Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Talk

Perempuan Sufi dalam Literatur Islam Klasik

BincangMuslimah.Com – Sejak diutusnya Nabi menjadi rahmat bagi alam semesta, perempuan telah memainkan peranan yang sangat penting dalam segala aspek. Tak terkecuali dalam dunia tasawuf. Cabang mistik Islam ini muncul pada awal abad kedelapan, kira-kira satu abad setelah Nabi wafat. Pada mulanya, tasawuf merupakan suatu gerakan asketik murni yang berusaha menghadang dan menghalangi kecendrungan kaum muslim yang semakin meningkat pada hal-hal duniawi.

Aliran tasawuf bertambah kuat dan jumlahnya semakin banyak pada periode ekspansi kekhalifahan dalam Islam. Dan bukan suatu hal yang remeh jika peranan utama dalam aliran ini jatuh di pundak perempuan. Nama Rabi’ah al-Adawiyyah atau biasa dikenal Rabi’ah dari kota Bashrah menandai awal gerakan tasawuf yang sesungguhnya dalam Islam.

Dialah yang diyakini telah mengubah asketisme yang suram menjadi mistisisme cinta kasih yang murni. Hingga saat ini, seorang perempuan yang berbudi luhur atau sangat terhormat dalam dunia tasawuf dapat digambarkan sebagai seorang ‘Rabi’ah kedua’.

Tidak lekang dalam benak kita semua bagaimana seorang Rabi’ah berlari melintasi Basrah dengan seember air di satu tangan dan obor menyala di tangan lainnya. Dan ketika semua orang bertanya, ia menjawab “aku ingin menuangkan air ke dalam neraka dan mengobarkan api di surga, sehingga kedua selabung ini lenyap dan tak seorang pun akan menyembah Tuhan karena takut akan neraka atau mengharapkan surga.”

Banyak kita temukan riwayat tentang Rabi’ah, seorang budak perempuan yang telah dibebaskan dari Bashrah yang pada saat itu menjadi pusat dari aliran tasawuf. Bahkan beberapa periwayatan, mengaitkan seorang sufi ternama yakni Hasan al-Bashri dengan Rabi’ah.

Muhammad Zihni, dalam kitabnya Masyahir an-Nisa menggambarkan kesempurnaan Rabi’ah dengan mengatakan“…dia, jelas lebih unggul dibanding para pria, dan itulah sebabnya dia juga disebut Mahkota Kaum Pria…”.

Rabiah bukanlah satu-satunya seorang sufi perempuan yang menyerahkan diri sepenuhnya pada kecintaan terhadap Tuhan. Kita juga mengenal Bahriyya al-Maushuliyyah, seorang perempuan yang tak henti-hentinya meratap hingga buta kedua matanya. Hal ini adalah sesuatu yang sangat diinginkan oleh para sufi sebab bagi mereka, melihat kekasih Ilahi adalah satu-satunya tujuan hidup. Mata, bagi mereka seharusnya tidak lagi menjadi selubung antara orang yang melihat dan apa yang dilihat.

Rihana al-Waliha, juga adalah seorang perempuan yang hidup dalam sujud-sujudnya yang panjang. Bahkan dalam beberapa riwayat dikatakan bahwa dia dibawa ke rumah sakit jiwa sebab kecintaannya yang begitu menyeluruh sehingga mendorongnya mengabaikan aturan-aturan kepantasan umum yang berlaku saat itu.

Ada juga perempuan bernama Sya’wana, tokoh menarik lain di antara para sufi perempuan yang hidup di masa awal perjalanan tasawuf; dia juga terkenal Karena ratapannya yang tak kunjung putus. Bahkan seorang sufi besar Fudayl ibn Iyad diyakini pernah memintanya untuk mendoakannya.

Sufi yang shaleh, Bisyr al-Hafi serta ahli hadis Ahmad ibn Hanbal juga mendekati Aminahar-Ramliyyah untuk memintanya menjadi perantara, dan melalui dialah mereka mengetahui penangguhan hukuman mereka dari neraka.

Masih banyak lagi wanita ‘pemuja Tuhan’ lain yang tak dikenal. Para perempuan shalihah tak bernama yang berkali-kali muncul dalam literatur tasawuf klasik.

Banyak diantara mereka menyanyikan lagu-lagu pendek seperti yang dinyanyikan Rabi’ah. Meski bukan karya seni, semua ini merupakan contoh-contoh pertama dari lirik cinta mistik yang, pada abad-abad selanjutnya, menjadi ciri yang menandai seorang sufi yang penuh cinta kasih:

Kekasih itu tidak seperti yang lain;

Hanya Dia yang dapat menyentuh hatiku.

Dan meskipun tak terlihat dan tersentuh,

Dia selalu ada dalam hatiku.

 

Begitulah cara perempuan Sufi Suriah, Rabi’ah asy-Syamiyah mengemukakannya. Contoh lain dikutip oleh Jami:

Kekasih Tuhan itu sakit di dunia ini-

Penderitaannya tak kunjung reda;

Kesedihanlah satu-satunya pelipur hatinya

Sesiapa benar-benar mencintai Pencipta Agung

Berkelana keseluruh dunia bersama-Nya di dalam pikirannya-

Dan dikarunia penglihatan akan Dia!

Avatar
Ditulis oleh

Penulis adalah alumni Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat dan mahasiswa Pasca Sarjana UIN Jakarta Minat Kajian Tafsir dan Hadis Nabawi

Komentari

Komentari

Trending

Perempuan yang Mimpi Basah Juga Wajib Mandi Besar Perempuan yang Mimpi Basah Juga Wajib Mandi Besar

Apakah Perempuan yang Mimpi Basah Juga Wajib Mandi Besar?

Ibadah

bersetubuh saat azan bersetubuh saat azan

Hukum Menyetubuhi Istri yang Sedang Istihadah

Kajian

Tips Memiliki Tubuh Ideal Dari Sayyidah Aisyah

Muslimah Daily

Ini Lima Perbedaan Laki-Laki dan Perempuan dalam Hal Shalat

Ibadah

Nasihat Nabi untuk Suami yang Tergoda Wanita Lain Nasihat Nabi untuk Suami yang Tergoda Wanita Lain

Nasihat Nabi untuk Suami yang Tergoda Perempuan Lain

Keluarga

Hafshah binti Sirrin ; Ulama Hadis Perempuan dari Kalangan Tabiin yang Zuhud

Khazanah

perempuan berkulit hitam perempuan berkulit hitam

Kisah Nabi Saw. dan Perempuan Berkulit Hitam

Diari

Nasihat Nabi kepada Asma Nasihat Nabi kepada Asma

Punya Ibu Non Muslim, Rasulullah Tetap Perintahkan Asma Binti Abu Bakar Muliakan Ibunya

Keluarga

Rekomendasi

© 2019 Bincang Muslimah - All Right Reserved

Connect