Ikuti Kami

Khazanah

Macam-macam Kitab Maulid Nabi Muhammad

kehidupan muhammad sebelum nabi
id.pinterest.com

BincangMuslimah.Com – Satu hari lagi kita akan memasuki bulan kelahiran Nabi Muhammad yaitu, bulan Rabi’ul Awwal. Di Indonesia khususnya, ada beberapa tradisi yang biasa dilakukan dalam menyambut hari kelahiran Nabi sebagai bentuk kecintaan kepadanya. Salah satunya adalah pembacaan bait-bait syair maulid yang dikarang oleh para ulama. Kitabnya pun beragam. Mari kita ketahui apa saja macam kitab maulid Nabi Muhammad.

Maulid Diba’i karya Syekh Abdur Rohman al-Daiba’ al-Zabidi al-Yamani. Nama kitab ini dinisbatkan kepada nama sang pengarang. Kitab ini berisi bait-bait syair dan kisah kelahiran Nabi beserta pujian-pujian kepadanya.

Dibuka oleh sang penulis dengan bat-bait solawat, doa, dan pujian atau yang disebut dengan qashidah. Terdapat dua qashidah di dalamnya sebelum masuk pada paragraf kisah Nabi. Lalu dilanjutkan oleh beliau dengan kisah Nabi Muhammad yang tak lepas dari pujian kepadanya yang berjumlah lima teks narasi. Kemudian dilanjutkan lagi dengan qashidah yang ketiga dan diteruskan dengan membaca narasi maulid yang berjumlah 16 teks.

Narasi maulid diceritakan dengan bahasa yang sangat indah, berisi kisah kelahiran, gambaran akhlak Nabi, dan pujian-pujian kepadanya. Lalu ditutup dengan qashidah keempat yang dimulai dengan “Ya badrotin” dan satu teks narasi.

Maulid Diba’ banyak sekali dibaca oleh masyarakat Indonesia yang tidak hanya dibaca saat perayaan kelahiran Nabi Muhammad, tapi juga pada hari-hari lain seperti malam Jumat. Aktifitas pembacaan maulid ini biasanya disebut dengan “diba’an” karena membaca kitab maulid diba’ di dalamnya. Saat pembacaan syair, biasanya diiringi oleh alat musik tabuh untuk menambah semarak pembacaan.

Syekh Abdur Rahman al-Daiba’ al-Zabidi al-Yaman sendiri lahir pada 1461 M dan wafat pada 1537 di Kota Zabid, Yaman. Maka dari itu, namanya dinisbatkan kepada nama kota kelahirannya. Karyanya telah memberi banyak manfaat kepada umat, terutama dalam menyambung cinta kepada Nabi Muhammad.

Baca Juga:  Karlina Supelli, Filsuf dan Astronom Perempuan Indonesia

Maulid Barzanji karya Syekh Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim bin Muhammad al-Barzanji al-Qurdi. Sama halnya seperti Maulid Diba’, Maulid Barzanji juga dinisbatkan kepada nama penulisnya. Kitab ini berisi 19 teks narasi dan bait-bait syair. Di dalamnya berisi kisah kelahiran pujian kepada Nabi dan kisah hidupnya. Setiap teks dipisah dengan sholawat,

عَطِّرِ اللَّهُمَّ قَبْرَهُ الْكَرِيْم، بِعَرْفٍ شَذِيٍّ مِنْ صَلَاةٍ وَتَسْلِيْم

Ya Allah Berikanlah Wewangian pada Qubur Nabi Shollallohu’alayhi wa sallam yang mulia, dengan Sholawat dan Salam Sejahtera yang Mewangi

Sedangkan pada teks kumpulan syairnya dipisah dengan sholawat,

إلهي روّح روحه وضريحه بعرف شذيّ من صلاة ورضوان

Tuhanku, istirahatkan lah ruh Nabi Muhammad dan Kuburannya dengan salawat dan keridhaan yang mewangi.

Syekh Ja’far lahir di kota Madinah pada tahun 1716 M dan wafat pada 1764 M. Beliau merupakan keturunan dari Suku Kurdi dari garis kakeknya bernama Syahir Zair. Sejak belia, ia menimba ilmu agama dari ayahnya dan paman ayahnya. Kemudian melanjutkan perguruan dari ulama lain. Mulai menghapal Alquran, belajar ilmu sastra dan lingiustik Arab.

Karyanya yang lain juga seputar kisah sahabat dan ulama seperti, as-Sifat al-Faqdhilah Li Sayyid as-Syuhada` Sayyidina Hamzah dan as-Sifat al-Fadhilah Li Abd al-Qadir al-Ja’lani. Selain itu, terdapat kitab yang mengisahkan Nabi Muhammad saat Mi’raj, Qisshot as-Shu’ud as-Samawy. Dan beberapa kitab lain tentang biografi dan peristiwa-peristiwa penting dalam Islam.

Maulid Barzanji juga menjadi salah satu teks maulid yang banyak dibaca di masyarakat baik kalangan pesantren maupun luar.

Qashidah Burdah karya Imam al-Bushiri, seorang ulama berkebangsaan Mesir yang lahir pada 1213 M dan wafat pada 1294. Qashidah Burdah berjumlah 160 bait dan disusun dengan bahasa dan kata-kata yang indah. Para kritikus sastra banyak memuji qashidah ini karena keindahan kata-kata dan maknanya. Menggunakan ilmu balaghoh yang meliputi ilmu badi’, bayan, dan ma’ani.

Baca Juga:  Kenapa Sahabat Nabi Tidak Merayakan Maulid?

Qashidah ini banyak dibaca oleh masyarakat Indonesia, terutama oleh kalangan Nahdiyyin. Karena di dalamnya mencakup banyak hal tentang Nabi Muhammad, tidak hanya pujian dan kisah kelahirannya, tapi juga interaksi Nabi Muhammad dengan umat manusia. Keindahan kata-kata yang digunakan oleh Imam al-Bushiri menarik para pembaca.

Syaroful Anam karya Syekh al-Imam Syihab al-Din Ahmad bin ‘Ali bin Qasim al-Maliki al-Bukhari al-Andalusi al-Mursi al-Lakhmi yang masyhur dengan al-Hariri. Syekh al-Hariri berasal dari Kota Murcia di Andalusia yang kini menjadi bagian dari Spanyol, namun setelah itu pindah ke Yaman setelah Dinasti Islam di Granada runtuh.

Kumpulan syiir ini tidak banyak dibaca oleh kalangan muslim, termasuk masyarakat Indonesia. Padahal kutipsn sholawat, “Assalaamu ‘alaik Zainal Anbiya`” merupakan bagian dari Syaroful Anam, tapi tak banyak yang mengetahuinya soal itu.

Syekh Syihabuddin sendiri merupakan ulama hadis pada masanya. Dan profesinya itu mempengaruhi proses penyusunan Syair Syaroful Anam ini yang banyak mengutip hadis. Demikian macam kitab maulid Nabi Muhammad yang populer di Indonesia dan menjadi perantara kecintaan umat kepada Nabi Muhammad. Semoga bermanfaat.

 

 

Rekomendasi

Hukum Saweran Shalawat dalam Islam Hukum Saweran Shalawat dalam Islam

Hukum Saweran Shalawat dalam Islam, Bolehkah?

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Apakah Memperingati Maulid Nabi Berarti Menuju Kesesatan?

Mengenal Tradisi Maulud di Masyarakat Lombok Mengenal Tradisi Maulud di Masyarakat Lombok

Mengenal Tradisi Maulud di Masyarakat Lombok

Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun

Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect