Ikuti Kami

Khazanah

Bagaimana Sikap Kita Jika Orang Tua Beda Agama?

orang tua beda agama
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Sebagai salah satu negara yang sangat beragam, tidak mengherankan jika ada ditemukan dalam satu keluarga, berbeda agama. Salah bentuk keragaman tersebut dialami oleh Andi Sugar, seorang konten kreator, yang memiliki orang tua dengan beda agama. 

Diketahui jika Andy Sugar merupakan adalah keturunan Tionghoa yang beragama Kristen. Sedangkan Ibunya, Mama Ely, sama-sama keturunan Tionghoa, namun beragama Islam. Keduanya sempat ramai jadi perbincangan hangat usai menjadi bintang tamu di sebuah acara podcast yang dipandu oleh Habib Jafar dan Onad. 

Faktanya, Mama Ely sebelumnya merupakan pemeluk Nasrani, kemudian meyakini Islam dan memilih menjadi seorang mualaf. Diketahui jika Mama Ely memutuskan menjadi seorang mualaf ketika Andy masih duduk di bangku kelas tiga SD. 

Awalnya, keputusan Mama Ely tentu sangat mengagetkan Andy beserta saudaranya. Bahkan sempat ada pertentangan saat sang bunda memilih menjadi seorang muslim. Namun seiring berjalanya waktu, anak-anak mama Ely mau menerimanya. 

Di luar dugaan, meski berbeda agama, anaknya mendorong dan membiayai mama Ely untuk melakukan umrah. Mereka pun tampak akrab dan harmonis meski telah berbeda dalam keimanan. Nyatanya tindakan tetap menghormati dan mengasihi ibu meski berbeda agama sudah diperintahkan di dalam Islam.  

Jauh-jauh hari Islam memang telah menegaskan bagaimana posisi ibu. Tingginya posisi perempuan yang telah mengandung, melahirkan dan menyapih ini membuat ‘ibu’ disebut tiga kali lebih utama dibandingkan ayah. 

Situasi ini pun tidak berubah meski sang ibu berbeda keyakinan dan anaknya. Hal ini diungkapkan oleh Faqihuddin Abdul Kodir di dalam bukunya berjudul ‘Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama.’

Hal ini dijelaskan di dalam sebuah hadis, diriwayatkan Asma binti Abu Bakar ash-Shidiq. Di dalam hadis ini dikisahkan tentang dirinya dan sang ibu yang musyrik. 

Baca Juga:  Kisah Sayyidah Fatimah Merayakan Idul Fitri

“Dari Asma binti Abu Bakar Ra, berkisah tentang ibunya yang masih musyrik datang menemui dirinya, pada masa Rasulullah Saw. Aku bertanya pada rasul, ‘Ibuku datang menemuiku dengan penuh cinta. Apakah aku (berbuat baik dengan) tetap menyambung persaudaraan dengannya?’ Nabi bersabda , ‘Ya, sambunglah persaudaraan dengan ibumu itu.’ (HR. Bukhari Hadis Nomor 2658). 

Di dalam bukunya, Faqihuddin memaknai jika walau berbeda agama, tidaklah sampai memutuskan kekeluargaan antar anak dan orang tua. Atau bahkan sesama manusia di lingkungan sosial. Tetap dianjurkan untuk saling berbuat baik, khususnya pada orang tua. Tidak lupa untuk menghormati beliau walau berbeda keyakinan. 

Bahkan, walaupun kedua orang tua yang bukan muslim mengajak untuk meninggalkan Islam dan masuk ke dalam agama mereka, penghormatan tetap wajib diberikan. Dan kita pun tetap wajib berbuat baik terhadap keduanya. 

وَاِنْ جَاهَدٰكَ عَلٰٓى اَنْ تُشْرِكَ بِيْ مَا لَيْسَ لَكَ بِهٖ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا وَصَاحِبْهُمَا فِى الدُّنْيَا مَعْرُوْفًاۖ وَّاتَّبِعْ سَبِيْلَ مَنْ اَنَابَ اِلَيَّۚ ثُمَّ اِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَاُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ۝١٥

Artinya : “Jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan-Ku dengan sesuatu yang engkau tidak punya ilmu tentang itu, janganlah patuhi keduanya, (tetapi) pergaulilah keduanya di dunia dengan baik dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian, hanya kepada-Ku kamu kembali, lalu Aku beritahukan kepadamu apa yang biasa kamu kerjakan.”

Dilansir dari Quran Nu.id, tafsir Wajiz dari hadis ini adalah jangan menuruti ajakan keduanya untuk berpindah agama, namun tetap menjaga hubungan baik dengan orang tua. Sehingga dapat disimpulkan, sikap kita pada ibu yang berbeda agama adalah tetap berakhlak baik. Begitu juga dengan sesama manusia lainnya. 

Demikian kisah Andy Sugar yang beda agama dengan ibu kandungnya, Mama Ely. Meski demikian, ia tetap mematuhi dan menyayangi ibunya bahkan mendukung perjalanan ibadahnya. 

Rekomendasi

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Umar perhatian kaum perempuan Umar perhatian kaum perempuan

Kisah Umar bin Khattab yang Sangat Perhatian kepada Kaum Perempuan

Khazanah

doa tak kunjung dikabulkan doa tak kunjung dikabulkan

Parenting Islami: Mendidik Generasi Tauhid di Era Modern

Keluarga

sahabat tabi'in memperbolehkan musik sahabat tabi'in memperbolehkan musik

Beberapa Nama Sahabat Nabi dan Tabi’in yang Memperbolehkan Musik

Khazanah

alasan fatimah julukan az-zahra alasan fatimah julukan az-zahra

Alasan Fatimah Mendapat Julukan az-Zahra

Khazanah

Tiga Macam Pernikahan yang Dilarang, Meski dengan Motif untuk Menghindari Zina

Kajian

Trending

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tafsir Al-Baqarah 187: Kiat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga menurut Islam

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Yoga gerakan ibadah hindu Yoga gerakan ibadah hindu

Yoga Dianggap Menyerupai Gerakan Ibadah Hindu, Haramkah Menurut Islam?

Kajian

malaikat melaknat istri menolak malaikat melaknat istri menolak

Benarkah Malaikat Melaknat Istri yang Menolak Ajakan Suami untuk Berhubungan Badan?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

alasan fatimah julukan az-zahra alasan fatimah julukan az-zahra

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Connect