Ikuti Kami

Muslimah Talk

Zainab Al-Ghazali ; Mufassir Perempuan Pelopor Feminisme Islam

zainab al-ghazali
sumber foto ; tarbawi.my

BincangMuslimah.Com – Zainab al-Ghazali merupakan mufassir perempuan yang berasal dari Mesir. Sebagai mufassir ia mempunyai buah pemikiran yang begitu luar biasa. Menariknya adalah selain cerdas dalam menulis tafsir beliau juga benar-benar berkiprah pada kemajuan peran perempuan, yang mana pada masa itu diampit oleh dua ranah yang berbeda.

Yang pertama, dari penafsiran tradisional yang terkesan memojokkan kaum perempuan, kemudian yang kedua adalah penafsiran kaum feminis liberal yang terlalu memaksakan kehendaknya sendiri untuk menuntut kebebasan. Bukan berarti Zainab menolak pemikiran tentang feminisme, akan tetapi beliau mampu menjadi penengah dari dua penafsiran tersebut.

Profil dan Kiprah  Zainah al-Ghazali Terhadap Perempuan di Mesir

Menurut sumber jurnal yang di tulis oleh Ummi Zainab Mohammad dan  Muhammad Azizan Sabyan dengan judul Zainab al-Ghazali: Sejarah Kebangkitan Mujahidah Islam. Bahwa nama lengkap tokoh mufassir perempuan ini adalah Zainab Muhammad al-Ghazali al-Jubaili. Beliau dilahirkan pada tanggal 2 Januari 1917M/ 1335 H di Mayeet Ghumar al-Daqiliyah, daerah Buhairah, Mesir.

Keluarga beliau sudah tidak diragukan lagi, memiliki jalur nasab yang mulia yaitu dari jalur keturunan para sahabat Rasulullah SAW.  Ayah beliau dari keturunan khalifah Umar al-Khattab ra. sedangkan, ibunya dari jalur keturunan saiyidina al-Hasan bin Ali bin Abi Talib.

Pada masa Zainab bukan berarti kaum perempuan dibatasi dalam menyuarakan atas segala haknya, akan tetapi mereka juga dihidangkan oleh orang barat tentang tawaran feminism barat.

Dari sini kisah Zainab al-Ghazali yang menarik adalah kapasitasnya dalam mengungkapkan idealisme dan pemikirannya di tengah pergulatan dan cabaran zaman. Beliau tidak tenggelam dalam percaturan dan taklid terhadap pandangan perempuan yang sempit yang diapungkan oleh pemikiran tradisionalis. Tetapi beliau juga tidak tertawan oleh ajakan kemewahan dan arus kehidupan masyarakat barat yang telah memukau ramai feminis Mesir terkemuka di kalangan generasinya.

Baca Juga:  Nyai Makkiyah As’ad; Ulama Perempuan Pengasuh Tiga Pesantren Besar

Bagaimanapun, menurut Zainab, perempuan bukanlah untuk menuntut kebebasan tetapi untuk mengetahui batasan dan hak jangkauannya. Terkadang etika merupakan sesuatu yang dapat memisahkan kebebasan dari perbuatan yang tidak tepat. Jika dengan lantangnya mudah untuk menginginkan kebebasan, tetapi tidak berani berkiprah untuk sekitarnya, sungguh itu bukan suatu hal yang diharapkan. Sesungguhnya yang perlu dilakukan ialah dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana peran perempuan mampu mencorakkan kehidupan demi kemaslahatan bersama. Dengan begitu, kedudukan hak perempuan bisa diperoleh dalam aspek sosial, ekonomi, politik, pendidikan dan sebagainya.

Tokoh mufassir peremuan ini lebih memilih untuk  menghabiskan seluruh hidupnya dalam gerakan dakwah demi menegakkan syiar Islam di Mesir. Menciptakan generasi perempuan yang berani meyuarakan ilmu-ilmu agama Islam dengan cara berdakwah. Selain itu Zainab juga terlibat dalam memperjuangkan agama Islam dengan tokoh-tokoh pemikir Islam salah satunya adalah Hasan al-Banna dalam gerakan Ikhwanul Muslimin. Semangat menulisnya tak pernah pudar hingga ia didaulat menjadi editor Majalah al-Da’wah, sebuah media pembangunan muslim di Mesir.

Kisah Penahanan Zainab al-Ghazali di Penjara.

Suatu ketika Zainab merasa resahmelihat kondisi pemerintahan Mesir melakukan ketidak adilan yang luar biasa. Berangkat dari semangat yang mendalam, Zainab menulis dan mengirimkan ke media masa tentang saran dan mengkristisi kebijakan pemerintah Mesir. Setelah tulisan itu menyebar, sayang sekali ia malah mendapatkan respon negatif dari pemerintah Mesir.

Hingga suatu malam tiba-tiba Zainab diculik oleh aparat pemerintah Mesir dan dipenjara dalam ruang gelap gulita, sempit dan sama sekali tidak layak. Dan mirisnya lagi, setelah ruangan tersebut dinyalakan lampunya, ternyata telah disiapkan puluhan ekor anjing yang siap menyiksa zainab. Melihat keadaan yang menimpanya, Zainab merasa tidak sanggup dan tak henti-hentinya berdoa memohon perlindungan dari Allah agar terhindar dari serangan anjing- anjing tersebut.

Baca Juga:  Hal yang Sering Dilupakan: Laki-laki Juga Memiliki Batasan Aurat

Ketika anjing berusaha menyantapnya, Zainab hanya sanggup memejamkan mata sambil melatunkan doa. Tidak berapa lama kemudian salah satu aparat membuka pintu dan menghidupkan lampu ruangan, tak disangka atas izin Allah, tidak ditemukan luka di sekujur tubuhnya. Allah telah memberikan kebesaran untuk Zainab.

Penahanan tersebut tidak menyurutkan semangat juang Zainab, setelah bebas ia menuliskan kisahnya selama berada di dalam penjara yang berjudul Ayyamun min Hayati (Hari- Hari dari Hidupku). Ia menuliskan bahwa hukuman yang dideritanya benar benar tidak layak, bahkan melampui kemampuan kebanyakan laki-laki. Pesan moral ketika ia berada di tahanan, bahwa hanya pertolongan Allah yang bisa membuat ia bertahan hidup.

Semoga kisah singkat perjuangan dan dasar pemikiran yang dibawa oleh mufassir perempuan ini, mampu menjadi contoh rujukan. Karena sesungguhnya pandangan kalangan umat Islam terhadap kisah perjuangan perempuan Islam hari ini masih lemah. Wallahu a’lam.

Rekomendasi

Hubungan Gender dan Tafsir Agama Menurut Quraish Shihab

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

tafsir Ayat Bias gender tafsir Ayat Bias gender

Tiga Kemungkinan Salah Tafsir Ayat Bias Gender Menurut Kiai Hussein Muhammad

Ummu Hisyam binti Haritsah Ummu Hisyam binti Haritsah

Ummu Hisyam binti Haritsah, Pemelihara Surat Qaf dari Lisan Rasulullah

Ditulis oleh

Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, aktif di CRIS Foundation (Center for Research dan of Islamic Studies)

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect