Ikuti Kami

Muslimah Talk

Fenomena Keagamaan Anak Muda yang Mengarah pada Ekstrimisme

anak muda mengarah ekstrimisme
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Dewasa ini, kehidupan dipenuhi dengan perkembangan yang serba cepat dan kadang cenderung instan. Pengaruh pergaulan pun tak jarang mempengaruhi pola pikir sampai pola hidup sebagian manusia, termasuk di antaranya anak muda. Anak muda memiliki gejolak dan semangat yang cenderung tinggi sehingga, anak muda rela melakukan apapun demi menyelesaikan misi yang dia harapkan.

Gejolak semangat seperti ini bisa berarti positif dan bisa jadi negatif, jika tidak diimbangi dengan pembelajaran dan kekritisan yang baik. Karena sifat menggebu-gebu itu menimbulkan pada effort yang besar dalam menggapai hal yang diinginkan dan jika hal ini tidak terkontrol maka akan berdampak buruk pada kelangsungan hidupnya. Termasuk pada kehidupan keagamaan anak muda yang bisa mengarah pada Islam garis keras atau ekstrimisme.

Salah satu di antara hal yang dikhawatirkan dari dampak atas ketidakstabilan pola pikir adalah mengenai pemahaman tentang agama (baca: agama Islam). Pembelajaran agama Islam membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan juga guru yang tepat. Mengapa? Karena agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad yang turun di daerah Arab, sehingga literatur untuk memahami agama Islam-pun rata-rata berbahasa Arab, termasuk Al-Quran yang merupakan pedoman umat Islam juga berbahasa Arab. Dengan demikian, perlu banyak disiplin ilmu yang harus dikuasai agar tidak salah memahami maksud Tuhan melalui literasi-literasi yang ada. Mulai dari kaidah bahasa, tafsir, ushul fiqh, dan lain sebagainya.

Untuk itu, dalam memahami agama tidak bisa dengan waktu yang singkat dalam artian memahami agama tidak bisa dengan cara yang instan. Dampaknya sangat besar, misalnya salah penafsiran dan salah membaca kondisi atau merelevansikan antara hukum dan fakta yang sedang terjadi. Hal ini bisa terjadi pada seseorang yang baru saja mengenal agama namun dengan literasi yang kurang tepat, salah satu dampaknya yakni adanya aksi-aksi kekerasan seperti terorisme dan pengeboman yang mengatasnamakan agama, di sisi lain muncul banyak narasi dan literasi yang menyudutkan pihak yang tidak sepaham dengannya. 

Baca Juga:  Serial "Suara Hati Istri" yang Penuh Nilai Patriarki

Salah satu contohnya yakni, mengenai tindakan bom bunuh diri yang menyasar banyak tempat beberapa di antaranya adalah rumah ibadah dan kantor kepolisian. Ironinya, pelakunya terdiri dari anak muda bahkan mahasiswa. Dari beberapa sumber terkait, anak muda yang melakukan aksi tersebut tergabung dalam salah satu organisasi masyarakat (ormas). Hasil pembelajaran yang terbentuk dari keikutsertaan terhadap ormas itu akhirnya membudaya sebagai sebuah nalar, sebagaimana nalar menurut Muhammad Abed Al-Jabiri yakni budaya yang terbentuk dari Masyarakat. Kemudian, nalar yang terbentuk akibat keikutsertaan itu merajai seluruh pola hidupnya. Termasuk di antaranya adalah nalar kekerasan yang mengantarkannya pada jalan-jalan yang tidak manusiawi.

Masalahnya, agama dijadikan sebagai sarana aksi kekerasan. Padahal sebagaimana yang kita ketahui bahwa agama Islam merupakan rahmatan lil alamin, atau rahmat bagi seluruh alam, bukan sesuatu hal yang menakutkan apalagi sumber kekerasan. Agama yang diajarkan oleh nabi adalah pesan cinta dan damai untuk manusia. sehingga dengan ini agama menjadi jalan berpulang dan penenang jiwa. Agama, baik bagi seseorang yang menjalankannya maupun yang menyaksikan seharusnya menjadi penenang dan pembawa rahmat (kasih sayang) bukan justru sebagai pengancam apalagi sampai menimbulkan ketakutan.

Islam sebagai ajaran ilahiah mengajarkan kedamaian amar ma’ruf nahi munkar (memerintahkan kebaikan dan mencegah kekerasan) berubah wajah karena bercampur dengan pemahaman manusia yang ditransformasikan ke dalam organisasi, individu, lembaga atau aliran. Anak muda, sebagai individu dengan semangat beragama yang tinggi akan mudah dipengaruhi apalagi jika landasan keilmuan dan spiritualnya tidak berdiri dengan kokoh.  Aksi-aksi ini banyak menyasar anak muda atau seseorang yang baru saja mendalami agama (baca:hijrah), di samping pengetahuan yang mudah dipengaruhi, nalar-nya-pun sudah dikuasai oleh budaya yang berada disekitarnya, alhasil dia mengejawantahkan nalar-nya itu pada aksi-aksi yang nyata. 

Baca Juga:  Berbincang dengan Salah Satu Eks HTI di KUPI II, Bu Sulis: Ekonomi Menjadi Salah Satu Faktornya

Doktrinasi, justifikasi sampai kekerasan akhirnya menjadi kepribadian yang sulit untuk diubahnya kembali. Dengan demikian, anak muda seharusnya dipupuk oleh nalar kritis yang baik, di sisi lain, tauladan dan dukungan orang terdekat juga mempengaruhi segala tindak tanduk seseorang. Apalagi menghadapi perkembangan dan sosial media yang sudah menjadi lifestyle anak muda saat ini. Sehingga fenomena keagamaan anak muda yang mengarah pada ekstrimisme bisa terus-menerus berkurang.

*Artikel ini ditulis oleh Iqromah dari Puan Menulis

Rekomendasi

Berbakti kepada Orangtua Jihad Berbakti kepada Orangtua Jihad

Gus Baha: Berbakti kepada Orangtua Itu Jihad

Berdoa, Cara Muslim Menyikapi Konflik Palestina-Israel Berdoa, Cara Muslim Menyikapi Konflik Palestina-Israel

Berdoa, Cara Muslim Menyikapi Konflik Palestina-Israel

Imam Syafi'i Mencari Ilmu Imam Syafi'i Mencari Ilmu

Perjalanan Jihad Imam Syafi’i Mencari Ilmu

Kebijakan Rasulullah Ramah Perempuan Kebijakan Rasulullah Ramah Perempuan

Apakah Jihad Perempuan Hanya di Dalam Rumah?

Ditulis oleh

Redaksi bincangmuslimah.com

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect