Ikuti Kami

Tak Berkategori

Miris Fenomena Pekerja Anak, Bagaimana Respon Islam?

BincangMuslimah.Com– Mirisnya fenomena Pekerja anak adalah memperkerjakan anak yang belum memiliki kapabilitas di dalamnya. Miris fenomena pekerja anak, bagaimana respon Islam? Agama islam sejatinya tidak melarang umatnya untuk bekerja asalkan tidak berujung membahayakan. Namun pada kenyataannya, fenomena ini mengandung konotasi diskriminatif terhadap anak. Karena acap kali kita temui anak jalanan yang menjadi kuli terlebih harus mengemis.

Unicef dalam bukunya Hak dan perlindungan Anak Dalam Islam  juga menyebut hal ini sebagai bentuk ekploitasi anak. Hal ini karena memberikan beban pekerjaan yang berlebih, merampas hak-hak dasar, serta mengganggu kesehatan fisik dan mentalnya. Jika hal ini terabaikan, maka sama saja dengan memupuk benih kesuraman bagi masa depan dan pertumbuhan mereka.

Organisasi Buruh International (ILO) mencatat sekitar 160 juta anak di seluruh dunia masih menjadi pekerja. Dengan rating usia terbanyak adalah kisaran 5-17 tahun. Pemerintah Indonesia sendiri sebenarnya telah mengeluarkan undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,bahwa anak-anak dilarang untuk bekerja kecuali dalam kondisi dan kepentingan tertentu. Dengan bentuk pekerjaan tertentu.

Seperti pekerjaan yang ringan dan memperoleh izin maupun di bawah perlindungan, pekerjaan yang menjadi bagian dari kurikulum pendidikan, hingga pekerjaan yang menunjang bakat dan minat anak.

Dalam jurnal Penanganan Masalah Pekerja Anak Melalui Pemberdayaan Organisasi Lokal “Forum Peduli Anak” Kelurahan Cibeureum Kota Cimahi, Nada dan Santoso menyebutkan perihal istilah pekerja anak yang seringkali menimbulkan perdebatan, meskipun sama-sama digunakan untuk menggantikan istilah buruh anak.

Faktor Terjadinya Pekerja Anak

Faktor utama miris fenomena pekerja anak ini tersinyalir karena masalah perekonomian dalam suatu keluarga. Rendahnya pendapatan orang tua yang tidak sebanding dengan tingginya harga kebutuhan-kebutuhan sehari-hari menjadi wujud keterbelakangan. Belum lagi sebagian dari kepala keluarga mereka kesusahan mencari lapangan pekerjaan.

Baca Juga:  Apakah Sopir Bus antar Provinsi Termasuk Musafir?

Beberapa deret kasus lain tersirat dalam buku Hak dan perlindungan Anak Dalam Islam. Tak sedikit anak yang kehilangan figur ayah sedari kecil. Sehingga, ia terpaksa membantu menjadi tulang punggung keluarga.

Selanujtnya kasus orang tua yang enggan menyekolahkan anaknya hingga anak yang putus sekolah di tengah-tengah. Padahal dengan hilangnya hak pendidikan anak, hilang pula kesempatan mereka untuk mewujudkan generasi bermutu dan menaikkan kualitas sosialnya.

Mengutip dari kompasiana.com bahwa urbanisasi juga merupakan hal yang mendasari adanya ketimpangan dan keterbelakangan sosial. Minimnya pertimbangan masyarakat yang berpindah ke kota menimbulkan masifnya persaingan pekerjaan dan angka pengangguran.

Islam Menyikapi Hal ini

Firman Allah swt dalam  surat Albaqarah ayat 286 menyebut tidak akan membebani hambanya melebihi kapasitas hamba tersebut. Dalam pembebanan kewajiban ibadah pun Allah mengharuskannya pada hamba yang mukallaf. Yakni muslim yang telah baligh dan berakal sehat.

Begitu pula nabi Muhammad saw yang sangat lemah lembut, menyayangi dan memuliakan anak kecil. Hal ini tercermin dalam  tiap tindak laku beliau. Salah satunya senang sekali memangku cucunya Hasan bin Ali di pahanya sambil mendoakannya.

Dalam kitab Al-Birr, riwayat Imam  at-Tirmidzi menyebutkan sabda rasulullah saw:

ليس منا من لم يرحم صغيرنا

“ Bukanlah golongan kami siapapun yang tidak menyayangi anak kecil”.

Islam memandang tahap pengasuhan anak adalah hal yang sangat krusial. Dalam AlQuran pun banyak ayat yang mengulas tentang fase kehidupan anak. Semuanya memiliki tujuan agar anak tumbuh menjadi manusia yang berdampak baik dalam ketaatannya beragama maupun kontribusinya bagi dunia.

Islam juga mengecam keras segala bentuk kekerasan dan kedzaliman. Terutama bagi seorang anak yang menjadi titik awal perkembangan manusia. Adapun diperbolehkan jika memberikan pekerjaan sederhana untuk melatihnya hingga bermanfaat baginya. Asal tidak ada hak anak yang terenggut dan  kekerasan yang sampai padanya. Hal ini selaras juga dengan tujuan syariat islam (Maqaasid Asy-syari’ah), yakni Hifdz An-Nafs (menjaga jiwa) dan Hifdz An-Nasl (menjaga keturunan).

Baca Juga:  Urgensi Pendidikan Seksual Sejak Dini

Pada dasarnya, tindakan memperkerjakan anak dalam usia, kemampuan maupun bentuk pekerjaan apapun yang belum selayaknya untuknya adalah perbuatan buruk bahkan zalim. Karena tidak menempatkan hal pada yang semestinya. Hal tersebut akan mempengaruhi perkembangan sosial, fisik, hingga emosi anak bagi masa depannya.

Namun jika hal tersebut sangat tidak bisa dihindari karena banyak faktor untuk bertahan hidup, sebisa mungkin mengacu pada peraturan pemerintah dan norma yang ada. Yakni anak tetap mendapat hak masa kecil mereka, pendidikan, serta lingkungan hidup yang layak baginya.

 

Rekomendasi

baik pada perempuan islam baik pada perempuan islam

Pandangan Islam Tentang Perempuan yang Bekerja di Ruang Publik

Ditulis oleh

Mahasiwi Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Mahasantriwati Pesantren Luhur Sabilussalam.

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Retno Marsudi: Diplomat Handal dengan Segudang Prestasi

Diari

Cara mendidik anak Nabi Ibrahim Cara mendidik anak Nabi Ibrahim

Teladan Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga

Khazanah

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid? Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Kajian

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

Tafsir Surah al-Ahzab Ayat 21: Rasulullah Teladan Bagi Manusia

Khazanah

Etika Mengadakan Acara di dalam Masjid

Kajian

Ummu Sulaim Ummu Sulaim

Ibu Sempurna dalam Pandangan Masyarakat

Diari

Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya

Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya

Keluarga

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect