Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Tips Memilih Kosmetik Berlabel Halal

BincangMuslimah.Com – Produk kosmetik di Indonesia berbondong-bondong mengklaim label halal. Label halal tersebut diklaim dari segi kandungan, bahan, bahkan proses produksinya sampai bisa lolos quality control dan aman untuk digunakan oleh para Muslimah. Kosmetik berlabel halal ini kemudian mulai menggunakan beberapa strategi jitu sebagai upaya untuk promosi besar-besaran.

Produk-produk pun tersebut menjelma menjadi sponsor dari acara lomba model dan fashion show, lalu menjadi sponsor dalam acara seminar dan talkshow lalu masih banyak lagi. Tak mengherankan apabila muncul banyak produk kosmetik yang mensponsori banyak model-model kecantikan dan fashion serta bisa menampilkan riasan atau make up dari produk kosmetik tersebut saat berada di catwalk.

Kini, para model terutama model hijabers lebih sering disponsori oleh kosmetik berlabel halal sebab dianggap mencerminkan karakter seorang Muslimah di atas panggung dan sesuai dengan label halal yang memang ditujukan bagi kaum Muslim, meski tak menutup kemungkinan apabila mereka juga pernah disponsori oleh produk kosmetik tanpa label halal.

Kosmetik berlabel halal sengaja membentuk nilai-nilai keagamaan yang salah satunya disampaikan sebagai bentuk syariat Islam. Orang-orang menjadi mudah terjebak dan memaknai kosmetik berlabel halal sebagai salah satu bentuk dalam menjalankan syariat Islam sebab merasa bisa terhindar dari bahan yang haram dan tidak akan memengaruhi kualitas amal ibadah.

Tapi, apakah benar dengan menggunakan kosmetik berlabel halal maka kualitas amal ibadah kita terjamin? Jika ada kandungan bahan yang diharamkan dalam Islam, kualitas amal ibadah tentu saja terganggu. Pertanyaan selanjutnya adalah bukankah label halal yang dicantumkan tidak serta merta membuktikan bahwa kandungan di dalam kosmetik tersebut tidak berbahaya?

Karena keamanan dalam label kosmetik halal belum terjamin, berikut ada beberapa tips dalam memilih kosmetik berlabel halal agar para Muslimah tidak terlalu terpengaruh dan ketergantungan dengan pelabelan tersebut:

Pertama, tidak berpatokan untuk menggunakan kosmetik berlabel halal. Lebih baik memilih kosmetik berdasarkan kebutuhan serta harga dan kualitas. Semestinya kita memaknai kosmetik berlabel halal sebagai kosmetik yang aman untuk kulit karena tidak menimbulkan iritasi, terhindar dari bahan-bahan yang diharamkan, dan tidak memiliki perbedaan dengan kosmetik lainnya.

Kedua, selektif dalam memilih kosmetik. Sebagai misal, dalam kasus kulit yang sensitif. Kita bisa menggunakan kosmetik berlabel halal sebagai bentuk tindakan rasional agar tidak memilih produk yang abal-abal. Sudah semestinya kita memaknai kosmetik berlabel halal sebagai produk kosmetik yang membuat masyarakat merasa aman sesuai dengan syariat Islam dan membuat orang lebih perduli dengan produk yang digunakan.

Ketiga, tidak membeli kosmetik berlabel halal hanya karena mendapatkan voucher diskon tanpa ada niatan untuk membeli kosmetik berlabel halal tersebut. Dalam hal ini, kita bisa memaknai kosmetik berlabel halal sebagai strategi promosi, namun di sisi lain juga bisa menganggap bahwa kosmetik berlabel halal itu aman digunakan.

Keempat, masyarakat mesti lebih memperdalam pengetahuan tentang produk kosmetik berlabel halal lebih dalam lagi dan mulai memanfaatkan situs Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) yang bisa digunakan sebagai acuan untuk melihat produk-produk kosmetik apa saja yang telah memiliki sertifikat halal di MUI.

Kelima, memfilter produsen kosmetik yang sudah mempunyai sertifikat halal dan telah mencantukan label halal pada kemasan produk. Kita harus bisa membedakan sertifikat halal yang asli dan yang palsu. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik agar terhindar dari kandungan kosmetik yang berbahaya.

Semoga lima tips di atas bisa membantu para Muslimah dalam memilih kosmetik berlabel halal sebagai produk sehari-hari.[]

Rekomendasi

Skincare dan Kosmetik Skincare dan Kosmetik

Apakah Skincare dan Kosmetik Istri Termasuk Nafkah yang Wajib Suami Penuhi?

Ayu Alfiah Jonas
Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

islam perempuan bekerja publik islam perempuan bekerja publik

Pandangan Islam Tentang Perempuan yang Bekerja di Ruang Publik

Kajian

anjuran menjadi morning person anjuran menjadi morning person

Anjuran Menjadi Morning Person dalam Islam

Kajian

menjalani hidup konsep mindfullnes menjalani hidup konsep mindfullnes

Menjalani Hidup dengan Konsep Mindfullnes; Kumpulan Nasihat dari Ibnu ‘Athaillah as-Sakandari

Khazanah

al-Mulk meringankan siksa kubur al-Mulk meringankan siksa kubur

Faidah Surat al-Mulk; Meringankan Siksa Kubur

Kajian

islam rama perempuan ceria islam rama perempuan ceria

Islam Ajarkan Untuk Bersikap Ramah dan Menyambut Perempuan dengan Ceria

Muslimah Talk

islam menghapus diskriminasi perempuan islam menghapus diskriminasi perempuan

Kehadiran Islam Menghapus Tradisi Diskriminasi Pada Perempuan

Muslimah Talk

masjid dhirar tempat ibadah masjid dhirar tempat ibadah

Masjid Dhirar dan Tragedi Perusakan Tempat Ibadah

Khazanah

perempuan bela diri senjata perempuan bela diri senjata

Perempuan Perlu Mahir Ilmu Bela Diri Bahkan Memiliki Senjata

Muslimah Talk

Trending

tuna netra waktu shalat tuna netra waktu shalat

Cara Penyandang Tuna Netra dalam Memperkirakan Waktu Shalat

Ibadah

sufi tasawuf rabi'ah al-adawiyah sufi tasawuf rabi'ah al-adawiyah

Tasawuf Cinta Murni Sufi Rabi’ah al-Adawiyah

Diari

nafkah keluarga ditanggung bersama nafkah keluarga ditanggung bersama

Nafkah Keluarga Boleh Ditanggung Bersama-Sama

Kajian

Pengakuan Korban Kekerasan Seksual Diakui dalam Islam

Video

fenomena adopsi spirit doll fenomena adopsi spirit doll

Fenomena Adopsi Spirit Doll dan Pandangan Islam Terhadapnya

Berita

mandi jumat sunnah shalat mandi jumat sunnah shalat

Apakah Mandi Hari Jumat Hanya Sunnah untuk yang Melaksanakan Shalat Jumat?

Kajian

darah istihadhah hentakan setan darah istihadhah hentakan setan

Benarkah Darah Istihadhah Berasal dari Hentakan Setan?

Kajian

ayah cinta anak perempuan ayah cinta anak perempuan

Ayah Perlu Menunjukkan Rasa Cinta dan Keceriaan pada Anak Perempuan

Keluarga

Connect