Ikuti Kami

Muslimah Talk

Nasywa Shihab: Bantu Carikan Guru yang Tepat untuk Belajar Islam Lewat Cariustadz.id

BincangMuslimah.Com – Dewasa ini, teknologi dunia sudah berkembang begitu pesat. Banyak hal yang awalnya sulit dipermudah dengan lahirnya inovasi-inovasi teknologi. Sudah banyak bidang yang memanfaatkan perkembangan ini termasuk bidang pendidikan, ekonomi, social hingga keagamaan. Bidang keagamaan saat ini termasuk bidang yang sudah banyak melek digital, banyak hal yang digunakan dalam pengupgrade-an keilmuannya hingga penyebarannya. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan informasi apapun itu hanya dengan satu genggaman saja.

Cariustadz.id adalah contoh platform yang dilahirkan sebagai bukti bahwa dalam perkembangannya, bidang keagamaan tidak tertinggal jauh dengan bidang-bidang lainnya. Namun dalam pengaplikasiannya apa sih cariustadz.id itu? Bagaimana sistem kerja cariustadz.id? Terfokus pada apakah cariustadz.id itu?

Berikut penjelasan Nasywa Shihab, selaku Putri dari cendekiawan Muslim Quraish Shihab serta Direktur cariustadz.id dalam kegiatan wawancara secara daring dengan salah satu contributor BincangMuslimah.Com, Putri Febyan Sari, Kamis (19/11).

Apa sih cariustadz.id itu?  Hal apa yang memotivasi untuk mendirikan cariustadz.id? dan kenapa namanya cariustadz.id?

Cariustadz.id adalah bagian dari program Yayasan Lentera Hati, dimana yayasan ini memiliki beberapa program yang dibagi menjadi tiga, yaitu pertama, Pusat Studi Qur’an (PSQ), kedua Baitul Qur’an, ketiga platform cariustadz.id. Yayasan ini melahirkan program pertama  yaitu Pusat Studi Qur’an dimana program ini sudah 15 tahun berjalan, dengan berfocus kepada penelitian dan juga pendidikan untuk menghasilkan kader-kader mufassir.

Di  lahirkannya cariustadz.id ini adalah berasal dari keresahan bahwa alumni PSQ terhitung banyak dan tersebar diseluruh indonesia, tetapi masih ada missing link, dimana dengan meningkatnya semangat masyarakat dalam belajar agama ternyata umat memiliki kendala dalam menemukan ustadz dan ustadzah yang tepat untuk menjadi guru mereka untuk belajar mendalami islam.

Baca Juga:  Mengenal Hamnah Binti Jahsy, Perawat Perempuan di Masa Rasul

Dari keresahan itu membuat Yayasan ini berfikir perlu ada jembatan yang bisa menghubungkan antara kebutuhan umat ini dengan resource-nya PSQ yaitu alumni-alumninya PSQ, jika diibaratkan, PSQ ini adalah dapurnya sedangkan cariustadz.id ini adalah jembatan yang menghubungkan antara umat dengan ustadz melalui teknologi digital, cariustadz.id ini adalah platform yang masih menggunakan website base tetapi sekarang sudah ada aplikasi cariustadz.id di android.

Dengan demikian, motivasi didirikannya cariustadz.id ini adalah ingin mengajak ustadz-ustadzah melek akan digital supaya stigma bahwa dakwah hanya bisa dilakukan dimasjid saja itu tidak melulu benar, karna dizaman sekarang cukup dengan modal satu handphone saja membuat konten dakwah di upload di sosmed saja bisa dilihat oleh jutaan orang. Dan kenapa namanya cariustadz.id karna platform ini bertujuan untuk mewadahi umat untuk mencari ustadz-ustadzah yang berkompeten.

Bagaimana system kerja dari cariustadz.id tersebut? Apakah dikhususkan hanya untuk mencari ustadz saja atau banyak fitur didalamnya?

Tujuan utama dilahirkannya cariustadz.id ini adalah untuk pencarian ustadz dengan menghadirkan banyak variasi dan banyak alternative ustadz-ustadzah sesuai dengan kompetensinya, cariustadz.id adalah platform untuk menghadirkan ustadz ustadzah berdasarkan profilnya.

Namun untuk saat ini, dalam melihat faktanya ternyata umat juga banyak yang membutuhkan konsultasi, banyak yang menghubungi cariustadz.id untuk bertanya tentang keagamaan karna umat ternyata tidak cuma membutuhkan ustadz untuk mengundang datang ke pengajian, tetapi ternyata banyak juga umat yang butuh tempat curhat atau umat yang benar-benar belajar dasar agama.

Melihat banyaknya kebutuhan itu, akhirnya cariustadz.id memutuskan melaunching fitur Tanya Ustadz, dari fitur itu masyarakat bisa bertanya perihal apapun yang ada kaitannya dengan keagamaan, dari cariustadz.id sudah menyiapkan platfrom yang akan menghubungkan ke ustadznya langsung, sehingga segala pertanyaan akan bisa langsung dijawab oleh ustadz-ustadzah yang kompeten.

Baca Juga:  Lies Marcoes Natsir: Cita-cita Islam Adalah Kesetaraan

Apa yang membedakan cariustadz.id dengan platform-platform yang lain?

Perbedaan cariustadz.id dengan platform-platform laiinnya adalah cariustadz.id memiliki resource, dimana cariustadz.id  punya lembaga yang menaunginya yaitu Pusat Studi Qur’an dimana pergerakannya sudah sangat lama dibidang pendidikan ustadz ini, sehingga standart kompetensi keilmuan, standart prinsip wasathiyyahnya terjaga.

Mungkin platform lain hanya mengumpulkan ustadz-ustadznya saja, sementara sebagai sebuah platform yang utuh di hanya menghadirkan ustadznya saja tetapi bagaimana pemberdayaan ustadz itu dan memastikan pemahamannya tetap selalu sejalan.

Karna ini adalah bentuk tanggung jawab social managemen cariustadz.id, dimana ustadz-ustadz yang dihadirkan memiliki keilmuan yang mumpuni, dan managemen cariustadz.id secara rutin mengadakan seminar-seminar untuk ustadznya guna untuk memastikan selalu ada upgrading keilmuan, dan membuka kesempatan ustadz untuk berdiskusi.

Nilai jual apa yang dibangun cariustadz.id untuk meningkatkan eksistensinya?

Nilai jual dari cariustadz.id adalah sisi keilmuan ustadz-ustadznya dan pemahaman konsepnya, selain itu cariustadz.id ingin menghadirkan dan memastikan ustadz-ustadz ini memiliki kesempatan atau mendapatkan panggung untuk mengeksplorasi keilmuanya, karna terkadang banyak ustadz yang masih muda-muda dan belum memiliki banyak kesempatan. Disinilah cariustadz.id membuat banyak program sehingga bisa membuat variasi yang banyak dari ustadz-ustadz yang tergabung.

Dalam cariustadz.id ada penjelasan-penjelasan dari ustadz dll, nah, bagaimana arah gerak atau karakteristik yang dibangun cariustadz.id ini? bermadzhab kepada islam moderat atau seperti apa?

Cariustadz.id memiliki arah gerak kepada islam yang moderat, sesuai dengan visi misi yayasan yaitu membumikan al-qur’an ditengah masyarakat yang majemuk yang plural, dengan maksud dan tujuan bagaimana cariustadz.id bisa hadir ke umat dengan moderasi itu.

Karna moderat itu artinya di tengah, sementara posisi ditengah adalah posisi yang sangat sulit, butuh ilmu pengetahuan yang tinggi yang banyak dalam penerapannya, sehingga menjadi tantangan bagi cariustadz.id bagaimana cariustadz.id bisa membalance itu.

Baca Juga:  Tujuh Keistimewaan Sayyidah Khadijah yang Tak Banyak Orang Tahu

Karna ciri-ciri ustadz dari cariustadz.id ini adalah mendidik umat, maka dibutuhkan upgrading keilmuan untuk memperkenalkan berbagai macam sudut pandang yang berbeda, dalam artian tidak hanya memberikan satu sudut pandang saja, seperti halnya pemahaman Quraish Shihab, yaitu: “saya hidangkan siatas meja berbagai macam, silahkan anda pilih yang mana” seperti itulah karakteristik yang dibangun oleh cariustadz.id.”

 

Rekomendasi

Pendidikan Seks dan Seksualitas Pendidikan Seks dan Seksualitas

Diah Irawaty: Pentingnya Pendidikan Seks dan Seksualitas dalam Masyarakat Muslim

kekerasan pada perempuan dan anak kekerasan pada perempuan dan anak

Susianah Affandy; Kekerasan pada Perempuan dan Anak Meningkat Saat Pandemi

feminisme - musdah mulia feminisme - musdah mulia

Musdah Mulia; Feminisme untuk Seluruh Gender Bukan Hanya Perempuan

Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Komunikasi Penyiaran Islam UIN Syarif Hidayatullah.

Komentari

Komentari

Terbaru

Kemuliaan dan Amalan Hari Arafah Kemuliaan dan Amalan Hari Arafah

Kemuliaan dan Amalan Hari Arafah

Ibadah

Makna Simbolis Wukuf Arafah Makna Simbolis Wukuf Arafah

Makna Simbolis Wukuf di Arafah

Kajian

Biografi Siti Suryani Thahir Biografi Siti Suryani Thahir

Biografi Siti Suryani Thahir: Perintis Majelis Taklim Jakarta

Muslimah Talk

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

Kajian

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Ibadah

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Connect