Ikuti Kami

Muslimah Talk

Sakdiyah Ma’ruf : Menggelitik Budaya Patriarki dan Konservatisme Beragama Lewat Komedi

“Kita sebagai muslim tidak boleh berkiblat ke barat,” 

“Saya pikir kalau gak menghadap barat lalu saya akan shalat hadap mana?”

“Saya dengan senang hati melihatmu di neraka,”

“Saya pikir kalau anda bisa lihat saya dibakar di neraka bukankah anda juga di neraka?”

BincangMuslimah.Com – Itu adalah cuplikan punchline yang Sakdiyah Ma’ruf masukkan dalam standup komedi yang ia bawakan. Kritikan bernada penghakiman seperti ini sering Sakdiyah dengar sejak ia memutuskan berdakwah lewat komedi.

Menurut Sakdiyah yang terlahir di komunitas yang sangat konservatif di daerah Pekalongan, Jawa Tengah, sesungguhnya kekakuan dalam beragama ini adalah keseharian yang sering ditemukan di lingkungannya sejak kecil. Tapi itu sebatas untuk kalangannya saja, yang dimaksudkan sebagai nasehat dan peringatan untuk generasi penerus di kalangan tertentu.

“Di lingkungan saya dulu ungkapan-ungkapan tersebut sebatas kepada sesama golongan, tapi di era media sosial semua komentar-komentar yang seharusnya bersifat privat tersebut berhamburan di medsos dan dibaca banyak orang sehingga menjadi hate speech,” jelas Sakdiyah Ma’ruf dalam diskusi rutin bulanan yang digelar Komunitas Musisi Jakarta (KOMUJI), pada akhir bulan Oktober kemarin.

Tapi beberapa tahun terakhir praktek beragama yang sempit, rigid dan penuh penghakiman tersebut semakin masif terjadi. Seolah tidak ada ruang perbedaan dalam cara mengabdi pada Tuhan, seolah tidak ada dialog antar perbedaan.

“Tidak ada ruang untuk dialog antar kebenaran, saya tidak berbicara tentang A salah atau B benar. Tapi dialog antar kebenaran,” ujar perempuan peranakan Arab yang memilih berdakwah lewat komedi tersebut.

Alasan Sakdiyah Terjun ke Dunia Komika

Mungkin karena terlahir di komunitas keturunan Arab yang konserfatif dan patriarki, Ia merasakan bahwa restriksi terhadap perempuan, mulai dari pernikahan anak, pemisahan ruang publik antara laki-laki dan perempuan yang dibungkus tafsir yang bersifat monolotik sudah menjadi keseharian di masyarakat di mana ia dibesarkan.

Baca Juga:  Shafiyah binti Huyay, Putri Pembesar Yahudi yang Dinikahi Nabi Saw

Menurut Sakdiyah, dalam sistem yang membuat masyarakat menjadi kaku, berpikiran rigid dan penuh penghakiman tersebut, perempuan adalah lapis terbawah dalam lapisan itu.

Seperti bagaimana kebolehan melakukan kekerasan terhadap perempuan menemukan pembenarannya dalam tafsir yang rigid tentang kewajiban istri yang tidak patuh, “Lalu jika suami yang tidak patuh bagaimana?” ujar komika muslimah itu dalam premis yang ia lontarkan dalam komedinya.

Hidup di tengah lingkungan kontradiksi serta krisis indentitas dan banyaknya tekanan sosial terhadap perempuan, Sakdiyah Ma’ruf tumbuh merindukan Indonesia yang katanya meski berbeda-beda tapi tetap satu jua.

“Indonesia adalah imajinasi saya tentang hidup dan masa depan,” ujarnya.

Tapi sayang, ternyata konservatifme yang ia tolak  telah menyebar secara masif pula di masyarakat Indonesia. Sehingga ia merasa tidak mendapatkan Indonesia yang dia impikan.

“Baru pertama kali dalam hidup saya bertemu dengan teman-teman yang bercadar, yang tidak ingin bersalaman dengan lawan jenis, duduk berseberangan dengan teman laki-laki yang dibatasi tirai, ada teman laki-laki yang menolak melihat wajah saat berbicara dengan saya. Melihat ini saya merasa tidak hanya ingin berjuang untuk perempuan di komunitas saya, tapi untuk Indonesia,” jelasnya.

Ironi dalam kehidupan yang serba ketat tersebut akhirnya membawa Sakdiyah ke panggung standup komedi, di mana dia banyak membicarakan tentang Islam untuk melawan ekstrimisme Islam di Indonesia.

Sakdiyah berharap tidak ada lagi saling menghakimi di antara masyarakat, baik yang konservatif atau yang merasa moderat. Hindari prasangka terhadap saudara sesama muslim.

“Setiap hari ada saja yang mengkritik, dibilang kurang islami jilbabnya, jilbabnya jangan diikat, dan lalu kita membalasnya dasar mereka bodoh, fundamentalis dan sebagainya. Apa bedanya?” Kata Sakdiyah dalam diskusi KOMUJI yang bertemakan “Shaleh Tanpa Menghakimi” itu.

Baca Juga:  Peran Santri dalam Merealisasikan Moderasi Beragama

Menurutnya diskusi ini bukan hanya tentang menjadi shaleh tanpa menghakimi. Tapi bagaimana agar golongan yang mengaku prograsif pun mau berpikiran terbuka.

“Jangan merasa Islam moderat, tapi kerjaannya tiap hari membodoh-bodohkan orang, bilang orang fundamentalis, radikal dan sebagainya. Jika anda berbicara tentang cadar, burkah seseorang maka anda harus berpikir lagi tentang pengakuan dirinya  moderat,” ujarnya lagi.

Menurutnya yang paling penting agar tidak ada lagi fenomena saling menghakimi terhadap sesama muslim. Masyarakat harus mencari tahu kemudian menolak bersama pangkal ekstrimisme yang terjadi di Indonesia.

“Selama ini media asing selalu bicara tentang  meningkatnya ekstrimisme di Indonesia. Tapi kita hampir tidak pernah benar-benar bisa mengidentifikasi secara jelas siapa mereka itu, kapan mulai masuk ke Indonesia, apa yang mereka bawa, ideologi rigid yang bahkan mengarah pada kekerasan ini siapa mereka, tanpa mengetahui itu maka kita hanya akan berantem sendiri,” tandasnya.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Peneliti el-Bukhari Institute

Komentari

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

Lima Hak Anak yang Harus Ditunaikan Orang Tua

Keluarga

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect