Ikuti Kami

Keluarga

Kesungguhan Hannah Ibunda Maryam dalam Berdoa 

ummul banin

BincangMuslimah.Com – Kita pasti sudah mendenga rkan bukan kisah dari siti Maryam, seorang perempuan yang begitu teguh dan taat dalam beribadah kepada Tuhannya, bahkan Allah mencantumkan kisah Maryam dalam Al-Qur’an dan menajdikannya sebagai salah satu perempuan paling mulia pada masanya. begitu pula anak yang lahirkannya bernama Isa ‘Alaihissalam. Kesabaran juga ketaatan siti Maryam  dan Nabi Isa kepada Allah, ternyata juga hasill dari buah kesabaran dan doa Hannah binti Gaqudz yang tak lain adalah ibunda dari Siti Maryam.

Hannah ibunda Maryam adalah seorang perempuan ahli ibadah yang tumbuh dari lingkungan yang baik pula. Hannah menikah dengan lelaki bernama Imran bin Yashum, seorang pemimpim dari kota palestina. Setelah menikah dengan Imran, Hannah selalu berdoa dan berikhtiar agar Allah memberinya keturunan. Bahkan sampai usianya yang sudah mendekati senja, mereka belum juga dikarunia seorang anak.

Sampai suatu ketika, saat  Hannah berteduh di bawah pohon, Hannah melihat seekor burung sedang memberi makanan kepada anak-anaknya. Hatinya tergerak ingin memiliki anak. Hannah beserta suaminya Imran, sudah melakukan berbagai cara untuk bisa memiiki anak.  Dari sini hannah menyadari, bahwa hanya Allah yang mampu memberikannya seorang anak. Kemudian dengan niat yang bersungguh-sungguh, hannah berserta suaminya memohon setiap hari agar diberikan keturunan.

Akhirnya harapan yang telah lama diinginkannya menjadi kenyataan. Allah meniupkan ruh dalam rahim Hannah. Pasangan suami istri tersebut lantas bersyukur dan memuji Allah.

Sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah, Hannah bernazar bahwa anak yang dikandunganya akan dijadikkannya sebagai anak sholeh yang akan mengabdikan dirinya dalam beribadah kepada Allah di tempat peribadatan, dan tidak mengurusi perbuatan yang bersifat duniawi.

Ketika hari yang telah dinanti tiba, Hannah pun melahirkan. Namun, ternyata Hannah melahirkan bayi perempuan bukan laki-laki sebagaimana yang diharapkannya,agar kelak bayi  tersebut bisa mengabdikan dirinya di Baitul Maqdis atau tempat peribadatan. Lantas Hannah berkata dan berdoa sebagaimana yang dicantumkan dalam surah al-Imran ayat 36 yang berbunyi:

Baca Juga:  Keistimewaan Memiliki dan Mendidik Anak Perempuan

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Maka tatkala istri `Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaithan yang terkutuk.”

Ketika Hannah telah mengetahui bahwa bayi yang dikandungnya adalah bayi perempuan,  maka Hannah tetap menunaikan  nazarnya, walaupun anak perempuan tidak sama dengan anak laki-laki, seperti ungkapannya dalam ayat tersebut. Dalam kitab Tafsir Jalalain  karangan Jalaluddin al-Mahalli dan as-Suyuthi menafsirkan bahwa ketika Hannah telah melahirkan, ternyata bayinya perempuan, sedangkan Hannah mengharapkan anak laki-laki.

Karena yang biasa dibaktikan di masjidil haram hanyalah anak laki-laki. Oleh sebab itu hana mengatakan bahwa anak laki-laki tidaklah sama dengan anak perempuan. Dan Allah lebih mengetahuinya. Kemudian Hannah berdoa agar anak serta keturunnnya dijauhkan dari gangguan setan.

Dari doa Hannah untuk anak serta keturunanya, memberikan pengajaran kepada umat Rasulullah, bahwa setiap orang tua juga harus memohon kepada Allah agar anak beserta keturunanya juga selalu dalam lindungan Allah dan terhindar dari godaan setan.

Rekomendasi

Keraguan tentang Keaslian Alquran Keraguan tentang Keaslian Alquran

Tafsir Ayat tentang Penyerupaan Nabi Isa a.s Sebelum Diangkat ke Langit

sosok maryam dalam alquran sosok maryam dalam alquran

Sosok Maryam Bunda Isa dalam Alquran

meneladani sosok nabi isa meneladani sosok nabi isa

Meneladani Sosok Nabi Isa Alaihissalaam

Melahirkan Sesar Wajib Mandi Melahirkan Sesar Wajib Mandi

Manfaat Surat Maryam Bagi Ibu Hamil

Ditulis oleh

Mahasiswi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Komentari

Komentari

Terbaru

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan

Niat Menggabungkan Puasa Dzulhijjah dengan Qadha Ramadhan

Ibadah

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ibadah

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Connect