Ikuti Kami

Muslimah Talk

Nasywa Shihab: Bantu Carikan Guru yang Tepat untuk Belajar Islam Lewat Cariustadz.id

BincangMuslimah.Com – Dewasa ini, teknologi dunia sudah berkembang begitu pesat. Banyak hal yang awalnya sulit dipermudah dengan lahirnya inovasi-inovasi teknologi. Sudah banyak bidang yang memanfaatkan perkembangan ini termasuk bidang pendidikan, ekonomi, social hingga keagamaan. Bidang keagamaan saat ini termasuk bidang yang sudah banyak melek digital, banyak hal yang digunakan dalam pengupgrade-an keilmuannya hingga penyebarannya. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi apapun itu hanya dengan satu genggaman saja.

Cariustadz.id adalah contoh platform yang dilahirkan sebagai bukti bahwa dalam perkembangannya, bidang keagamaan tidak tertinggal jauh dengan bidang-bidang lainnya. Namun dalam pengaplikasiannya apa sih cariustadz.id itu? Bagaimana sistem kerja cariustadz.id? Terfokus pada apakah cariustadz.id itu?

Berikut penjelasan Nasywa Shihab, selaku Putri dari cendekiawan Muslim Quraish Shihab serta Direktur cariustadz.id dalam kegiatan wawancara secara daring dengan salah satu contributor BincangMuslimah.Com, Putri Febyan Sari, Kamis (19/11).

Apa sih cariustadz.id itu?  Hal apa yang memotivasi untuk mendirikan cariustadz.id? dan kenapa namanya cariustadz.id?

Cariustadz.id adalah bagian dari program Yayasan Lentera Hati, dimana yayasan ini memiliki beberapa program yang dibagi menjadi tiga, yaitu pertama, Pusat Studi Qur’an (PSQ), kedua Baitul Qur’an, ketiga platform cariustadz.id. Yayasan ini melahirkan program pertama  yaitu Pusat Studi Qur’an dimana program ini sudah 15 tahun berjalan, dengan berfocus kepada penelitian dan juga pendidikan untuk menghasilkan kader-kader mufassir.

Di  lahirkannya cariustadz.id ini adalah berasal dari keresahan bahwa alumni PSQ terhitung banyak dan tersebar diseluruh indonesia, tetapi masih ada missing link, dimana dengan meningkatnya semangat masyarakat dalam belajar agama ternyata umat memiliki kendala dalam menemukan ustadz dan ustadzah yang tepat untuk menjadi guru mereka untuk belajar mendalami islam.

Baca Juga:  Permen PPKS, Langkah Maju Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi

Dari keresahan itu membuat Yayasan ini berfikir perlu ada jembatan yang bisa menghubungkan antara kebutuhan umat ini dengan resource-nya PSQ yaitu alumni-alumninya PSQ, jika diibaratkan, PSQ ini adalah dapurnya sedangkan cariustadz.id ini adalah jembatan yang menghubungkan antara umat dengan ustadz melalui teknologi digital, cariustadz.id ini adalah platform yang masih menggunakan website base tetapi sekarang sudah ada aplikasi cariustadz.id di android.

Dengan demikian, motivasi didirikannya cariustadz.id ini adalah ingin mengajak ustadz-ustadzah melek akan digital supaya stigma bahwa dakwah hanya bisa dilakukan dimasjid saja itu tidak melulu benar, karna dizaman sekarang cukup dengan modal satu handphone saja membuat konten dakwah di upload di sosmed saja bisa dilihat oleh jutaan orang. Dan kenapa namanya cariustadz.id karna platform ini bertujuan untuk mewadahi umat untuk mencari ustadz-ustadzah yang berkompeten.

Bagaimana system kerja dari cariustadz.id tersebut? Apakah dikhususkan hanya untuk mencari ustadz saja atau banyak fitur didalamnya?

Tujuan utama dilahirkannya cariustadz.id ini adalah untuk pencarian ustadz dengan menghadirkan banyak variasi dan banyak alternative ustadz-ustadzah sesuai dengan kompetensinya, cariustadz.id adalah platform untuk menghadirkan ustadz ustadzah berdasarkan profilnya.

Namun untuk saat ini, dalam melihat faktanya ternyata umat juga banyak yang membutuhkan konsultasi, banyak yang menghubungi cariustadz.id untuk bertanya tentang keagamaan karna umat ternyata tidak cuma membutuhkan ustadz untuk mengundang datang ke pengajian, tetapi ternyata banyak juga umat yang butuh tempat curhat atau umat yang benar-benar belajar dasar agama.

Melihat banyaknya kebutuhan itu, akhirnya cariustadz.id memutuskan melaunching fitur Tanya Ustadz, dari fitur itu masyarakat bisa bertanya perihal apapun yang ada kaitannya dengan keagamaan, dari cariustadz.id sudah menyiapkan platfrom yang akan menghubungkan ke ustadznya langsung, sehingga segala pertanyaan akan bisa langsung dijawab oleh ustadz-ustadzah yang kompeten.

Baca Juga:  Perlibatan Polisi Perempuan dalam Penjagaan Haji di Saudi

Apa yang membedakan cariustadz.id dengan platform-platform yang lain?

Perbedaan cariustadz.id dengan platform-platform laiinnya adalah cariustadz.id memiliki resource, dimana cariustadz.id  punya lembaga yang menaunginya yaitu Pusat Studi Qur’an dimana pergerakannya sudah sangat lama dibidang pendidikan ustadz ini, sehingga standart kompetensi keilmuan, standart prinsip wasathiyyahnya terjaga.

Mungkin platform lain hanya mengumpulkan ustadz-ustadznya saja, sementara sebagai sebuah platform yang utuh di hanya menghadirkan ustadznya saja tetapi bagaimana pemberdayaan ustadz itu dan memastikan pemahamannya tetap selalu sejalan.

Karna ini adalah bentuk tanggung jawab social managemen cariustadz.id, dimana ustadz-ustadz yang dihadirkan memiliki keilmuan yang mumpuni, dan managemen cariustadz.id secara rutin mengadakan seminar-seminar untuk ustadznya guna untuk memastikan selalu ada upgrading keilmuan, dan membuka kesempatan ustadz untuk berdiskusi.

Nilai jual apa yang dibangun cariustadz.id untuk meningkatkan eksistensinya?

Nilai jual dari cariustadz.id adalah sisi keilmuan ustadz-ustadznya dan pemahaman konsepnya, selain itu cariustadz.id ingin menghadirkan dan memastikan ustadz-ustadz ini memiliki kesempatan atau mendapatkan panggung untuk mengeksplorasi keilmuanya, karna terkadang banyak ustadz yang masih muda-muda dan belum memiliki banyak kesempatan. Disinilah cariustadz.id membuat banyak program sehingga bisa membuat variasi yang banyak dari ustadz-ustadz yang tergabung.

Dalam cariustadz.id ada penjelasan-penjelasan dari ustadz dll, nah, bagaimana arah gerak atau karakteristik yang dibangun cariustadz.id ini? bermadzhab kepada islam moderat atau seperti apa?

Cariustadz.id memiliki arah gerak kepada islam yang moderat, sesuai dengan visi misi yayasan yaitu membumikan al-qur’an ditengah masyarakat yang majemuk yang plural, dengan maksud dan tujuan bagaimana cariustadz.id bisa hadir ke umat dengan moderasi itu.

Karna moderat itu artinya di tengah, sementara posisi ditengah adalah posisi yang sangat sulit, butuh ilmu pengetahuan yang tinggi yang banyak dalam penerapannya, sehingga menjadi tantangan bagi cariustadz.id bagaimana cariustadz.id bisa membalance itu.

Baca Juga:  UU TPKS Telah Disahkan, Masih Ada Tugas Lain yang Menanti

Karna ciri-ciri ustadz dari cariustadz.id ini adalah mendidik umat, maka dibutuhkan upgrading keilmuan untuk memperkenalkan berbagai macam sudut pandang yang berbeda, dalam artian tidak hanya memberikan satu sudut pandang saja, seperti halnya pemahaman Quraish Shihab, yaitu: “saya hidangkan siatas meja berbagai macam, silahkan anda pilih yang mana” seperti itulah karakteristik yang dibangun oleh cariustadz.id.”

 

Rekomendasi

Pendidikan Seks dan Seksualitas Pendidikan Seks dan Seksualitas

Diah Irawaty: Pentingnya Pendidikan Seks dan Seksualitas dalam Masyarakat Muslim

kekerasan pada perempuan dan anak kekerasan pada perempuan dan anak

Susianah Affandy; Kekerasan pada Perempuan dan Anak Meningkat Saat Pandemi

feminisme - musdah mulia feminisme - musdah mulia

Musdah Mulia; Feminisme untuk Seluruh Gender Bukan Hanya Perempuan

Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah.

Komentari

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect