Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Minyak Dzarirah, Obat Jerawat yang Dipakai Para Istri Rasulullah

BincangMuslimah.Com – Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang selalu berhasil bikin kita gemas. Kehadirannya yang tidak diundang tersebut, sering kali membuat kita tidak percaya diri, karena penampilan wajah kita menjadi tidak sempurna. Saat ini sangat mudah menemukan beragam merek skincare yang menawarkan beragam macam produk kecantikan penghilang jerawat seperti krim, obat oles jerawat , serum jerawat serta produk kecantikan lainnya yang diklaim mampu menghilangkan jerawat.

Namun tak sedikit juga yang gagal dan tidak memperoleh hasil yang maksimal dengan pemakaian beragam skincare tersebut. Jika kamu termasuk orang yang sudah gerah mencoba beragam produk skincare modern tersebut, namun belum menemukan hasil, kita bisa mencoba dan mengenal lebih dekat lagi pada minyak dzarirah. Minyak alami yang diklaim sebagai obat jerawat ala Rasulullah.

Istri-istri nabi bercerita, suatu hari  Rasulullah menemui mereka. Rasulullah kemudian melihat di antara mereka tumbuh semacam jerawat. Rasulullah lantas bertanya, “Engkau punya minyak wangi dzarirah?.” Mereka menjawab punya. Rasulullah berkata, “Bubuhkan dijerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini’.” Hadits yang diakui shahih oleh Adz-Dzahabi ini, diriwayatkan oleh Al-Hakim. Adz-Dzahabi mengatakan sanadnya shahih, meski Imam Bukhari dan Imam Muslim tidak meriwayatkan hadis ini dalam kitab Shahihnya.

Terdapat riwayat lain yang menyinggung tentang minyak wangi dzarirah dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, bahwa Siti Aisyah menceritakan dirinya suatu ketika memegang minyak wangi dzarirah membubuhi minyak itu kepada Rasulullah. Peristiwa itu terjadi pada hajjatul wada’ (haji perpisahan) untuk melakukan tahallul (mencukur rambut) dan ihram.

Berdasarkan hadits tersebut, maka untuk mengobati jerawat yang hinggap pada bagian tubuh ialah dengan cara mengoleskan minyak wangi dzarirah. Rasulullah memang tidak menyebutkan bentuk jerawatnya secara spesifik. Namun, tidak sedikit orang yang meyakini bahwa minyak wangi dzarirah dapat mencakup semua jenis penyakit jerawat. Dengan demikian, minyak dzarirah bisa menjadi solusi tepat untuk siapa saja yang sedang berhadapan dengan permasalahan kulit yang bernama jerawat.

Dalam minyak dzarirah terdapat kandungan Etanol, yang memiliki manfaat seperti alkohol  yaitu dapat mekakukan proses purging dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan di kulit. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat.

Selain itu, minyak ini juga bersifat anti jamur dan bakteri.  Jerawat yang hadir diakibatkan karena adanya bakteri bernama acne vulgaris, yang jika menempel pada kulit akan menyebabkan jerawat. Kandungan anti jamur dan bakteri yang dimiliki oleh minyak ini, mampu membunuh pertumbuhan virus tersebut. Alhasil, minyak yang dianjurkan Rasulullah ini memang cocok sekali untuk mengobati jerawat.

Rekomendasi

Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

Zainab binti Jahsy, Perempuan yang Dinikahi Nabi Saw atas Wahyu Allah

Shafiyyah binti Huyay: Istri Nabi, Seorang Perempuan Yahudi yang Masuk Islam

Meneladani Adab Tertawa Ala Rasulullah

Seberapa Dekatkah Kita dengan Rasulullah?

Silmi Adawiya
Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

Komentari

Komentari

Terbaru

mengulang pernikahan; Doa untuk Pengantin Baru mengulang pernikahan; Doa untuk Pengantin Baru

Berapa Usia Ideal Perempuan untuk Menikah?

Kajian

Ketentuan Malam Pertama Bagi Pengantin Baru Menurut Sunnah Rasulullah

Ibadah

Hukum Memberi Nafkah Terhadap Kerabat

Kajian

Keluarga Islami watak alamiah perempuan Keluarga Islami watak alamiah perempuan

Pentingnya Memahami Watak Alamiah Perempuan dalam Sabda Rasul

Kajian

Antara Islam dan Kebebasan Menurut Syeikh Mutawalli al-Sya’rawi

Kajian

berbuat baik pada perempuan berbuat baik pada perempuan

Hukum-hukum Rujuk dalam Islam

Kajian

Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

Zainab binti Jahsy, Perempuan yang Dinikahi Nabi Saw atas Wahyu Allah

Kajian

Tidak Datang ke Pernikahan Teman Tidak Datang ke Pernikahan Teman

Hukum Tidak Datang Ketika Diundang ke Pernikahan Teman

Ibadah

Trending

Toleransi: Perjumpaan Islam dengan Nasrani dan Romawi

Kajian

The Queen’s Gambit: Representasi Diskriminasi pada Perempuan

Muslimah Daily

melamar perempuan iddah melamar perempuan iddah

Ini Lima Hal yang Patut Diketahui Muslimah sebelum Menerima Pinangan

Ibadah

Perempuan dalam Perspektif Tafsir Klasik dan Kontemporer

Kajian

Hukum Tayamum bagi Istri yang Dilarang Bersuci Menggunakan Air oleh Suami

Ibadah

hukum menikah - Pernikahan tanpa pacaran hukum menikah - Pernikahan tanpa pacaran

Tidak Hanya Laki-laki, Perempuan Juga Berhak Memilih Calon Suaminya!

Kajian

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Al-Qur’an

Muslimah Daily

Apa Saja Ciri-ciri Rendah Hati?

Muslimah Daily

Connect