Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Talk

Film Nomadland: Jati Diri Perempuan di Balik Rasa Duka

Nomadland Jati Diri Perempuan

BincangMuslimah.Com – Beragam jenis respon diberikan orang-orang yang tengah kecewa atau berduka. Ada orang yang memutuskan untuk menyendiri dan butuh waktu untuk merenung. Ada juga yang memutuskan untuk pergi ke suatu tempat dan melakukan hal yang menyenangkan baginya. Tentu cara yang dipilih tiap orang berbeda dan jarang bisa serupa. Terkadang upaya yang diambil makan waktu panjang alias tidak sebentar. Begitu pun yang dirasakan oleh Fern dalam film Nomadland tentang pencarian jati diri seorang perempuan saat menghadapi kesedihan.

Bagaimana tidak, ia bersama ratusan keluarga kehilangan rumah sekaligus pekerjaannya. Hal ini dikarenakan pabrik Gypsum As di Empire, Nevada tempat  ia bekerja ditutup. 

Padahal pekerjaan, dan rumah yang disediakan oleh perusahaan itu telah Fern dan suami tinggali selama bertahun-tahun lamanya. Tidak berhenti di sana, duka pun bertambah ketika sang suami meninggalkan Fern beberapa saat setelahnya. 

Rasanya berat membayangkan ketika rumah yang ditinggali dalam waktu yang lama kini tidak dapat ditempati. Di sisi lain, suami Fern, seorang yang teramat  ia cintai kini telah pergi untuk selamanya. 

Untuk mengusir senyap sembari berusaha menyisihkan duka, Fern menjual semua barang-barang yang tersisa lalu memberikannya sebuah mobil jenis van. Fern memutuskan untuk meninggalkan kota, dan berpindah-pindah tempat sebagai pengelana. 

Demi memenuhi kebutuhannya, Fern mencari dan berpindah pekerjaan paruh waktu. Satu di antaranya mencari uang untuk penyumpal perutnya di gudang Amazon selama musim dingin. 

Pada suatu waktu, Linda seorang teman Fern yang juga hidup sebagai pengelana mobil van mengajaknya untuk mengikuti pertemuan di Arizona. Pertemuan ini merupakan kumpulan pengelana yang mengendarai mobil Van. 

Sempat menolak tawaran Linda, Fern akhirnya berubah pikiran karena sulit mendapatkan pekerjaan. Ditambah kondisi cuaca yang tidak begitu mendukung. Di dalam perkumpulan itu, Ferm mendapatkan ilmu pengetahuan tentang banyak hal sebagai pengelana mobil Van. Di sisi lain, ia pun mendapatkan pelajaran hidup dari cerita para komunitas. 

Salah satunya adalah seorang perempuan yang bercerita soal seorang teman kerjanya yang sepanjang hidupnya hanya diisi dengan bekerja. Hingga akhirnya teman tersebut meninggal, tanpa menemukan makna hidup yang sebenarnya. Banyak hal penting yang terlewatkan, seperti menikmati kehidupan. 

Lalu ada juga seorang teman baru Fern selama di perkumpulan tersebut yaitu Swankie. Di mana Swakie memberikan pertolongan kepada ban mobil van milik Fern yang kempes. Swankie ternyata seorang perempuan tua yang mengidap penyakit kanker. 

Dan menurut diagnosis dokter, Swankie tidak akan berumur panjang. Alih-alih berada di rumah sakit mendapatkan perawatan, Swankie memilih untuk hidup bebas sebagai pengelana. Menghabiskan sisa umurnya untuk melakukan sesuatu yang belum sempat ia lakukan.

Terakhir, ia bertemu dengan Dave. Seorang pengelana laki-laki yang memilih hidup serupa dengan Fern, menjadi pengelana dengan mobil van. Mereka sempat melakukan perjalanan dan bekerja di tempat yang sama. 

Keduanya sempat merasa cocok dan Fern hampir membuka hatinya untuk Dave. Namun ternyata hubungan tersebut tidak berhasil. Keduanya memiliki kisah sedih masing-masing. Dave telah berhasil mengatasinya dan memutuskan untuk berhenti menjadi seorang pengelana. Kemudian memutuskan tinggal bersama anak dan menantu. 

Sedangkan Fern yang masih berkutat dengan kesedihan dan duka memutuskan untuk pergi dan terus menjalani hidup nomaden. Namun, pada satu titik, Fern menyadari jika ia telah menghabiskan banyak waktu mengenang mantan suaminya, yaitu Bob. 

Film Nomadland ini berhasil meraih empat nominasi di ajang Golden Globes ke-78.  Selain itu, Nomadland yang menggambarkan pencarian jati diri seorang perempuan ini, menjadi film yang menyabet penghargaan terbanyak di Piala Oscar 2021. Setidaknya ada tiga penghargaan yang diraih yaitu film terbaik, Sutradara terbaik dan aktris utama terbaik yaitu Fern yang diperankan Frances McDormand.   

Nomaland menjadi film yang mesti ditonton. Setiap scene dalam film ini terasa begitu dekat dengan kita. Dan penonton tidak perlu melihat adegan berurai air mata saat menunjukkan suasana sedih atau sepi yang dirasakan oleh Fern. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini. Salah satunya perihal bagaimana manusia bersikap terhadap sebuah kesedihan dan kehilangan. 

Rekomendasi

Pemanfaatan E-Commerce beban ganda Pemanfaatan E-Commerce beban ganda

Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Upaya Mengurangi Resiko Beban Ganda Perempuan Pekerja di Indonesia

kewajiban anjuran haji larangan kewajiban anjuran haji larangan

Apakah Jamaah Perempuan Wajib Berhaji dengan Mahram?

Aisyah al-Ba'uniyah sufi perempuan Aisyah al-Ba'uniyah sufi perempuan

Mengenal Aisyah al-Ba’uniyah, Seorang Sufi Perempuan yang Produktif

Buku Besar Peminum Kopi Buku Besar Peminum Kopi

Resensi Buku Besar Peminum Kopi: Kisah Penambang Timah Perempuan di Bangka Belitung

Aisyah Nursyamsi
Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

Pemanfaatan E-Commerce beban ganda Pemanfaatan E-Commerce beban ganda

Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Upaya Mengurangi Resiko Beban Ganda Perempuan Pekerja di Indonesia

Muslimah Talk

wabah pmk ibadah kurban wabah pmk ibadah kurban

Wabah PMK Jangan Bikin Kendor Ibadah Kurban, Namun Tetap Waspada

Kajian

janabah seksual lebih sekali janabah seksual lebih sekali

Mandi Janabah untuk Pasutri yang Berhubungan Seksual Lebih dari Sekali

Kajian

Cara Melaksanakan Badal Haji Cara Melaksanakan Badal Haji

Cara Melaksanakan Badal Haji

Kajian

Khaled Abou Hadis Misoginis Khaled Abou Hadis Misoginis

Interpretasi Khaled Abou El Fadl Terhadap Hadis Misoginis

Kajian

puasa sunnah dzulhijjah izin puasa sunnah dzulhijjah izin

Hukum Istri Puasa Sunnah Dzulhijjah, Perlukah Izin dari Suaminya?

Kajian

kewajiban anjuran haji larangan kewajiban anjuran haji larangan

Beberapa Kewajiban dan Anjuran Haji, Serta Larangan Yang Harus Dihindari

Kajian

kritik khaled ketimpangan gender kritik khaled ketimpangan gender

Pembelaan dan Kritik Khaled Abou El Fadl Terhadap Ketimpangan Gender di Era Kontemporer

Kajian

Trending

doa minum air zamzam doa minum air zamzam

Doa yang Bisa Dibaca Saat Minum Air Zamzam

Kajian

Hari Janda Internasional Rasulullah Hari Janda Internasional Rasulullah

Hari Janda Internasional; Perintah Rasulullah Menyayangi Para Janda

Kajian

Keutamaan Sikap Demokratis ala Nabi Ibrahim

Kajian

nasihat menerima kekurangan pasangan nasihat menerima kekurangan pasangan

Nasihat Nabi untuk Menerima Kekurangan Pasangan

Kajian

Hikmah Pelaksanaan Ibadah Haji Hikmah Pelaksanaan Ibadah Haji

Sejarah Kewajiban Melaksanakan Ibadah Haji

Kajian

Membumikan Pancasila Generasi Milenial Membumikan Pancasila Generasi Milenial

Membumikan Pancasila Pada Generasi Milenial

Muslimah Talk

Hikmah Pelaksanaan Ibadah Haji Hikmah Pelaksanaan Ibadah Haji

Hikmah Pelaksanaan Ibadah Haji yang Harus Diketahui

Kajian

makna sa'i dan sunnah-sunnahnya makna sa'i dan sunnah-sunnahnya

Makna di Balik Sa’i dan Sunnah-sunnahnya

Kajian

Connect