Ikuti Kami

Muslimah Talk

Dian Pelangi, Jadikan Fashion Muslimah Sebagai Mode Dunia

https://behijab.com/blog/ide-ide-gaya-hijab-bak-princess-ala-desainer-dian-pelangi-2/

BincangMusimah.Com – Agnes Monica pernah membuat lagu berjudul Muda (Le O Le O). Liriknya mengandung pesan tentang sebuah mimpi, ambisi, keinginan dalam hidup yang tumbuh dalam diri seseorang sejak kecil hingga ia tumbuh dewasa. Mimpi atau ambisi itu digenggam erat tanpa mempedulikan pendapat orang lain, disertai tetap fokus dan berusaha sebaik mungkin. Melalui semangat dan fokus tersebut, seseorang bisa sukses dalam mencapai cita-citanya.

Semangat dalam lirik lagu Agnez Mo terjadi dalam dunia nyata, tepatnya dalam kehidupan seorang designer fashion muda bernama Dian Wahyu Utami atau biasa dikenal dengan Dian Pelangi. Ia lahir di Kota Palembang, tepatnya pada tanggal 14 Januari 1991. Ia memulai pendidikan di TK Ikal Dolog dan melanjutkan ke MI 2 di Kota Palembang. Ia lalu melanjutkan pendidikan di SMP Insan Kamil dan Pondok Pesantren Al-Ihya Bogor.

Tekadnya menjadi fashion designer ternama sudah bulat sejak ia lulus dari Sekolah Menengah Pertama. Dian lalu melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan mengambil jurusan tata-busana. Lima belas tahun kemudian, namanya menjelma menjadi brand terkenal, hingga diakui level internasional.

Rancangan busana muslim yang pernah didesainnya menjadi trend banyak kalangan. Rancangan-rancangan busananya membuat ia bisa melanjutkan sekolah di École supérieure des arts et techniques de la mode (ESMOD) dan lulus pada tahun 2008 dengan mendapatkan nilai yang tinggi.

Tepat pada tahun 2009, Dian memilih untuk bergabung dengan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan menjadi anggota termuda pada saat itu. Selain itu, di pertengahan tahun 2009, Dian berhasil mengikuti fashion show di Australia. Pada tahun-tahun berikutnya, nama Dian Pelangi pun semakin menanjak dan dikenal banyak orang.

Baca Juga:  Pemaksaan Aborsi dalam Pandangan Islam

Dian membangun bisnis bersama oleh kedua orangtuanya yakni Djamaloedin Sindon dan Hernani Mansyur. Djamaloedin bercerita bahwa bisnisnya dengan brand Dian Pelangi telah berdiri selama 27 tahun. Perusahaan tersebut dibangun saat Dian lahir, lalu diteruskan oleh putrinya tersebut.

Ada beberapa tips kesuksesan yang telah diterapkannya selama 27 tahun saat membangun bisnis keluarga. Paling utama baginya adalah menjaga kepercayaan orang lain yang merupakan hal penting dalam dunia bisnis. Kepercayaan yang dibangun tak hanya di dalam tim usaha tapi juga dilakukan saat bertransaksi dengan para klien.

Pada masa-masa itu, usaha Dian Pelangi adalah pemain satu-satunya yang berani memberikan garansi kepada pembeli apabila kainnya luntur bisa ditukar. Usaha ini memiliki berbagai ramuan dengan tingkatan berbeda-beda untuk membuat kainnya agar tidak luntur. Selain itu, melaksanakan inovasi adalah kunci utama agar usaha bisa sustainable dalam menghadapi perkembangan zaman dan persaingan bisnis yang semakin ketat.

Pada tahun 2010, Dian merancang desain busana dan karyanya dilirik oleh Kementrian Pariwisata. Karya tersebut kemudian dipamerkan dalam ajang internasional yang digelar di Harrods, London. Karena karyanya yang sangat hebat ini, ia diwawancarai oleh media berita yang paling terkenal dan terbesar di Dunia yaitu CNN. Berkat wawancara ini, namanya semakin dikenal banyak orang dan tidak hanya di Indonesia saja, tapi juga dalam level internasional.

Karir Dian semakin berkembang saat membuat buku berjudul Hijab Street Style. Isi buku tersebut adalah foto street style para perempuan muslimah yang dipotret di berbagai belahan dunia yang pernah ia kunjungi. Buku ini menjadi best seller hingga ke mancanegara. Pada tahun 2011, Dian diundang ke Paris tepatnya di Le Bourget dalam rangka mengikuti kontes yang bernama The International Fair of Muslim World.

Baca Juga:  Child Grooming Mengintai di Sosial Media; Orangtua Harus Ambil Peran

Pada tahun 2014, karya desain Dian berhasil di pamerkan dalam New York Fashion Week di Amerika Serikat yang berlangsung di The Crowne Plaza Times Square Manhattan. Selain sukses dalam dunia fashion, ia juga ahli dalam berbisnis. Saat itu, ia mengembangkan bisnisnya dan berhasil masuk dalam tujuh besar pengusaha muda yang paling sukses di Indonesia.

Semasa muda, Dian membentuk ambisinya menjadi designer fashion dunia. Ia mewujudkannya dengan tetap fokus dan bekerja keras. Ambisi dalam balutan mimpi yang dipeliharanya berubah menjadi mimpi. Tidak instan, tapi butuh perjuangan yang tidak mudah. Ambisinya berubah menjadi pelangi.[]

Rekomendasi

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Zakiah Daradjat Ulama Perempuan Zakiah Daradjat Ulama Perempuan

Zakiah Daradjat: Ulama Perempuan Pelopor Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum

Khazanah

keutamaan haji hadis rasulullah keutamaan haji hadis rasulullah

Tujuh Keutamaan Ibadah Haji dalam Hadis Rasulullah

Kajian

sikap rasulullah penderita kusta sikap rasulullah penderita kusta

Marak Diskriminasi pada ODHA, Tiru Sikap Rasulullah terhadap Penderita Kusta

Khazanah

keistimewaan umat nabi muhammad keistimewaan umat nabi muhammad

Delapan Keistimewaan Umat Nabi Muhammad

Kajian

Mencintai Saudara Sesama Muslim Mencintai Saudara Sesama Muslim

Pelajaran dari Kaum Anshar: Mencintai Saudara Sesama Muslim

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Trending

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tafsir Al-Baqarah 187: Kiat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga menurut Islam

Kajian

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Yoga gerakan ibadah hindu Yoga gerakan ibadah hindu

Yoga Dianggap Menyerupai Gerakan Ibadah Hindu, Haramkah Menurut Islam?

Kajian

malaikat melaknat istri menolak malaikat melaknat istri menolak

Benarkah Malaikat Melaknat Istri yang Menolak Ajakan Suami untuk Berhubungan Badan?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

alasan fatimah julukan az-zahra alasan fatimah julukan az-zahra

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Connect