Ikuti Kami

Muslimah Talk

Mengidolakan Ustaz Ganteng Sampai “Halu”

mengidolakan ustaz ganteng halu
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Di era perkembangan media sosial yang semakin berkembang pesat, media dakwah tidak lagi hanya dengan ceramah tatap muka langsung saja, akan tetapi pemanfaatan media sosial kini mulai banyak digandrungi para pendakwah. Terutama pada para ustaz muda yang melakukan penyebaran informasi agama Islam di media sosial, Instagram, Tiktok, Twitter atau platform lainnya.

Pemanfaatan ini membawa dampak positif dari segi mendapatkan informasi, apalagi di zaman seperti ini yang mengharuskan di rumah saja karena pandemi. Kini tak ada lagi alasan tidak bisa belajar ilmu agama, karena tidak bisa bertatap muka saat kajian. Sudah banyak kajian online atau video para ustad memaparkan ilmunya.

Dengan itu banyak orang yang tertarik untuk mendengarkan dakwah atau penyebaran informasi agama Islam. Platform dapat menjangkau semua kalangan. Terutama bagi para kaum milenial. Kaum milenial perempuan juga kini mulai banyak yang tertarik untuk mendengarkan para ceramah ustad-ustad muda ini, selain materi yang mudah dipahami, ketampanan para ustadz muda ini juga mulai digandrungi oleh kaum milenial perempuan.

Tak dapat dipungkiri bahwa, ketampanan juga menjadi salah satu daya pikat. Di Tiktok sendiri Ustadz Agam, Ustadz Husein Basyaman hingga Raihan menjadi trending setiap kali membuat video ceramahnya. Ceramah mereka lebih banyak disampaikan melalui aplikasi video Tiktok, karena selain kemudahan mengakses aplikasi tersebut. Sekarang banyak kaum muda menggunakan aplikasi Tiktok sebagai bahan hiburannya.

Jika banyak pengguna Tiktok lain membuat konten dengan video sambil berjoget, para ustadz milenial ini membuat video berisi tausiyah agama. Membahas permasalahan yang biasa terjadi pada generasi muda, Husain mampu menghipnotis jutaan pasang mata dengan gaya tausiyahnya yang santai namun bermakna.

Baca Juga:  Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

Pada zaman millenial ini banyak dari kaum muda-mudi yang terkadang mereka terlena dari agama Allah, dimulai dari yang diwajibkan sampai untuk mengikuti kegiatan kajian-kajian yang disampaikan oleh ustadz-ustadzah di lingkungan sekitar. Nasehat dan tausiyah atau motivasi keseharian sangatlah penting untuk kebaikan hati, untuk menyiraminya dengan berbagai nasehat agar tidak menjadi keras atau membatu dengan cara memberi motivasi, tausiyah dan sebagainya, yang entah itu melalui nasehat seseorang secara langsung, quotes atau nasehat ketikkan di sosial media atau pun video di Youtube dan aplikasi video lainnya yang pasti sudah terdapat tentang agama.

Ustadz Hanan Attaki juga terkenal di media sosial ig dan tiktok, siapa yang tak kenal dengannya? Ustad inspirasi, gaul dan mudah membaur dengan anak muda hingga tua di masa kini. Ustad Hanan Attaki adalah seorang pendakwah Indonesia yang menyampaikan ceramah dekat keseharian dan gaya anak muda. Ia merupakan pendiri Gerakan Pemuda Hijrah yang aktif berdakwah di komunitas pemuda seperti anak punk, geng motor, skateboard, sepeda BMX, parkour dan berbagai komunitas hobi lainnya.

Beliau menyampaikan dakwah dengan ciri khasnya yakni pada suaranya yang merdu disaat ceramah, Beliau juga memilih tema dalam keseharian seperti rezeki, niat, doa, kesabaran dan jodoh atau tingkah laku yang ada di sekitar dengan cara memberi penjelasan yang mudah dipahami atau memberi contoh di kebiasaan dan bahasa yang tak jauh dari keseharian juga disertai dalil ataupun hadits.

Fenomena para ustadz inilah yang membuat para kaum hawa mulai menyukai mendengarkan dakwah tapi juga mulai meng-“halu” atau kependekan dari halusinasi. Menurut KBBI, halusinasi adalah pengalaman indra tanpa adanya perangsang pada alat indra yang bersangkutan, misalnya mendengar suara tanpa ada sumber suara tersebut. Dalam penggunaannya di bahasa gaul, halu didefinisikan sebagai sikap seseorang yang mengkhayal terlalu tinggi.

Baca Juga:  Body Shaming yang Dialami Aurel Hermansyah, Sudah Seharusnya Dibumihanguskan

Seringkali, halu adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang omongannya tidak bisa dipercaya. Ini didefinisikan seperti omongan orang tersebut hanya delusi atau halusinasi belaka. Pada akhirnya, omongan tersebut dicap sebagai omong kosong. Halu in sutadz ganteng disini adalah, karena ketertarikan yang berlebih dengan penyampaiannya, sudah mulai membayangkan bisa menjadi pasangan ustadz tersebut, atau menghayal bertemu dengan ustadz yang ada di media sosial tersebut.

Yang dikhawatirkan nanti bukan lagi tujuannya menyebar informasi, tapi malah membuat dosa bagi para kaum hawa. Bukan lagi mendengarkan apa pesandalam vidio ceramah tersebut tapi juga , mulai membayangkan menjadi pacar atau pasangan para ustadz tampan ini. Inilah fenomena yang mengidolakan ustaz ganteng sampai “halu”.

Saat remaja mulai stalking media sosial idola, lalu penasaran berlebih tentang kehidupan pribadi mereka, saatnya waspada. Apalagi jika remaja menghabiskan hampir seluruh waktu berkutat dengan update terbaru sang idola. Yaitu idolanya para ustadz tampan tersebut.

Dengan itu boleh saja mengidolakan ustaz ganteng tersebut karena ceramah agamanya, tapi jangan sampai malah merubah fokus utama kita untuk mencari ilmu agama apalagi sampai “halu”. Bukan untuk menghalu atau hanya sekedar melihat ketampanan dari para ustadz ganteng tersebut.

Rekomendasi

mamah dedeh pendakwah perempuan mamah dedeh pendakwah perempuan

Mamah Dedeh, Pendakwah Legendaris Perempuan

Child Grooming Child Grooming

Child Grooming Mengintai di Sosial Media; Orangtua Harus Ambil Peran

Wali songo Mengenal Syaikhah Nunah Fatimah, Guru Tasawuf Ibnu Arabi Wali songo Mengenal Syaikhah Nunah Fatimah, Guru Tasawuf Ibnu Arabi

Teladan Wali Songo, Dakwah Sufistik pada Masyarakat Majemuk

boros pamer media sosial boros pamer media sosial

Hukum Boros dan Pamer di Media Sosial

Ditulis oleh

Komentari

Komentari

Terbaru

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect