Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

BincangMuslimah.Com – Salah satu makanan yang banyak mengandung manfaat adalah buah kelapa. Pernahkah mendengar seseorang menyebut air kelapa dengan sebutan a taste of paradise? Penyebutan tersebut bukanlah tanpa berasalasan. Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar menyebutkan bahwa manusia itu seharusnya merenungkan sejenak setiap manfaat makanan yang ada di muka bumi ini.  Dalam QS Abasa ayat 24 diingatkan:

فَلْيَنْظُرِ الْإِنْسَانُ إِلَىٰ طَعَامِهِ

Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya.

Air kelapa memang memiliki segudang manfaat dan segar rasanya. Tidak hanya untuk penawar racun, air kelapa juga dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa sajakah manfaatnya?

Pertama, air kelapa bisa mencerahkan kulit. Kandungan magnesium, kalium, dan asam amino di dalamnya mampu membuat kulit kita tampak cerah. Sebuah studi menyatakan bahwa antioksidan dan sitokinin terkandung dalam air kelapa dan memiliki efek meremajakan kulit. Kandungan gizi minuman ini telah diakui para ilmuwan. Jika Anda merasa lemah atau memiliki masalah perut, minum air kelapa juga mampu membantu meningkatkan energi. Keuntungan mengkonsumsi air kelapa, bisa lebih dari jus buah. Air kelapa pun terbukti aman, hampir seluruhnya bebas lemak dan bebas gula.

Kedua, untuk mengusir jerawat dan infeksi kulit. Air kelapa juga bersifat menghasilkan minyak, sehingga, menggunakannya secara teratur bisa mencegah jerawat, komedo, dan noda di kulit. Beberapa orang juga rentan terkena infeksi kulit yang disertai rasa gatal. Terutama selama musim hujan atau pada puncak musim panas. Air kelapa inilah terdapat sifat antivirus, antimikroba, dan antijamur yang bisa menyembuhkan dan menenangkan kulit. Bila ingin mencegah infeksi pada kulit, tak ada salahnya masukkan dua gelas air kelapa ke dalam seember air untuk mandi.

Ketiga, air kelapa bisa menurunkan berat badan.  Dijelaskan ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD, air kelapa kaya akan vitamin B, vitamin C, potassium, enzim, asam amino, rendah kalori dan memiliki efek antioksidan sehingga dapat dijadikan salah satu metode diet sehat. Air kelapa dapat memenuhi kebutuhan vitamin B yang berperan penting dalam metabolisme sel dan menjaga kekebalan tubuh. Kemudian kandungan potassiumnya juga membantu dalam fungsi sistem saraf dan kelancaran peredaran darah. Air kelapa juga mengandung berbagai mineral alami yang disebut juga dengan elektrolit, dimana elekrolit berperan dalam regulasi cairan tubuh manusia yang mempengaruhi metabolisme.

Keempat, air kelapa mampu mencegah kulit dari keriput dan penuaan. Dalam air kelapa terdapat kandungan antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Antioksidan sendiri akan membantu untuk menghambat penuaan dini. Jika rutin mengonsumsi air kelapa. Ini akan membantu proses peremajaan kulit berjalan dengan lebih cepat dan lebih baik. Sel-sel di dalam kulit akan senantiasa sehat dan terjauh dari radikal bebas yang bisa membahayakan kulit.

Manfaat-manfaat dari air kelapa tersebut sangat perlu disyukuri, karena yang demikian merupakan kebesaran Allah dan anugerah-Nya yang telah sampai kepada kita hingga hari ini. Bagi sebagian kita yang belum pernah memperhatikan ciptaan-Nya yang berupa buah, makanan, dan lainnya, yuk mulai memperhatikan dan menyadari bahwa yang di sekeliling kita adalah penuh dengan hikmah.

Rekomendasi

Bolehkah Perempuan Mempercantik Gigi dengan Behel?

Tafsir QS An Nisa Ayat 59 : Perempuan Cantik Versi Islam

eyelash extension eyelash extension

Bolehkah Menyambung Bulu Mata Atau Eyelash Extension dalam Islam?

Silmi Adawiya
Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

Komentari

Komentari

Terbaru

Bolehkah Perempuan Didahului Menikah oleh Adiknya?

Kajian

Parenting Islami: Metode Nabi Muhammad dalam Mendidik Anak

Keluarga

Jender..

Diari

Pandangan Kiai Hussein Muhammad Mengenai Hak-hak Reproduksi Perempuan

Kajian

Fikih Mesin Cuci; Suci tidak Harus Boros Air

Ibadah

Cara Mengatasi Orang yang Nyinyir Menurut Imam Syafi’i

Muslimah Daily

Istri Menafkahi Suami, Dapatkah Pahala?

Muslimah Daily

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Video

Trending

Ketika Rasul Meminta Para Suami Perhatikan Kepuasan Seksual Istri

Kajian

Bagaimana Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan?

Ibadah

Cara Menghitung Masa Nifas saat Keguguran

Ibadah

Tafsir An-Nur Ayat 31 : Apakah Muslimah Harus Berhijab Panjang?

Kajian

Menjamak antara Dua Shalat bagi Perempuan Istihadhah

Ibadah

Hukum dan Hikmah Mencukur Rambut Ketiak Bagi Perempuan

Ibadah

mengulang pernikahan; Doa untuk Pengantin Baru mengulang pernikahan; Doa untuk Pengantin Baru

Lima Nasehat Pernikahan dari Gus Mus untuk Para Pengantin Baru

Muslimah Daily

Bolehkah Orang yang Sakit Menjamak Shalat?

Ibadah

Connect