka itu tidak diperbolehkan.

Dalam perspektif fikih, dijelaskan bahwa merubah ciptaan Allah secara permanen bisa saja diperbolehkan hukumnya jika memang dalam kondisi darurat, seperti sakit, tidak normal, atau cacat. Keadaan tersebut dapat didasarkan pada kaidah fikih: “Adh-dharuratu tubihul mahzhuratartinya: keadaan darurat itu menyebabkan bolehnya dilakukan hal-hal yang dilarang.

Dalam kitab Fathul Bari Syarah hadis al-Bukhari juga disebutkan:

“Tidak boleh bagi wanita untuk mengubah ciptaan Allah yang telah diciptakan untuknya, menambah ataupun mengurangi sekadar untuk kecantikan dan tidak untuk suaminya itu semua termasuk dalam larangan, yaitu mengubah ciptaan Allah terkecuali dalam hal yang menyebabkan bahaya dan kesakitan, seperti orang yang mempunyai gigi lebih atau panjang yang menganggu ketika makan atau jari tambahan yang menyulitkannya, maka ini diperbolehkan. (Dan wanita yang memanggur gigi untuk kecantikan) dapat dipahami bahwa perbuatan yang tercela adalah yang dilakukan demi kecantikan (semata). Namun jika perbuatan itu dilakukan karena memang diperlukan seperti untuk berobat maka hal itu boleh.”

Manusia dianugerahi akal dan pikiran oleh Allah agar dapat mentadaburi apa yang di alam semesta, termasuk keajaiban yang berada dalam dirinya. Di antara makhluk lainnya, manusialah yang hanya memiliki akal. Karena itu, manusia pantas dijuluki sebagai makhluk Allah yang mulia dan sempurna penciptaannya. Sebagaimana firman Allah dalam Q.S. At-Tin [94]: 4 berikut:

Baca Juga:  Menjawab Pertanyaan, “Benarkah Allah Ada di Langit?”

لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Artinya: “Sesungguhnya, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna.”

Sebab itulah, Allah memerintahkan manusia agar senantiasa menjaga dan merawat pemberian-Nya. Islam memperbolehkan setiap manusia untuk selalu menjaga penampilan agar elok dipandang, tentunya dengan catatan menutup aurat. Berhias diri dan merawat diri juga dianjurkan sebagai bentuk syukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Berdasarkan pemaparan di atas, hukum filler dalam Islam tidak diperbolehkan karena ada unsur mengubah ciptaan Allah. Hal ini dilarang bahkan diharamkan jika melakukannya dengan niatan ingin mempercantik diri dan tidak ditujukan untuk suaminya. Akan tetapi, filler boleh dilakukan jika dikarenakan keadaan darurat.

Sumber

Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Filler Untuk Kecantikan Dan Perawatan Wajah. 2020.

Masrury, Farhan. “Pandangan Al-Qur’an Terkait Merubah Bentuk Tubuh”. TA”LIM : Jurnal Multidisiplin Ilmu. Vol. 1, No. 2. 2022.

Zahro, Ahmad. Fiqih Kontemporer. Surabaya: PT Qaf Media Kreative. 2016.

Faqih, Moch. “Fenomena Thread Lift Sebagai Upaya Merubah Ciptaan Allah (Kajian Living Hadis Musnad Ahmad ibn Hanbal No Indeks 4434 Di Kalangan Model Di Surabaya)”. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 2023.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam

Komentari

Komentari

Terbaru

keistimewaan umat nabi muhammad keistimewaan umat nabi muhammad

Delapan Keistimewaan Umat Nabi Muhammad

Kajian

Mencintai Saudara Sesama Muslim Mencintai Saudara Sesama Muslim

Pelajaran dari Kaum Anshar: Mencintai Saudara Sesama Muslim

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

tiga peneliti sufi perempuan tiga peneliti sufi perempuan

Kisah Tiga Peneliti tentang Sufi Perempuan  

Diari

Trending

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tafsir Al-Baqarah 187: Kiat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga menurut Islam

Kajian

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Yoga gerakan ibadah hindu Yoga gerakan ibadah hindu

Yoga Dianggap Menyerupai Gerakan Ibadah Hindu, Haramkah Menurut Islam?

Kajian

malaikat melaknat istri menolak malaikat melaknat istri menolak

Benarkah Malaikat Melaknat Istri yang Menolak Ajakan Suami untuk Berhubungan Badan?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

alasan fatimah julukan az-zahra alasan fatimah julukan az-zahra

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Connect