Ikuti Kami

Kajian

Benarkah Nabi Menyebarkan Islam dengan Pedang?

nabi menyebarkan islam pedang
credit: photo from gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Kali ini saya akan mengulas sebuah hadits yang barangkali sering disalah artikan oleh muslim kebanyakan. Yang mana kekeliruan ini kemudian mendorong sebagian umat Islam untuk bertindak sewenang-wenang kepada orang-orang non-muslim. Akibatnya, Islam menerima banyak justifikasi negatif dari orang-orang non-muslim tersebut.  Di antaranya, Islam adalah agama yang keras, Islam agama intoleran, Nabi Muhammad menyebarkan Islam dengan pedang (peperangan), dan lain-lain. Hadits tersebut berbunyi:

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءَهُمْ وَأَمْوَالَـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ

( رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ)

Secara tekstual, hadits ini berarti:

“Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak untuk diibadahi kecuali Allah dan Muhammad adalah Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka telah melakukan hal itu, akan terjagalah darah-darah dan harta-harta mereka dariku, kecuali dengan hak Islam, sedangkan perhitungan mereka diserahkan kepada Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 25 dan Muslim, no. 21] 

Mereka yang hanya memahami hadits ini secara tekstual, tidak jarang berujung menghalalkan darah sesama manusia atas nama Islam, membolehkan memerangi sekaligus membunuh orang-orang non-muslim di belahan bumi mana pun. Sehingga Islam akan menjadi agama satu-satunya yang tegak di bumi.

Adapun di sisi lain, ada kelompok Islam yang tidak menyetujui penghalalan darah non-muslim tersebut. Namun sayangnya, mereka tidak juga memahami maksud hadits ini dengan benar. Sehingga mereka menilai hadits ini sebagai aib umat Islam dan tak seyogianya hadits ini disyiarkan ke khalayak umum. Aneh bukan? Padahal sudah jelas hadits ini masuk dalam kategori hadits shahih, yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi kita untuk bisa memahami hadits ini dengan benar. 

Baca Juga:  Arti Keselamatan bagi Muslim Puritan dan Moderat Menurut Khaled Abou El Fadl

Ada beberapa poin inti yang perlu kita ulas. Pertama, redaksi hadits ini menggunakan lafaz أُمِرْتُ yang berarti ‘saya’ diperintahkan. Rasulullah SAW. berkata dengan kata ‘saya’ sebagai pengganti subjek (sebab kata kerja pasif), bukan dengan kata أُمِرْتُمْ yang berarti ‘kalian diperintahkan’, bukan juga dengan kata أُمِرْنَا yang berarti ‘kita diperintahkan’. Lantas apakah segala hal yang Allah SWT. perintahkan kepada Rasulullah SAW. juga menjadi kewajiban kita? Tentu saja tidak.

Kedua, redaksi hadits ini menggunakan lafaz أُقَاتِلَ yang merupakan bentuk fi’il mudhari’ dari wazan فاعل dan mengandung faedah al-musyârakah bain al-tharfain (pekerjaan yang melibatkan dua pihak). Hadits ini tidak menggunakan redaksi  أَقْتُلَ yang berarti membunuh, tanpa ada serangan dari pihak lain. Sehingga yang dimaksud hadits ini adalah perintah Allah SWT. kepada Rasulullah SAW. untuk memerangi lawannya sebagai bentuk pertahanan diri, bukan untuk menyerang satu pihak. Rasulullah SAW. tidak akan melawan jika mereka tidak memulai peperangan terlebih dahulu. Yang mana penyerangan mereka tersebut jelas mengancam keselamatan kaum muslim. Sehingga umat muslim harus meladeni peperangan tersebut demi mempertahankan nyawa. Hal ini juga ditegaskan dalam Alquran surat al-Baqarah ayat 190 yang berbunyi, “Dan perangilah di jalan allah orang-orang yang memerangi kamu, tetapi janganlah kamu melampaui batas…” Pun di surat yang sama ayat 256 Allah SWT. menyatakan laa ikraaha fi al-dîn (tidak ada paksaan dalam beragama). Walhasil, mustahil Allah SWT. memerintahkan Rasulullah SAW. untuk memerangi mereka kecuali sebagai bentuk pertahanan diri. 

Ketiga, pada lafaz النَّاسَ Rasulullah SAW. menggunakan ال  ma’rifah yang berfaedah mengkhususkan. Pun di dalam kaidah ushul fikih ada istilah al-‘Âm yurâdu bihi al-khâsh (lafaz umum yang maknanya khusus). Demikian juga maksud lafaz ‘manusia’ dalam hadits tersebut. Dalam konteks saat itu, Rasulullah SAW. tengah mendapat berbagai serangan dari kaum kafir Makkah. Sehingga perintah Allah SWT. dalam hadits ini ditujukan untuk kaum kafir Quraisy saat itu. Jadi, keliru jika kemudian lafaz tersebut diartikan perintah Allah SWT. kepada Rasulullah SAW. untuk memerangi atau membunuh seluruh non-muslim yang ada di belahan dunia.

Baca Juga:  Khataman Alquran, Sahabat Nabi Lakukan Ini

Keempat, hadits ini menggunakan redaksi حَتَّى يَشْهَدُوا  tidak menggunakan lafazأن  إلى. Jelas ada perbedaan makna antara حَتَّى dan أن إلى.  Adapun makna yang diinginkan dari hadits ini adalah syahadat sebagai tujuan (lil ghâyah). Yakni, sebab orang kafir Makkah memerangi kaum muslim maka dakwah Rasulullah SAW. menyebarkan ajaran Islam menjadi terhalangi. Oleh karenanya, umat muslim perlu melakukan upaya pertahanan untuk membendung serangan mereka, sehingga bisa kembali menyiarkan Islam dan semakin banyak orang yang bersyahadat. Sehingga keliru jika kemudian hadits ini diartikan sebagai upaya Rasulullah SAW. untuk menyiarkan Islam dengan peperangan. Yakni keliru jika diartikan bahwa darah non-muslim menjadi halal dibunuh selama mereka tidak mengimani Islam. Sebagaimana dalam Alquran Allah SWT. pun menegaskan, “Bagimu agamamu dan bagiku agamaku.”

Dari uraian di atas, sudah jelas bahwa hadits ini bukan dalam rangka meyakinkan bahwa Islam menghalalkan darah sesama manusia. Justru dengan pemahaman yang benar tentang hadits ini, kita akan menemukan betapa ramahnya ajaran Islam dan betapa Allah SWT. memuliakan darah manusia. 

Rekomendasi

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Sejarah Pensyariatan Azan Pertama

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Kali

Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan

islam kenyamanan perempuan pendapat Kepemimpinan Perempuan keadilan gender islam kenyamanan perempuan pendapat Kepemimpinan Perempuan keadilan gender

Islam Menyediakan Kenyamanan pada Perempuan untuk Mengemukakan Pendapat

Perempuan Hidup di Palestina Perempuan Hidup di Palestina

Nasib Perempuan yang Hidup di Palestina

Ditulis oleh

Tanzila Feby Nur Aini, mahasiswi Universitas al-Azhar, Kairo di jurusan Akidah dan Filsafat. MediaI sosial yang bisa dihubugi: Instagram @tanzilfeby.

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect