Ikuti Kami

Muslimah Talk

Mona Haedari: Korban Pernikahan Anak dan KDRT

mona haedari pernikahan anak kdrt

BincangMuslimah.Com – Republik Iran pada awal Februari lalu digemparkan oleh sebuah peristiwa laki-laki yang berkeliling kota Ahwaz sambil menenteng penggalan kepala seorang perempuan. Ialah Sajjad yang memenggal kepala istrinya, Mona Haedari yang menjadi korban pernikahan anak dan KDRT.

Pernikahan anak di negeri Iran, dikutip dari laman rferfl.org bahwa pada tahun 2020, pernikahan yang mellibatkan anak usia 10-14 tahun meningkat dibandingkan pada tahun 2019. Iran sendiri melegalkan pernikahan pada anak yang minimal masuk usia 13 untuk perempuan dan 15 untuk laki-laki. Beberapa aktivis HAM sudah menyampaikan kritik dan protes tentang kebijakan ini.

Dari laman BBC, diberitakan bahwa saat itu usianya sudah menginjak 17 tahun dan telah memiliki anak berusia 3 tahun bersama suaminya itu, Sajjad. Semasa usia pernikahan, Mona kerap mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari suaminya. Ia sudah berusaha mencari pembelaan dari keluarganya, tapi tak ada tindakan apapun selain memintanya untuk tetap bertahan dan sabar.

Pada usianya yang masih belia, akhirnya ia mencari perlindungan lain di media sosial dan bertemu dengan seorang laki-laki yang berasal dari Turki. Tapi ternyata, laki-laki tersebut adalah seorang pemeras dan penipu. Mona diminta untuk menghubungi keluarganya untuk meminta sejumlah uang dan diancam akan dibunuh. Orang tuanya pun menebus Mona dan membawanya pulang ke Kota Ahwasz, Iran.

Berharap mendapat perlindungan dan suaminya bisa sadar tentang alasan Mona yang kabur dari rumah, Sajjad justru membunuh Mona karena terbakar api cemburu. Dibantu oleh kerabatnya, Sajjad membunuh Mona dan memenggal kepalanya. Lebih gilanya lagi, Sajjad dengan percaya diri berkeliling kota sambil membawa penggalan kepala istrinya sendiri.

Pernikahan Anak

Islam memang tidak membatasi usia pernikahan secara tekstual. Beberapa ulama mazhab juga berbeda pendapat tentang batas minimal usia pernikahan. Dalam buku “Perempuan, Islam, dan Negara” karya Buya Husein, disebutkan bahwa Imam Syafi’i menyebutkan usia minimal bagi perempuan adalah 15 tahun. Sedangkan Imam Abu Hanifah mengatakan 17 tahun, sementara Ibnu Syubrumah berpendapat 18 tahun.

Baca Juga:  Penerapan UU TPKS Perlu Sampai ke Pesantren

Beberapa negara mayoritas muslim memiliki peraturan yang berbeda dalam Undang-Undang Perkawinan. Terlepas dari perbedaan peraturan dan batasan minimal usia pernikahan, hal yang harusnya menjadi nilai utama dalam usia perkawinan adalah kemaslahatan umum.

Pernikahan yang dilakukan oleh anak-anak di bawah usia 15 tahun ternyata tidak menunjukkan kemaslahatan dalam beberapa aspek, seperti pendidikan, kecakapan bertindak, dan kemampuan fisik. Aspek-aspek ini harus diperhatikan.

Maka kemaslahatan bersama (maslahah ‘ammah) menjadi tujuan paling utama dalam menentukan usia pernikahan, bukan hanya untuk perempuan tapi juga laki-laki. Adapun ketetapan yang ditentukan oleh negara tidak memunculkan kontroversi. Sebagaimana kaedah fikih yang menyatakan, “Hukm al-hakim ilzam wa Yarfa’ al-Khilaf”, keputusan pemerintah atau pengadilan adalah mengikat dan menuntaskan kontroversi.

Islam Melarang Kekerasan dalam Rumah Tangga

Ada beberapa ayat yang menjadi legitimasi bagi laki-laki atau ulama untuk membenarkan tindakan kekerasan pada istri. Ayat tersebut adalah surat an-Nisa ayat 34:

Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya.

Buya Husein, dalam buku “Islam Agama Ramah Perempuan” melakukan pendekatan sosial pada ayat ini dengan melihat kondisi masyarakat Arab pada masa itu. Ayat ini hendak menceritakan pada masa itu, laki-laki dilebihkan atas kesempatan dan kemampuannya untuk memberikan nafkah. Pada ayat yang sama, perintah memukul menjadi pilihan paling terakhir saat istri tidak setia. Ayat ini, menurut Buya Husein mengajarkan rekonsiliasi sebagai solusi pertama dalam permasalahan rumah tangga.

Maka Alquran hendak mengajarkan kepada kita bahwa kekerasan fisik dan verbal tidak menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga. Pemahaman ayat harus dilakukan dengan pendekatan yang kontekstual dan sosio-kultural hingga memahami ayat secara utuh. Wallahu a’lam.

Rekomendasi

Hannan Lahham: Mufassir Perempuan Ayat Kekerasan

terjebak toxic relationship terjebak toxic relationship

Hindari Toxic Relationship, Agama Tak Larang

Tips Menjadi Istri Salihah Tips Menjadi Istri Salihah

Tiga Tips Menjadi Istri Salihah dalam Islam

Rasulullah pekerjaan rumah tangga Rasulullah pekerjaan rumah tangga

Rasulullah Juga Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect