Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Nyeri Saat Datang Bulan? Lakukan Empat Hal Sederhana untuk Mengatasinya

BincangMuslimah.Com – Masalah nyeri pada saat haid umumnya terjadi pada sebagian perempuan, terkhusus wanita dewasa muda. Begitu rasa nyeri itu datang, rasanya sungguh menyiksa, bahkan banyak yang absen kerja ataupun tak masuk sekolah karenanya. Meskipun hal ini terjadi hampir setiap bulan, namun tetap saja belum banyak yang bisa mengatasi nyeri haid sampai tuntas.

Nyeri saat haid umumnya dirasakan sebagian wanita pada awal masa menstruasi.  Pada beberapa wanita, rasa sakit di perut bagian bawah ini tidak begitu terasa hingga mereka tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Namun, sebagian lain merasakan nyeri yang tidak tertahankan hingga tidak mampu melakukan apa pun. Sepanjang waktu, terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim yang umumnya tidak terasa.

Namun pada masa menstruasi, kontraksi ini menjadi makin kencang sebagai bagian dari peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutuskan suplai darah dan oksigen ke rahim. Ketiadaan oksigen inilah yang menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Rasa nyeri semakin buruk karena tubuh juga mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu otot rahim terus berkontraksi lebih banyak. Prostaglandin adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh wanita dan dapat menyebabkan banyak gejala yang berhubungan dengan ketidaknyamanan saat menstruasi. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai nyeri.  Di bawah ini adalah empat tips mengatasi rasa nyeri saat haid.

Pertama, minum air hangat. Saat sedang haid, tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan daripada biasanya sehingga hal ini perlu diseimbangkan dengan mengonsumsi cukup air putih. Untuk memberikan rasa yang lebih nyaman lagi pada bagian perut yang nyeri, sebaiknya konsumsi air hangat.

Kedua, konsumsi buah nanas. Nanas merupakan sumber terbaik manganese. Sebuah studi membuktikan bahwa perempuan dengan intake manganese yang rendah berkemungkinan besar mengalami mood wings, nyeri payudara, dan kram premenstruasi. Kandungan air yang tinggi pada nanas (juga buah dan sayuran kaya air yang lain) dapat membantu mengatasi sebab terkait siklus bulanan karena kandungan air yang tinggi membantu mengeluarkan kelebihan cairan. Nanas yang manis menjadi pilihan makanan sehat jika ingin makan yang manis-manis yang seringkali meningkat pada saat akan haid

Ketiga, gerak aktif. Ketika mendapat serangan PMS, jangan lantas hanya berdiam diri. Lakukan olahraga ringan karena dapat meningkatkan kadar endorphin alamiah, memperbaiki sirkulasi dan mengeliminasi toksin lewat kulit ketika berkeringat.

Keempat, makan teratur dalam porsi kecil namun dilakukan sering. Biasanya PMS akan semakin parah apabila perut sedang kosong atau kelaparan. Jadi usahakan makan dengan teratur dan berhentilah sebelum kenyang sebagaimana hal ini juga pernah katakan Rasulullah dalam salah satu hadisnya.

Rekomendasi

Minum Obat Pencegah Haid agar Tetap Bisa Puasa, Sahkah Puasanya?

masa suci masa suci

Empat Tips Mencegah Nyeri Haid

Fiqih Perempuan: Bagaimana Cara Mandi Wajib yang Benar setelah Haid/ Menstruasi?

Fiqih Perempuan : Bagaimana Menentukan Batas Minimal-Maksimal Masa Haid dan Suci?

Silmi Adawiya
Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

Komentari

Komentari

Terbaru

perempuan dan tuhannya perempuan dan tuhannya

Karimah al-Marwariyah, Ulama Perempuan yang Enggan Menikah

Kajian

Sholihah Wahid Hasyim: Tokoh Perempuan yang Aktif di Bidang Politik  

Kajian

Tafsir QS. Yūnus [10] Ayat 99: Ajaran Al-Qur’an tentang Toleransi

Kajian

Hukum Iktikaf di Masjid Bagi Perempuan Hukum Iktikaf di Masjid Bagi Perempuan

Tujuh Pembagian Waktu Shalat saat Isya, Mana yang Paling Utama?

Ibadah

Mengenali Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Bagaimana Solusinya?

Kajian

perempuan khitan perempuan khitan

Melacak  Hadits Tentang Sunat Perempuan  

Kajian

Kisah Tukang Gali Kubur Menjadi Ulama Kisah Tukang Gali Kubur Menjadi Ulama

Kisah Tukang Gali Kubur Menjadi Ulama

Khazanah

Kisah Tiga Peneliti Tentang Sufi Perempuan  

Diari

Trending

Anak perhiasan dunia Anak perhiasan dunia

Parenting Islami: Mendidik Generasi Tauhid di Era Modern

Keluarga

Hukum Menginjak Makam Orang Muslim

Ibadah

Perbedaan Najis Ainiyah dan Najis Hukmiyah serta Cara Mensucikannya

Ibadah

krisis quarter life krisis quarter life

Perempuan Rentan Krisis Quarter Life: Kenali dan Hadapi

Diari

resolusi jihad resolusi jihad

Refleksi Hari Santri: Menghidupkan Semangat Resolusi Jihad di Masa Kini

Muslimah Daily

Pengertian Keluarga Sakinah dan Makna Perkawinan dalam Islam

Keluarga

Mengenal Tradisi Mulidan di Masyarakat Lombok

Kajian

17 Macam Mandi yang Disunnahkan dalam Islam

Ibadah

Connect