Ikuti Kami

Muslimah Talk

Empat Perempuan Muslimah Pemimpin Startup di Indonesia

muslimah pemimpin startup

BincangMuslimah.Com – Beberapa tahun terakhir industri strarup di Indonesia sangat berkembang, tak hanya kaum pria, para perempuan pun mengambil peluang tersebut. Beberapa di antara mereka berhasil menjadi pemimpin startup dengan omset ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

Jadi, kata siapa perempuan hanya bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik untuk keluarganya? Zaman emansipasi kini sudah tidak dikenal lagi dalam dunia profesional. Perempuan muslimah sekarang banyak yang sudah membuktikan bahwa dirinya mampu bersaing dan memimpin dalam startup di Indonesia. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan Accenture Indonesia, perusahaan global management consulting, servis teknologi, dan outsourcing menyatakan bahwa jumlah CEO perempuan di Indonesia tahun 2030 akan meningkat pesat.

Hal tersebut tentunya menunjukkan perempuan muslimah memiliki peluang yang sangat besar jika memiliki keinginan yang besar untuk sukses dan professional. Sebagai contoh, inilah lima perempuan muslimah yang telah berhasil menjadi pemimpin startup keren di Indonesia.

1. Aulia Halimatussadiah  adalah technopreneur muda dengan kiprah menjanjikan. Berbekal teknologi dan mimpi, ia menciptakan berbagai usaha sukses. Salah satunya, nulisbuku.com, kanal self-publishing pertama di Indonesia. Dengan website ini, perempuan yang juga dikenal dengan nama Ollie ini mampu mewujudkan mimpi para penulis amatir untuk menerbitkan buku.

Muslimah lulusan IT dari Gunadarma Jakarta ini percaya bahwa teknologi bisa menjadi katalis baginya untuk maju, sehingga ketika tertarik dengan bisnis, ia gabungkan antara minat dan pengetahuan. Dalam setahun bisa menerbitkan 1.000-an buku dari penulis dengan berbagai usia. Yang termuda berumur 15 tahun dan masih duduk di kelas 3 SMP, sementara yang peling tua berumur 72 tahun. Sampai saat ini, Nulisbuku.com juga sudah mengadakan banyak kegiatan, salah satunya 99 Writers in 9 Days. Selain event tadi, ia juga punya acara reguler yaitu Klub Menulis.

Baca Juga:  Istri, Pilih Karir atau Keluarga?

2. Diajeng Lestari, berhasil menghadirkan hijup.com sebagai sebuah platform online mall pada tahun 2011. Konsep Hijup adalah sebuah online mall yang mewadahi desainer-desainer fashion muslim di Indonesia. Situs ini juga menyasar para perempuan muslimah yang ingin berbelanja. Berangkat dari konsep tersebut, Ajeng yang aktif dalam komunitas muslimah, mulai mengajak para desainer yang juga aktif di komunitas muslimah.

Ajeng bukan hanya ingin menawarkan produk-produk fashion muslimah. Dia juga mengembangkan usaha masyarakat Indonesia yang menggeluti fashion bagi para perempuan muslimah. Dalam prosesnya, Ajeng ingin menunjukkan budaya Indonesia melalui pakaian muslim. Misalnya dengan pemilihan kain batik, tenun serta corak khas daerah. Dengan begitu, Indonesia memiliki sesuatu yang bisa dibanggakan serta menjadi kiblat fashion muslim dunia.

3. Hani Ambadar, Perempuan yang biasa dipanggil Hani ini memiliki obsesi dan passion tinggi terhadap beauty products. Obsesi dan passionnya itu akhirnya melahirkan sebuah media dan beauty platform bernama Female Daily Network. Media yang memiliki komunitas dan forum yang memungkinkan anggota terdaftar untuk menulis ulasan sebuah produk dan berpartisipasi di forum diskusi.

Female Daily memiliki pandangan unik bagi perempuan yang aktif di dunia online. Ini membantu Hanifa menjaring klien iklan dan juga membuat dirinya menjadi konsultan yang banyak dicari. Bagi Hani memimpin beauty paltform tidak ada tantangan khusus. Tapi sebagai pebisnis yang juga mengurus anak dan rumah tangga tentu ada tantangannya tersendiri. Karena itu, sebisa mungkin ia harus belajar cermat membuat prioritas antara yang satu dengan lainnya.

4. Nabil Alsogoff, muslimah yang sukses berkecimpung di ladang industri informasi. Di bawah komandonya, Doku, penyedia pembayaran daring (dalam jaringan/online) yang bernaung di bawah PT Nusa Satu Inti Artha melejit hingga menjadi yang terbesar di industrinya. Doku bergerak di jasa payment processing, B2B, consumer, e-money dan remitance, dengan tiga produk utama: Doku Wallet, MyShortCart, serta sistem transaksi terintegrasi yang kompleks untuk perusahaan. Untuk menunjang bisnisnya, Doku berhasil bekerja sama dengan berbagai penyedia layanan keuangan seperti Visa, Mastercard, Mandiri, e-pay dan BRI.

Baca Juga:  Semangat Belajar ala Sayyidah Aisyah

Pertumbuhan pembayaran daring mulai cerah pada 2010 ketika industri e-commerce merangkak naik. Sejak itu pula, layanan Doku terus berkembang. Yang terbaru adalah e-money yang izin resminya telah digenggam Doku. Menurut Nabilah, Less cash society movement adalah pemicu berkembangnya industri ini. Dan berkat kegigihan dia bersama timnya, saat ini Doku sudah menggaet 24 ribu merchant, dan terkoneksi dengan 23 bank. Sejumlah perusahaan kakap pun menjadi klien Doku.

Inilah lima musimah pemimpin startup di Indonesia yang telah berhasil menjalankan bisnis startup yang keren. Bagaimana dengan anda, apakah tertarik terjun dalam industri startup?

Rekomendasi

muslim bekerja non muslim muslim bekerja non muslim

Hukum Muslim Bekerja di Perusahaan Non Muslim

Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

3 Komentar

3 Comments

  1. Pingback: Empat Perempuan Muslimah ini Sukses Memimpin Bisnis Startup di Indonesia - Bincang Syariah

  2. Pingback: Empat Perempuan Muslimah ini Sukses Memimpin Bisnis Startup di Indonesia | Alhamdulillah Ya Mughni Shollu Alan Nabi – Alhamdulillah

  3. Pingback: Empat Perempuan Muslimah Pemimpin Startup di Indonesia | Alhamdulillah Shollu Alan Nabi #JumatBerkah - Ajeng .Net

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect