Ikuti Kami

Kajian

Tafsir Surah An-Nisa Ayat 19; Sejarah Kelam Kaum Perempuan Sebelum Islam Datang

rabiatul adawiyah an-Nisa 19 Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

BincangMuslimah.Com – Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai perempuan dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata[279]. dan bergaullah dengan mereka secara patut. kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, Padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. An-Nisa :19)

Terkait ayat ini, pada zaman jahiliyah dulu, bila seorang laki-laki meninggal dunia, maka walinya yang paling berhak atas istri yang ditinggalkan. Jika walinya mau, ia bisa mengawininya.

Dan jika tidak, ia akan memberikannya pada orang- orang terdekat. Mujahid meriwayatkan, jika seseorang meninggal, anak tertuanya paling berhak atas istri ayahnya atau dalam hal ini ibu tirinya. Jika ingin, ia akan menikahinya atau jika tidak, ia akan menikahkannya dengan orang yang dikehendakinya.

Berlatar belakang kebiasaan ini, sebagaimana diceritakan ibn Jauzy dalam kitabnya Zad al-Masir fi ilm Tafsir turunlah ayat an-Nisa : 19 tersebut di atas. Gunanya, adalah untuk larangan menjadikan perempuan sebagai barang warisan yang bisa diturunkan.

Ayat ini, menurut ar-Razi dalam at-Tafisr al-Kabir, mengisyaratkan bahwa haram hukumnya seseorang mewarisi istri seorang yang telah meninggal. Ini tercermin dengan jelas dari redaksi “tidak halal bagi kamu mempusakai perempuan dengan jalan paksa” [QS. An-Nisa : 19]

Yang diceritakan oleh para ahli tafsir di atas mengisahkan sejarah kelam terkait public treatment pada kaum perempuan. Selain secara sosial mereka didiskreditkan, tradisi Jahiliah kala itu bahkan membenarkan perempuan untuk diwarisi pada anak tirinya atau siapapun yang dikehendaki walinya. Ini menjadikan mereka bagaikan barang-barang peninggalan yang bisa diperebutkan oleh orang-orang terdekat.

Baca Juga:  Keadilan Gender dalam Pembagian Waris Islam

Bahkan dalam lanjutan ayatnya, Allah swt menyebutkan dengan begitu nyata, “…dan bergaullah dengan mereka secara patut…” Orang beriman harus memperlakukan mereka secara layak dan baik sesuai ajaran-ajaran luhur yang dibawa Islam dan diteladankan oleh Rasulullah saw.

Kedatanga Islam saat itu bak angin segar bagi para perempuan. Kehadirannya benar-benar membawa perubahan stereotip laki-laki yang kala itu bersikap misogini. Tak ada lagi penghinaan. Tak ada lagi pelecehan.

Tak ada lagi diskriminasi terhadap para perempuan. Mereka juga diberi hak secara wajar dan manusiawi. Bahkan dalam Islam, nilai dan derajat seorang ibu bagi anaknya tiga kali lipat lebih tinggi dibanding sang ayah.

Karena penghargaan yang tinggi pada perempuan, tak heran jika Rasulullah saw. juga memberikan privilege khusus pada kaum perempuan. Hal ini tercermin ketika Haji Wada’ yang terjadi empat bulan sebelum beliau wafat.  Imam al-Tirmidzi meriwayatkan, Rasulullah senantiasa memberi wejangan pada para sahabat untuk memberikan nasihat yang baik pada istri-istrinya. Beliau bersabda:

خيركم خيركم لأهله و انا خيركم لأهلي

Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik pada keluarganya. Dan, akulah yang terbaik dari kalian terhadap keluargaku (H.R Tirmidzi).

Islam juga sangat memuliakan perempuan dengan memberikan labelling perhiasan dunia bagi mereka yang taat dan patuh pada agamanya. Dalam hadis disebutkan, Abdullah ibn Amr berkata, Rasulullah saw bersabda;

الدنيا متاع وخير متاعها المرأة الصالحة

“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan adalah perempuan shalihah”

Karena itu, pada zaman Rasulullah perempuan diperlakukan dengan sangat baik. Mereka tidak diisolir di dalam rumah. Aktivitasnya tidak hanya berkutat di kasur, dapur dan sumur. Setelah Islam hadir, mereka mendapat opportunity yang sama dengan kaum laki-laki.

Baca Juga:  Dua Cara Membaca Hukum Kepemimpinan Perempuan Menurut Masdar Farid Mas’udi

Mereka diizinkan untuk berdiskusi masalah agama dengan Rasulullah dan istri-istri beliau secara langsung. Mereka diperlakukan secara equal dan tidak dibanding-bandingkan.

Mereka diperbolehkan mengikuti perang untuk berjuang dan membela agama sesuai kapasitas yang dimiliki oleh masing-masing.

Itulah revolusi tradisi yang dilakukan Islam melalui al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah. Tidak ada lagi kemuliaan berdasarkan jenis kelamin. Kemuliaan, sejak saat itu hanya dinilai dan ditentukan sesuai ketaqwaannya pada Allah dan Rasul-Nya.

Karena itu, tradisi memosisikan perempuan sebagai barang warisan benar-benar diberangus oleh Islam dan tidak ada lagi yang tersisa saat ini kecuali dilakukan oleh orang-orang yang memiliki cara pandang Jahiliyah.

Artikel ini pernah diterbitkan BincangSyariah.Com

Rekomendasi

Amatul wahid ulama perempuan Amatul wahid ulama perempuan

Perempuan dalam Perspektif Tafsir Klasik dan Kontemporer

Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat

Perlunya Memahami Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat

Ancaman Alquran para Koruptor Ancaman Alquran para Koruptor

Ancaman Alquran terhadap Para Koruptor

Kepala Keluarga Laki-laki Kepala Keluarga Laki-laki

Mengapa Suami Istri Diibaratkan seperti Pakaian dalam Alquran?

Ditulis oleh

Penulis adalah alumni Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat dan mahasiswa Pasca Sarjana UIN Jakarta Minat Kajian Tafsir dan Hadis Nabawi

Komentari

Komentari

Terbaru

korban kdrt dapat perlindungan korban kdrt dapat perlindungan

Di Zaman Rasulullah, Korban KDRT yang Melapor Langsung Dapat Perlindungan

Kajian

tetangga beda agama meninggal tetangga beda agama meninggal

Bagaimana Sikap Seorang Muslim Jika Ada Tetangga Beda Agama yang Meninggal?

Kajian

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

doa tak kunjung dikabulkan doa tak kunjung dikabulkan

Ngaji al-Hikam: Jika Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Kajian

rasulullah melarang ali poligami rasulullah melarang ali poligami

Kala Rasulullah Melarang Ali bin Abi Thalib untuk Poligami

Khazanah

puasa syawal kurang enam puasa syawal kurang enam

Puasa Syawal Tapi Kurang dari Enam Hari, Bagaimana Hukumnya?

Kajian

orang tua beda agama orang tua beda agama

Bagaimana Sikap Kita Jika Orang Tua Beda Agama?

Khazanah

Nyi Hadjar Dewantara pendidikan Nyi Hadjar Dewantara pendidikan

Perjuangan Nyi Hadjar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Indonesia

Khazanah

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Connect