Ikuti Kami

Kajian

Manfaat Mengkonsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

manfaat kurma berbuka puasa
Dried dates

BincangMuslimah.Com – Saat membatalkan puasa, Rasulullah menganjurkan umat muslim untuk memulainya dengan makanan ringan seperti buah kurma. Di balik sunnah tersebut, ternyata terdapat beberapa manfaat mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa terutama dalam segi kesehatan

Sebagaimana disebutkan dalam hadis yang  diriwayatkan oleh Anas bin Malik, dia berkata: “Rasulullah saw. biasa berbuka dengan beberapa buah kurma sebelum mengerjakan salat (Maghrib). Jika tidak ada kurma ruthab (kurma basah), beliau berbuka dengan kurma tamr (kurma kering). Jika tidak ada kurma, beliau minum beberapa teguk air.” (HR. Abu Daud) 

Hadis tentang cara berbuka Rasulullah tersebut sebenarnya hendak mengajarkan kita. Bahwa kurma selain memiliki banyak manfaat  untuk tubuh- sebagaimana yang telah banyak dibahas di berbagai literatur, manfaat tersebut diantaranya: dapat mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan kulit, tulang, saraf, otak dan jantung, serta masih banyak lagi. Kurma adalah makanan yang paling baik untuk dimakan setelah kita sekian jam berlapar-lapar dengan perut kosong karena mengerjakan puasa. 

Mengutip Muhammad az-Zaki dalam bukunya Hidup Sehat Tanpa Obat h. 230, ia mengatakan bahwa ketika orang yang berpuasa memulai mengkonsumsi makanan, maka organ pencernaan pun akan langsung bereaksi untuk kembali menjalankan fungsinya. Khususnya organ lambung yang harus diberi reaksi dengan lembut. 

Ketika berbuka puasa ini, seseorang membutuhkan sumber zat gula secepatnya agar rasa lapar menghilang, seperti halnya ia membutuhkan air. Karena zat makanan yang paling cepat diserap dan sampai ke dalam darah adalah zat-zat yang mengandung unsur gula. Sebab glukosa dan fruktosa ini hanya memerlukan 5-10 menit untuk dapat terserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong. 

Sebaliknya, jika saat berbuka puasa malah mengonsumsi makanan yang mengandung zat protein dan lemak, maka diperlukan waktu yang lama untuk mencerna dan menyerap makanan tersebut. Kebutuhan tubuh terhadap energi dalam waktu cepat pun tidak bisa terpenuhi. Apalagi dengan meningkatnya kadar asam amino (asam yang diperoleh dari protein yang dimakan) akibat tidak adanya pasokan zat gula ataupun sedikitnya zat gula, akan menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga:  Benarkah Berenang Membatalkan Puasa?

Adapun penjelasan proses penyerapan nutrisi lebih lanjut sebagai berikut:

Seseorang yang berpuasa, penyerapan nutrisi dalam tubuhnya akan berakhir pada sore hari, konsentrasi glukosa dan insulin yang ada di dalam pembuluh vena porta (vena besar yang membawa darah kaya nutrisi dari usus dan limpa ke hati) akan berkurang. Ini akan membuat berkurangnya proses produksi glukosa yang akan dimanfaatkan oleh sel-sel hati dan jaringan tepi seperti sel-sel otot dan sel saraf. Pada saat itu juga, seluruh simpanan glikogen yang ada di hati pun sudah habis terpakai.

Sehingga jaringan tubuh pun akhirnya akan memanfaatkan dari oksidasi asam lemak dan oksidasi glukosa yang diproduksi dalam hati berupa asam amino dan gliserol (cairan kental yang tidak berwarna dan tidak berbau) untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, jika tubuh diberikan glukosa dengan cepat pada saat berbuka puasa, maka manfaat yang akan muncul sangatlah besar. 

Karena saat itu, konsentrasi glukosa dalam darah akan kembali meningkat dengan cepat setelah diserap oleh pembuluh vena porta. Kemudian glukosa ini pertama kali akan masuk ke dalam hati, disusul lagi ke otak, darah, saraf, otot, dan berlanjut ke jaringan tubuh yang lainnya. Semua organ tubuh ini telah ditentukan oleh Allah bahwa zat gula sebagai nutrisinya yang paling tepat dan paling mudah untuk dijadikan energi.  (Hidup Sehat Tanpa Obat: dengan Berpuasa h. 231)

Keunggulan Kurma untuk Buka Puasa

Berbagai studi mengatakan bahwa jenis makanan yang kaya dengan kategori tersebut yang paling baik adalah kurma, khususnya ruthab karena kaya akan unsur gula, yaitu glukosa dan fruktosa yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hal itu sebagaimana pendapat analisa kimia dan fisiologis dari Dr. Ahmad Abdurrauf Hisyam dan Dr. Ahmad As-Syahat bahwa kandungan zat gula yang sangat sederhana dalam kurma membuat proses penyerapan dalam tubuh menjadi mudah. 

Baca Juga:  Apakah Perempuan Istihadhah Wajib Mengqadha Puasa?

Kurma juga punya keunggulan lain yaitu, mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, diantaranya vitamin A dan B, zat besi, asam nikotinat, tiamin, niacin, kalium, potassium, magnesium, dan kalsium. Kandungan serat dalam kurma juga cukup tinggi, selain itu kurma memiliki kandungan air 65-70% yang akan memberikan tambahan air bagi tubuh, kandungan tersebut dapat menguatkan sel-sel usus dan membantu melancarkan buang air kecil dan air besar.

Dengan demikian, dapat dipahami bahwa manfaat mengkonsumsi kurma saat berbuka puasa sebagaimana yang diajarkan Nabi yaitu dapat mengembalikan energi tubuh lebih cepat karena memiliki unsur karbohidrat, air, dan serat yang cukup tinggi, serta banyak kandungan lain yang sangat dibutuhkan tubuh. Karenanya kurma juga baik dikonsumsi oleh seseorang saat sahur, sehingga ketika menjalankan puasa dirinya akan merasa segar dan tahan lapar.[]

Rekomendasi

keutamaan puasa dzulhijjah keutamaan puasa dzulhijjah

Keutamaan Puasa di Awal Bulan Dzulhijjah

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

tantangan menjalani i'tikaf ramadhan tantangan menjalani i'tikaf ramadhan

Tantangan dan Solusi Menjalani I’tikaf di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Hikmah puasa Turunnya Alquran Hikmah puasa Turunnya Alquran

Hikmah Disyariatkannya Puasa di Bulan Turunnya Alquran

Komentari

Komentari

Terbaru

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan

Niat Menggabungkan Puasa Dzulhijjah dengan Qadha Ramadhan

Ibadah

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ibadah

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Connect