Ikuti Kami

Muslimah Daily

Cantik dalam Kacamata Islam

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Wajahmu kusam, pasti ndak perawatan

Kamu kok hitam, coba beli krim pemutih

BincangMuslimah.Com – Kalimat di atas mungkin tidaklah asing atau sering ‘mampir’ di telinga perempuan. Yang mengucapkannya bisa saja tak punya niat jahat. Beberapa orang bahkan hanya menjadikan jenis kalimat tersebut sebagai opening percakapan saat bertemu dengan seorang teman yang sudah lama tidak berjumpa. Sesederhana itu sebenarnya.

Namun tidak semua perempuan dapat menerima kalimat itu dengan legowo atau perasaan lapang. Sebagian perempuan ada yang merasa tertohok kemudian sedih, merasa rendah diri,  tertekan, hingga depresi. Ada pula yang kehilangan rasa percaya dirinya dan memutuskan untuk tidak melakukan apa-apa karena takut keluar rumah.

Lah kenapa? Kan berbicara seperti itu untuk kebaikan dia kok. Biar bisa mengubah diri lebih baik lagi. Memang apa masalahnya? Padahal, tanpa kita sadari kata-kata di atas merupakan salah satu bentuk perilaku body shaming.

Body shaming merupakan sebuah tindakan mengomentari tubuh. Entah itu pada diri sendiri mau pun orang lain dengan cara yang kurang menyenangkan. Body Shaming dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk bullying atau merisak dalam bentuk verbal. Secara psikologi, body shaming ini teramat memengaruhi mental korban.

Saat sekarang ini, umumnya orang-orang memandang jika kecantikan perempuan dilihat dari warna kulit yang putih, badan langsing, dan muka yang glowing nyaris tanpa pori-pori. Berbagai upaya pun dilakukan oleh kaum hawa untuk mengubah diri mereka sesuai dengan ‘standar kecantikan’ tersebut.

Tapi benarkah cantik harus putih, langsing, dan tinggi semampai? Dilansir dari Republik.co, seorang Psikolog Anak dan Remaja dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (UI), Vera Itabiliana Hadiwidjojo punya pandangan lain soal standar cantik ini.

Baca Juga:  Lakukan Lima Tips Sederhana Ini untuk Memiliki tubuh Langsing

Menurutnya, pemahaman cantik bagi perempuan terbentuk dalam waktu yang tidak sebentar. Konsep cantik yang berkembang di masyarakat adalah langsing dan tinggi. Konsep ini diperkuat pula oleh peran media. Contohnya saja dalam bentuk periklanan.

Lihat saja bagaimana media membingkai perempuan dalam setiap konten iklan. Krim pemutih dan pencerah pasti selalu dibintangi dengan aktris berkulit putih, langsing dan bertubuh semampai.

Begitu juga dengan film-film yang tayang di televisi. Tokoh utama digambarkan badan yang dianggap ideal. Sedangkan mereka yang berkulit gelap dan mempunyai bobot tubuh yang berisi seringkali menjadi ledekan atau guyonan.

Nyatanya, memang tidak ada yang bisa menentukan standar kecantikan. Tidak ada patokan baku mengenai kriteria cantik itu seperti apa. Warna kulit alami yang dimiliki tentu lebih baik. Ketimbang memaksakan diri untuk memutihkan kulit dengan segala cara tanpa memandang dampak yang lain yang disebabkan.

Selain itu ada pula  yang pergi ke salon, membeli baju-baju dengan merek terkenal dan perhiasan dengan tujuan dapat mempercantik diri. Tak tanggung-tanggung, ada pula yang melakukan operasi agar dapat menyesuaikan standar kecantikan tersebut.

Lantas bagaimana sosok perempuan cantik dalam kacamata Islam?

Dalam Islam, kecantikan tidak selalu soal fisik yang kasat nampak oleh mata. Warna kulit tertentu, berat badan, serta ukuran tubuh bukanlah menjadi garis utuh dan digenggam erat sebagai tolok ukur kecantikan seorang perempuan. Hal ini sesuai dengan Hadis Nabi yang tertulis dalam kitab shahih Muslim dan diriwayatkan oleh Abu Hurairah – Radhiyallahu’anhu – berkata: Rasulullah shallallahu a’alahi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada penampilan dan harta kalian, akan tetapi dia melihat kepada hati dan perbuatan kalian.” (HR. Muslim/al Birru wa Shilla /4651).

Baca Juga:  Tafsir QS An Nisa Ayat 59 : Perempuan Cantik Versi Islam

Allah sendiri juga berfirman di dalam Al-Quran jika tolok ukur dari keunggulan seseorang adalah ketakwaan. Ini tercantum di dalam Q.S Al-Hujarat ayat 13. “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Maha Mengenal.” (Q.S Al-Hujarat ayat 13).

Kesimpulannya adalah cantik dalam kacamata Islam tidak hanya mengutamakan kecantikan lahiriyah tapi juga secara bathiniyah. Kecantikan yang baik adalah menjaga dan merawat apa yang telah diberikan oleh Allah kepada kita sebagai muslimah. Tentu dengan ketakwaan dan keimanan agar dapat terbentengi dari perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect