Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Hati-Hati, Ini Ciri Kalau Kamu Punya Penyakit Hati

Penyakit hati
Penyakit hati

BincangMuslimah.Com – Quraish Shihab dalam acara al-Mu’tamar al-Alami lil Ukhuwah al-Insaniyah di Abu Dhabi menyatakan, saat ini teknologi terus tumbuh dan maju, namun ia justru meninggalkan manusia dan sisi kemanusiaannya.

Beliau mencontohkan sebuah fenomena sederhana, saat ini anggaran pengobatan dan pembangunan rumah sakit untuk mengobati fisik manusia justru jauh lebih besar dibandingkan pembangunan rumah sakit untuk mengobati sisi ruhani manusia.

Padahal penyakit yang menjangkit hati manusia jauh lebih banyak dan berbahaya dibandingkan penyakit fisik. Penjelasan Quraish Shihab ini sebagaimana diunggah bincangsyariah.com dalam media sosialnya.

Lebih lanjut Quraish Shihab dalam program Shihab & Shihab menjelaskan, kata “hati” dalam Al-Qur’an bisa bermakna kalbu, bisa juga berarti akal. Jadi, ketika ada orang yang berpenyakit hati, bisa jadi akalnya yang sakit, bisa juga kalbunya.

Pada dasarnya, hati manusia diciptakan dalam keadaan suci. Namun ia bisa berubah jadi keruh dan berpenyakit.

Lingkungan dan pergaulan bisa yang mempengaruhi hati. Siapa yang bergaul dengan orang-orang baik, maka hatinya juga akan cenderung kepada kebaikan. Begitu pun sebaliknya, siapa yang bergaul dengan kawan yang buruk, maka hatinya juga akan cenderung pada keburukan.

Penulis Tafsir Al-Mishbah ini menyatakan, penyakit hati sangatlah banyak, beberapa di antaranya minder, angkuh, iri, dan dendam. Sedangkan puncak penyakit hati adalah menyekutukan Allah.

Berbeda dengan penyakit fisik yang dapat didiagnosa dengan kecanggihan teknologi. Penyakit hati justru cenderung lebih sulit dikenali. Maka tak heran bila ada orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terjangkit penyakit hati.

Lalu, bagaimana cara kita mengetahui terjangkit penyakit hati atau tidak? Adapun ciri-ciri seseorang yang punya penyakit hati menurut Quraish Shihab diantaranya:

Ragu

Sejatinya, hati selalu yakin dan mantap. Hati yang ragu merupakan ciri hati yang sakit. Tetapi sikap ragu pun terbagi menjadi dua, keraguan yang disertai dengan langkah positif dan keraguan yang disertai langkah negatif. Ciri kedua inilah yang termasuk penyakit hati. Sebab, keraguan yang negatif bisa mendorong seseorang untuk berburuk sangka.

Buruk sangka

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk berbaik sangka, baik kepada manusia maupun kepada takdir Allah. Salah satu tanda penyakit hati adalah berburuk sangka. Maka seseorang yang suka mencari kesalahan orang lain berarti hatinya tidak bersih.

Gelisah

Gelisah merupakan salah satu ciri penyakit hati. Banyak orang yang gelisah bagaimana hidupnya satu tahun ke depan? Cemas akan karirnya ke depan, khawatir tidak bisa makan esok hari, dan lain sebagainya. Padahal muslim yang hatinya bersih selalu berserah diri kepada Allah dan tak perlu gelisah.

“Mengapa gelisah? Sakit? Yang menyembuhkan adalah Tuhan. Miskin? Yang memberi kekayaan adalah Allah. Namun tentu semua itu dibarengi dengan usaha,” ucap Quraish Shihab dalam program Shihab & Shihab berjudul “Penyakit Hati: Hati-Hati dengan Hati” ini.

Rekomendasi

Fera Rahmatun Nazilah
Ditulis oleh

Penulis adalah anggota redaksi BincangMuslimah. Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat.

Komentari

Komentari

Terbaru

Viral Pernikahan Ayah Mertua dengan Ibu Kandung, Apa Hukumnya?

Kajian

Hukum Ayah yang Tidak Menafkahi Anaknya

Keluarga

Apa Itu Tahnik dan Bagaimana Hukumnya?

Ibadah

Cara Mempersiapkan Pendidikan Seks Untuk Anak Sesuai dengan Ketentuan Islam  

Keluarga

luqman hakim mengasuh dan mendidik anak luqman hakim mengasuh dan mendidik anak

Hukum Orangtua Menyakiti Hati Anak

Keluarga

Bisakah Indonesia Menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia?  

Muslimah Daily

Tatacara Mandi Junub Sesuai Sunnah Rasul

Ibadah

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Trending

Benarkah Islam Agama yang Menganjurkan Monogami?

Kajian

Gerakan Shalat yang Benar Bagi Muslimah

Ibadah

zainab al-ghazali zainab al-ghazali

Zainab Al-Ghazali ; Mufassir Perempuan Pelopor Feminisme Islam

Muslimah Talk

Menelaah Tafsir Ummu Salamah: Menyambung Sanad Partisipasi Perempuan dalam Sejarah Tafsir al-Qur’an

Kajian

Kritik Nabi kepada Laki-laki yang Suka Main Kasar pada Perempuan

Kajian

Tafsir QS Al-Baqarah 187 : Kiat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menurut Islam

Kajian

ratu bilqis ratu bilqis

Tafsir Q.S An-Naml Ayat 23: Meneladani Kepemimpinan Ratu Balqis Dalam Politik

Kajian

Mengoptimalkan Peran Perempuan Sebagai Benteng Toleransi

Diari

Connect