Ikuti Kami

Muslimah Talk

Clash of Champions: Perempuan Berdaya di Panggung Apapun 

Clash of Champions
foto: ruangguru

BincangMuslimah.com – Belakangan ini, publik dimanjakan dengan acara kompetisi Clash of Champions (Coc) yang diadakan oleh Ruangguru. Variety show yang terinspirasi dari University War ini merangkul kecerdasan anak-anak bangsa yang sedang menempuh pendidikan sarjana di berbagai belahan dunia dengan konsep cerdas cermat.

Dalam kompetisi tersebut, penonton menyoroti kecerdasan peserta perempuan yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit yang diajukan. Di antaranya Xaviera Putri, mahasiswi jurusan Computer Science dan Business Technology Management di Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) Korea Selatan dan Shakira Amirah mahasiswi Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia. 

Kehadiran mereka membuktikan bahwa perempuan memiliki kapabilitas dan potensi yang besar di panggung apapun. Perempuan mampu bersaing secara intelektual dan menjawab tantangan dengan kemampuan analitis yang tajam dan akurat.

Perempuan dan Kemampuan Berpikir Kritis 

Persepsi yang menyatakan bahwa perempuan tidak dapat berpikir logis bukanlah hal yang baru didengar. Bias ini diikuti dengan keyakinan bahwa perempuan lebih banyak dipengaruhi oleh emosi dan kurang menggunakan akal. 

Namun, kompetisi ini berhasil membantah stigma tersebut. Peserta perempuan Class of Champions membuktikan bahwa perempuan memiliki kemampuan berpikir yang unggul, mereka memiliki potensi yang besar. 

Tidak hanya itu, perempuan juga mampu mengambil keputusan dengan cermat dan bijaksana. Mereka dapat dengan cepat menganalisis situasi, mempertimbangkan berbagai perspektif, dan merumuskan solusi yang efektif.

Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan memecahkan tantangan-tantangan kompleks di era modern ini.

Hal ini juga sejalan dengan ajaran agama Islam. Allah Swt. mendorong setiap umatnya, tanpa kecuali untuk menjadi individu yang cerdas dan kritis. Perintah ini disampaikan melalui wahyu pertama-Nya, dalam QS. al-Alaq [96]: 1 yang artinya “Bacalah”. 

Baca Juga:  Komnas Perempuan: Regulasi Busana Berdasar Ajaran Salah Satu Agama di Lingkungan Pendidikan

Allah memerintahkan setiap hambanya untuk membaca, karena dengan membaca seseorang meningkatkan kapasitas keilmuannya. Tentunya bukan membaca secara translasi semata, melainkan membaca yang mencakup seluruh kemampuan berpikir kritis, eksploratif, dan bertanggung jawab.

Harus dipahami bahwa ayat ini ditujukan bagi setiap hamba-Nya, termasuk perempuan. Perempuan harus menjadi individu yang berilmu, berdaya, dan kelak dapat turut serta memberdayakan orang lain. 

Perempuan sebagai Penggerak Perubahan

Keberhasilan peserta perempuan dalam kompetisi ini dapat menjadi motivasi bagi generasi muda, terutama perempuan, untuk terus mengembangkan potensi mereka. Mereka juga dapat berkontribusi secara aktif dalam berbagai bidang. Hal ini dapat mendorong peningkatan representasi perempuan di berbagai sektor, seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Sebagai penggerak perubahan, perempuan dapat membawa perspektif yang unik dan berharga dalam merumuskan solusi untuk tantangan-tantangan yang dihadapi masyarakat.  Dengan kemampuan berpikir kritis, kepedulian sosial, dan kreativitas yang dimiliki, perempuan dapat menjadi katalisator bagi transformasi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Dengan kesempatan yang adil dan dukungan yang memadai, perempuan memiliki potensi besar untuk memimpin perubahan dan memengaruhi kebijakan-kebijakan yang berdampak pada kehidupan masyarakat. 

Class of Champions bukan hanya sekedar acara, melainkan juga contoh nyata bagaimana perempuan dapat memberikan inspirasi dan mendorong perubahan yang lebih baik. 

Rekomendasi

Ditulis oleh

Tertarik pada isu Perempuan dan Inklusi. Berprofesi sebagai pengajar ilmu agama di Cianjur. Aktif dalam berbagai komunitas yang fokus pada isu perempuan

2 Komentar

2 Comments

Komentari

Terbaru

Retno Marsudi: Diplomat Handal dengan Segudang Prestasi

Diari

Cara mendidik anak Nabi Ibrahim Cara mendidik anak Nabi Ibrahim

Teladan Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga

Khazanah

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid? Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Bolehkah Perempuan Haid Membaca Maulid?

Kajian

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

Tafsir Surah al-Ahzab Ayat 21: Rasulullah Teladan Bagi Manusia

Khazanah

Etika Mengadakan Acara di dalam Masjid

Kajian

Ummu Sulaim Ummu Sulaim

Ibu Sempurna dalam Pandangan Masyarakat

Diari

Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya

Kisah Nabi Muhammad Bergurau Dengan Istrinya

Keluarga

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect