Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Empat Tips Mencegah Nyeri Haid

masa suci
masa suci

BincangMuslimah.Com – Beberapa hari menjelang haid, tubuh akan menaikkan produksi hormon prostaglandin yang membuat rahim terus berkontraksi dan menegang. Ini membuat munculnya nyeri haid alias PMS sering kali tidak dapat terhindari. Keadaan di mana wanita sedang uring-uringan atau moody, semua rasanya tak ada yang beres. Sebagian besar wanita moodnya jadi naik turun, emosi kurang stabil, dan badan terasa nyeri di mana-mana

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah nyeri haid dari jauh-jauh hari. pingin tahu apa saja? Yuk simak di bawah ini

Pertama. Hindari makanan asin, manis, dan kafein. Makanan asin dapat menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, dan perut kembung. Makanan tinggi gula juga dapat mengacaukan gula darah, sementara asupan kafein (kopi, teh, soda, dan cokelat) dapat memperparah mood swing dan sifat lekas marah. Semua hal ini ikut andil dalam memperparah gejala PMS atau nyeri haid. Oleh karena itu sebisa mungkin mulai kurangi atau bahkan menghindari makan-makanan tersebut ketika jadwal haid mendekat. Selain itu, biasakan makan teratur untuk menghindari gula darah naik turun terlalu cepat.

Kedua. Memperbanyak asupan magnesium, zat besi, dan asam lemak omega 3. Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan magnesium dapat mengurangi peradangan penyebab nyeri haid. Sementara itu, asupan zat besi dapat membantu mencegah anemia yang sering datang menghampiri saat haid. Kita bisa memperolehnya dari salmon, sarden, teri, susu, gandum, pisang, jeruk, tahu, kacang kedelai, alpukat, dan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, brokoli, dan sawi. Selain dari makanan, kita juga bisa minum suplemen. Namun, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter supaya lebih aman.

Ketiga. Olahraga ringan. Rutin olahraga sebelum dan saat menstruasi dapat mengendalikan nyeri haid. Ini karena selama berolahraga, tubuh menghasilkan endorfin, senyawa kimia yang membantu meringankan rasa sakit dan menstabilkan mood. Olahraga aerobik, seperti jogging, sepeda, lari, dan jalan kaki adalah pilihan olahraga terbaik untuk mencegah nyeri haid.

Keempat. Memperbanyak minum air putih. Air akan membantu memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Sehingga kita memang tak boleh sampai kekurangan cairan. Jika memang memungkinkan, minum air putih yang hangat sangat baik ketika wanita menstruasi atau sedang nyeri.

Air putih hangat ini adalah obat alami yang ampuh mengurangi rasa sakit. Air putih hangat berguna untuk melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri menstruasi. Air putih ini efektif untuk membantu merilekskan otot-otot tubuh. Lebih lanjut, meminum segelas air putih hangat saat perut dalam kondisi kosong juga dipercaya bisa membuang toksin dan membantu sirkulasi darah. Air hangat juga memberi efek rileks, melancarkan aliran darah hingga membantu melonggarkan otot-otot.

Empat tips di atas bisa dirutinkan sebelum datangnya jadwal haid. Yang demikian agar nyeri saat haid tidak dirasakan, atau minimal bisa mengurangi rasa nyeri haid yang seringnya bisa memperburuk keadaan.

Silmi Adawiya
Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

Komentari

Komentari

Trending

emansipasi perempuan emansipasi perempuan

Dr. Atiyatul Ulya: Kesadaran Emansipasi Perempuan Tumbuh Sejak Masa Nabi

Muslimah Talk

Benarkah Istri Sebenarnya Tidak Wajib Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga?

Kajian

Berapa Lama Masa Iddah Perempuan yang Ditinggal Mati Suaminya?

Kajian

Mengenal Minuman Surga yang Mendadak Menjadi Primadona Di Tengah Ancaman Virus Corona

Muslimah Daily

Hukum Shalat Jum’at Bagi Perempuan

Ibadah

Benarkah Rasulullah Menikahi Maimunah saat Peristiwa Umratul Qadha?

Kajian

Asy-Syifa binti Abdillah: Perempuan yang Dijuluki Sang Penyembuh oleh Rasulullah

Muslimah Talk

Peran Perempuan Melawan Virus Corona (Covid-19)

Muslimah Daily

Rekomendasi

Bolehkah Mengulang Hafalan Al-Quran saat Haid?

Muslimah Daily

Lima Hal yang Diwajibkan Bagi Perempuan yang Selesai Haid Tapi Menunda Mandi Suci

Ibadah

bersetubuh saat azan bersetubuh saat azan

Istri Selesai Haid Tapi Belum Mandi Besar, Bolehkah Suami Berhubungan Intim Dengannya?

Kajian

Menyisir Rambut Bagi Perempuan yang Sedang Haid

Muslimah Daily

Membedakan Darah Haid dan Darah Istihadhah

Ibadah

Datang Haid Tapi Belum Shalat, Wajibkah Diqadha?

Ibadah

Shalat yang Wajib Diqadha Setelah Haid

Ibadah

Nyeri Saat Datang Bulan? Lakukan Empat Hal Sederhana untuk Mengatasinya

Muslimah Daily

© 2019 Bincang Muslimah - All Right Reserved

Connect