Ikuti Kami

Khazanah

Menyambut Ramadhan dengan Tradisi Megengan: Sejarah dan Makna Simbolis

Menyambut Ramadhan Tradisi Megengan
Source: gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Dalam budaya Indonesia, menyambut bulan puasa Ramadhan seringkali diawali dengan tradisi-tradisi tertentu. Salah satu di antara aktivitas menyambut Ramadhan adalah tradisi megengan yang merupakan salah satu bagian dari kebiasaan masyarakat Jawa yang dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Biasanya tradisi ini dilaksanakan pada malam terakhir bulan Ruwah. 

Dari sisi etimologinya, kata “megengan” memiliki arti megeng yang maknanya menahan dan an mengandung arti proses yang dilakukan secara terus menerus. Hal tersebut bermakna peringatan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan. Yakni, bulan di mana kita diwajibkan untuk berpuasa, yaitu menahan untuk tidak melakukan segala perbuatan yang dapat menggugurkan ibadah puasa. 

Sedangkan kata “ruwah” diseraMenyambut Ramadhan dengan Tradisi Megenganp dari bahasa Arab yakni “arwah”, yang bermakna orang yang sudah meninggal. Jadi, isi acara dari tradisi megengan adalah selametan yang bertujuan untuk mengirimkan doa kepada leluhur yang sudah meninggal. Tradisi megengan sendiri mulai muncul pada masa Kerajaan Demak, kira-kira pada tahun 1500 M. 

Menurut Prof. Nur Syam, berbagai macam tradisi yang sering kali dilakukan oleh masyarakat Jawa, salah satunya adalah megengan, pada hakikatnya itu adalah penerimaan orang Jawa atas ajaran Islam yang sudah diyakini kebenarannya. 

Upacara megengan adalah hasil kreasi dari waliyullah, khususnya Sunan Kalijaga dalam proses penyebaran agama Islam pada orang Jawa. Masyarakat Jawa memiliki cita rasa ketuhanan yang khas, sehingga memerlukan cara-cara yang khusus dalam penyebaran Islamnya. Masyarakat Jawa yang menyukai olah batin, maka juga diperlukan lambang-lambang yang sesuai dengan dunia ritual dan olah rasanya. Di  sinilah peran penting para waliyullah dalam Islamisasi di Nusantara. 

Tata cara tradisi megengan biasanya dilakukan oleh umat muslim di masjid. Acara tersebut dilaksanakan setelah menunaikan salat isya’ dan diikuti oleh masyarakat umum. Pembacaan doa-doa dan tahlil dilakukan secara bersama-sama. Kemudian ditutup dengan pembagian makanan yang sebelumnya telah dibawa oleh mereka yang hadir pada acara tersebut.

Baca Juga:  Lima Nasihat Bijak dalam Kitab Taurat

Beberapa makna simbolis yang terkandung dalam tradisi megengan adalah;

Permohonan maaf sebelum memasuki bulan Ramadhan

Dalam acara tradisi megengan, biasanya disuguhkan sejenis kue yang dikenal dengan istilah apem. Kue apem adalah makanan tradisional yang kerap kali dihidangkan dalam acara-acara sakral, yakni acara tahlil atau mengirimkan doa kepada orang yang sudah meninggal.

Makna simbolik dari kue apem ialah karena penamaan kue tersebut berasal dari kata “ngafwan” atau “ngafwun” yang memiliki arti maaf atau permohonan maaf. Sehingga, dengan dihidangkannya kue apem dalam tradisi megengan merupakan simbol saling memohon maaf kepada sesame gar bersih dari dosa-dosa sebelum memasuki bulan puasa Ramadhan.

Mengikat kerukunan dengan saling berbagi kepada sesama

Setiap masyarakat yang ikut serta dalam tradisi megengan pasti membawa makanan dengan tujuan supaya makanan tersebut mendapatkan doa-doa, sehingga menjadi makanan berkat atau barakah. Ketika acara selametan selesai, makanan berkat tersebut dibagikan kembali kepada masyarakat. Ini merupakan simbol saling berbagi antar sesama untuk mengikat kerukunan warga masyarakat. 

Merawat dan melestarikan nilai-nilai ajaran Islam

Jika dipandang dari sudut dakwah, tradisi megengan merupakan cara untuk menyebarkan nilai-nilai ajaran Islam. Sebagaimana yang telah disinggung di atas, bahwa tradisi megengan merupakan hasil kreasi waliyullah untuk mengakulturasikan ajaran Islam dengan tradisi masyarakat setempat. Demikianlah uraian terkait tradisi megengan yang menjadi tradisi rutinan masyarakat Jawa dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Wallahu a’lam.[]

Referensi: (Lilik Setiawan, dkk, Fenomena Sosial Keagamaan Masyarakat Jawa dalam Kajian Sosiologi)

Fauzi Himma S, Makna Simbolik dalam Budaya “Megengan” Sebagai Tradisi penyambutan Bulan Ramadhan)

(Nur Syam, Megengan Sebagai Tradisi Persiapan Menuju Puasa)

 

Rekomendasi

meminjamkan harta wakaf orang meminjamkan harta wakaf orang

Hukum Menarik Kembali Uang Adat Perspektif Islam

hukum mapati mitoni islam hukum mapati mitoni islam

Hukum Tradisi “Mapati” dan “Mitoni” bagi Ibu Hamil dalam Islam

istri dinikahi nabi syawal istri dinikahi nabi syawal

Aksi Kawin Tangkap Terjadi Lagi di Sumba, Adat yang Harus Dihapuskan

wetu telu sasak lombok wetu telu sasak lombok

Filosofi Wetu Telu dalam Suku Sasak Lombok

Ditulis oleh

Alumni prodi Ilmu Alquran dan Tafsir UIN Sunan Ampel, Surabaya. Minat pada kajian Islam dan Alquran. Kini juga aktif sebagai penulis di tafsirquran.id.

Komentari

Komentari

Terbaru

yukabid perempuan nabi musa yukabid perempuan nabi musa

Yukabid, Sosok Perempuan di balik Kisah Nabi Musa

Khazanah

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Connect