Ikuti Kami

Diari

Pengalaman Saya Mendampingi Perempuan Inspirasi Indonesia Selama di Maroko

BincangMuslimah.Com – Perempuan inspirasi Indonesia yang saya maksudkan adalah Prof. Dr. Amany Lubis. Selain sebagai Rektor UIN Jakarta yang dilantik Menteri Agama pada Januari 2019, perempuan yang sudah mengelilingi 32 negara di lima benua ini juga tercatat memiliki banyak pengalaman di organisasi, baik nasional maupun internasional.

Antara lain Ketua Umum Majelis Ilmuwan Muslimah Indonesia (2014-2018), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat Bidang Perempuan (2015-2020), Anggota Majelis Ifta’ di Uni Emirat Arab (2016-2020) dan Anggota Board of Trustees Forum for Promoting Peace in Muslim Societies, Abu Dhabi (2016-2020).

Prof. Amany Lubis menerima penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai Rektor Perempuan Pertama UIN di Indonesia sekaligus mendapat penghargaan MURI sebagai Penceramah Perempuan Pertama di Hadapan Raja Maroko dari ASEAN. Karya-karya beliau berupa buku, jurnal, artikel ilmiah sudah banyak dipublikasi nasional dan internasional.

Salah satu karya buku terbarunya berjudul Autobiografi Amany Lubis Namaku Harapan, menjadi salah satu hadiah yang diberikan pada saya dan suami, kepada PPI Maroko, dan KBRI Rabat di Maroko. Buku tersebut dibedah dan lauching ketika Hari Ibu 22 Desember 2019 di Auditorium UIN Jakarta, dihadiri para cendikiawan Indonesia dan dikatakan sebagai buku sejarah peradaban Indonesia menurut Prof Azyumardi Azra.

Saya pribadi menemani Beliau yang ke enam kalinya selama di Maroko sejak 2015, 2 bulan Beliau mengajar di Kampus Ibnu Tufail di Kenitra pada jenjang S1 sampai S3 dalam program Visiting Proffesor, 4 Konferensi Internasional di Maroko, di Casablanca Beliau menjadi Penceramah Durus Hassania di hadapan Raja yang dihadiri para Ulama dari seluruh negara islam yang diundang Kerajaan, menjadi Penceramah di depan para Muslimah Maroko, belum lagi undangan-undangan rapat Dewan Mufti dari berbagai negara islam di Dunia dan undangan-undangan lainnya.

Baca Juga:  Peran Pejuang Perempuan Bagi Kesejahteraan Kaum Hawa di Masa Kini

Awal Maret 2020 saya menemani beliau ke Sahah Moh V Casablanca, 5 Maret 2020 Beliau menjadi penguji sidang doktoral istimewa Kampus Daar El-Hadith El Hassania Kampus di bawah Kerajaan Maroko, malam 5 Maret menyampaikan pembinaan terhadap WNI di KBRI Rabat, 6 Maret Audiensi dengan Wakil Rektor Univ tertua di Dunia (Abad ke 8 M), serta napak tilas sejarah peradaban Kota Tua Fes dan Kampus Al-Qarawiyyin, 6 Maret malam hari beliau mempersilahkan saya istirahat sebab Beliau ada undangan makan malam dengan KBRI Rabat, Isesco, dan tokoh akademisi Maroko. 7 Maret pagi beliau bertolak kembali ke Jakarta.

Beliau yang energik di usianya yang saat ini 56 tahun, tak pernah lelah dengan aktifitas jadwal yang sangat padat walau setelah perjalanan panjang antar negara (Maroko-Indo 24 jam atau lebih). Sesampai di Maroko tanpa istirahat Beliau langsung mengatur jadwal dan hadir sebelum waktu agenda-agenda dimulai, menyampaikan materi baik duduk atau berdiri berjam-jam dengan bahasa Arab maupun bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri. Waktu tidur beliau juga sangat singkat dengan berbagai tugas dan kesibukan yang harus dikerjakan.

Media TV dan Radio Maroko juga mewawancarai beliau di tengah jadwal kegiatan selama di Maroko, rekan-rekan ulama dan akademisi banyak yang mengundang beliau ketika beliau kembali datang ke Maroko, terkadang karena jadwal yang padat dan waktu yang tidak sesuai, pertemuan menjadi batal.

Beliau sosok yang cerdas dan multitallent dengan wawasan yang luas, tidak hanya dalam bidang kajian Agama Islam, beliau juga menguasai hukum tata negara, pendidikan, bahasa, kesehatan, politik, keluarga, peran remaja dan perempuan, dan lainnya.

Tak heran, dialog dan diskusi di berbagai topik mampu beliau jawab dan lawan bicarapun sangat antusias ingin menjalin kerjasama setelah mendapat banyak informasi yang banyak dari beliau. Di samping beliau menyampaikan dengan bahasa Arab maupun bahasa Inggris dengan lancar seperti penutur aslinya.

Baca Juga:  Mengenal Asma Barlas: Tokoh Feminisme Islam dan Prinsip Pemikirannya

Beliau tanggap dan cekatan, disiplin juga perhatian. Saya menemani beliau ketika hamil anak pertama dan anak kedua, saya yang merasa aman-aman saja, sering beliau tanyakan kondisi di tengah-tengah waktu mendampingi beliau, memberi makanan untuk bekal saya di jalan, dan mempersilahkan saya tidur di perjalanan di tengah beliau berdiskusi dengan koleganya.

Di setiap kedatangan ke Maroko, Beliau yang dermawan selalu membawakan kami dan koleganya buah tangan khas Indonesia, buku-buku karya beliau, makanan khas Indonesia, buah dan barang khas Indonesia. Salah satunya beliau membawa peci Indonesia yang dihadiahkan pada Ulama Maroko sebagai ikatan persaudaraan Indonesia dan Maroko.

Di akhir perjalanan setiap mengunjungi Maroko, Beliau selalu meninggalkan barang-barangnya untuk kami, dan kami juga bagikan pada teman-teman mahasiswa dan mahasiswi di Maroko, banyak kerudung beliau yang ditinggalkan untuk saya, juga saya bagikan ke teman-teman, buku-buku juga barang-barang lain yang bermanfaat. Menyisipkan juga sedekah untuk mahasiswa-mahasiswi di Maroko. Masya Allah Alhamdulillah

Sesampai tanah air, kembali beliau langsung menyesuaikan diri dengan aktifitas dan kegiatannya yang terjadwal tanpa lelah. Semoga Allah berikan kesehatan selalu dan keberkahan di usia dan waktu-waktu beliau. Aamiin.

[Maroko, 9 Maret 2020]

Rekomendasi

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

Ummu Hisyam binti Haritsah Ummu Hisyam binti Haritsah

Ummu Hisyam binti Haritsah, Pemelihara Surat Qaf dari Lisan Rasulullah

Ditulis oleh

Mahasiswi Univ Mohammed V Rabat Maroko

Komentari

Komentari

Terbaru

korban kdrt dapat perlindungan korban kdrt dapat perlindungan

Di Zaman Rasulullah, Korban KDRT yang Melapor Langsung Dapat Perlindungan

Kajian

tetangga beda agama meninggal tetangga beda agama meninggal

Bagaimana Sikap Seorang Muslim Jika Ada Tetangga Beda Agama yang Meninggal?

Kajian

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

doa tak kunjung dikabulkan doa tak kunjung dikabulkan

Ngaji al-Hikam: Jika Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Kajian

rasulullah melarang ali poligami rasulullah melarang ali poligami

Kala Rasulullah Melarang Ali bin Abi Thalib untuk Poligami

Khazanah

puasa syawal kurang enam puasa syawal kurang enam

Puasa Syawal Tapi Kurang dari Enam Hari, Bagaimana Hukumnya?

Kajian

orang tua beda agama orang tua beda agama

Bagaimana Sikap Kita Jika Orang Tua Beda Agama?

Khazanah

Nyi Hadjar Dewantara pendidikan Nyi Hadjar Dewantara pendidikan

Perjuangan Nyi Hadjar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Indonesia

Khazanah

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Connect