Ikuti Kami

Muslimah Daily

Tips Memilih Kosmetik Berlabel Halal

Memilih kosmetik berlabel halal

BincangMuslimah.Com – Produk kosmetik di Indonesia berbondong-bondong mengklaim label halal. Label halal tersebut diklaim dari segi kandungan, bahan, bahkan proses produksinya sampai bisa lolos quality control dan aman untuk digunakan oleh para muslimah. Kosmetik berlabel halal ini kemudian mulai menggunakan beberapa strategi jitu sebagai upaya untuk promosi besar-besaran. Dalam tulisan ini kita akan membahas lebih jauh mengenai tips memilih kosmetik berlabel halal.

Produk-produk pun tersebut menjelma menjadi sponsor dari acara lomba model dan fashion show, lalu menjadi sponsor dalam acara seminar dan talkshow lalu masih banyak lagi. Tak mengherankan apabila muncul banyak produk kosmetik yang mensponsori banyak model-model kecantikan dan fashion serta bisa menampilkan riasan atau make up dari produk kosmetik tersebut saat berada di catwalk.

Kini, para model terutama model hijabers lebih sering disponsori oleh kosmetik berlabel halal sebab dianggap mencerminkan karakter seorang muslimah di atas panggung dan sesuai dengan label halal yang memang ditujukan bagi kaum muslim, meski tak menutup kemungkinan apabila mereka juga pernah disponsori oleh produk kosmetik tanpa label halal.

Kosmetik berlabel halal sengaja membentuk nilai-nilai keagamaan yang salah satunya disampaikan sebagai bentuk syariat Islam. Orang-orang menjadi mudah terjebak dan memaknai kosmetik berlabel halal sebagai salah satu bentuk dalam menjalankan syariat Islam sebab merasa bisa terhindar dari bahan yang haram dan tidak akan memengaruhi kualitas amal ibadah.

Tapi, apakah benar dengan menggunakan kosmetik berlabel halal maka kualitas amal ibadah kita terjamin? Jika ada kandungan bahan yang diharamkan dalam Islam, kualitas amal ibadah tentu saja terganggu. Pertanyaan selanjutnya adalah bukankah label halal yang dicantumkan tidak serta merta membuktikan bahwa kandungan di dalam kosmetik tersebut tidak berbahaya?

Baca Juga:  Resensi Buku Telling Islam to the World

Karena keamanan dalam label kosmetik halal belum terjamin, berikut ada beberapa tips dalam memilih kosmetik berlabel halal agar para muslimah tidak terlalu terpengaruh dan ketergantungan dengan pelabelan tersebut:

Pertama, tidak berpatokan untuk menggunakan kosmetik berlabel halal

Lebih baik memilih kosmetik berdasarkan kebutuhan serta harga dan kualitas. Semestinya kita memaknai kosmetik berlabel halal sebagai kosmetik yang aman untuk kulit karena tidak menimbulkan iritasi, terhindar dari bahan-bahan yang diharamkan, dan tidak memiliki perbedaan dengan kosmetik lainnya.

Kedua, selektif dalam memilih kosmetik

Sebagai misal, dalam kasus kulit yang sensitif. Kita bisa menggunakan kosmetik berlabel halal sebagai bentuk tindakan rasional agar tidak memilih produk yang abal-abal. Sudah semestinya kita memaknai kosmetik berlabel halal sebagai produk kosmetik yang membuat masyarakat merasa aman sesuai dengan syariat Islam dan membuat orang lebih perduli dengan produk yang digunakan.

Ketiga, memburu voucher diskon

Tidak membeli kosmetik berlabel halal hanya karena mendapatkan voucher diskon tanpa ada niatan untuk membeli kosmetik berlabel halal tersebut. Dalam hal ini, kita bisa memaknai kosmetik berlabel halal sebagai strategi promosi, namun di sisi lain juga bisa menganggap bahwa kosmetik berlabel halal itu aman digunakan.

Keempat, masyarakat mesti lebih memperdalam pengetahuan tentang produk kosmetik berlabel halal lebih dalam lagi dan mulai memanfaatkan situs Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) yang bisa digunakan sebagai acuan untuk melihat produk-produk kosmetik apa saja yang telah memiliki sertifikat halal di MUI.

Kelima, memfilter produsen kosmetik berlebel halal

Kita harus memfilter produsen yang sudah mempunyai sertifikat halal dan telah mencantumkan label halal pada kemasan produk. Kita harus bisa membedakan sertifikat halal yang asli dan yang palsu. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik agar terhindar dari kandungan kosmetik yang berbahaya.

Baca Juga:  Apakah Skincare dan Kosmetik Istri Termasuk Nafkah yang Wajib Suami Penuhi?

Semoga lima tips di atas bisa membantu para muslimah dalam memilih kosmetik berlabel halal sebagai produk sehari-hari.

Rekomendasi

Skincare dan Kosmetik Skincare dan Kosmetik

Apakah Skincare dan Kosmetik Istri Termasuk Nafkah yang Wajib Suami Penuhi?

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan

Niat Menggabungkan Puasa Dzulhijjah dengan Qadha Ramadhan

Ibadah

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ibadah

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Connect