Ikuti Kami

Khazanah

7 Pusat Pendidikan Sebelum Sekolah Dibangun

pusat pendidikan sebelum sekolah
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Kita tahu sebelumnya bahwa dunia Islam pada awal kemunculannya belum memiliki lembaga pendidikan yang bernama madrasah atau sekolah. Maksudnya, Islam belum membangun sebuah tempat khusus di mana orang-orang bisa menimba ilmu dari seorang guru, berdiskusi sesama teman, beradu argumen dalam debat, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Pusat pendidikan sebelum sekolah dibangun tersebar di berbagai tempat.

Awal munculnya madrasah di dunia Islam sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai bentuk dan sistematika seperti sekarang barulah dimulai pada Dinasti Saljuk. Madrasah ini bernama Madrasah Nizamiyah yang terletak di Bagdad. Dibangun oleh Perdana Menteri Nizamul Mulk pada abad ke-11 M.

Lalu, di manakah umat musim menimba ilmu sebelum adanya madrasah ini? Mungkin pernah dengar kalau taklim tersebut diadakan di masjid. Apakah hanya sebatas di masjid? Katanya toko buku pun kerap dijadikan orang-orang sebagai pusat pendidikan dan tempat asyik ngobrol seputar ajaran Islam. Benarkah?

Ya, zaman dahulu tempat belajar tidak terbatas pada satu tempat khusus saja seperti sekarang ini, melainkan berlokasi di berbagai tempat. Setidaknya ada tujuh tempat yang menjadi pusat pendidikan sebelum sekolah dibangun yang direkam dalam kitab At-Tarbiyyah ‘Abro at-Taarikh karya Dr. Abdulllah Abdu ad-Daim.

Pertama, Kuttab atau Maktab

Kemunculan kuttab sudah ada sejak masa pra-Islam, meskipun jumlahnya masih sangat sedikit. Kemudian setelah Islam datang, kuttab menjadi tempat utama dalam melakukan taklim dengan tujuan menyebarkan ajaran Islam. Tempat ini digunakan sebagai tempat mengajari anak-anak dalam mempelajari Alquran dan lain-lain.

Kuttab sendiri ada dua jenis. Kuttab yang diperuntukkan untuk mempelajari membaca Alquran dan menulis, biasanya diadakan di rumah ulama. Sedangkan kuttab yang diperuntukkan untuk mempelajari isi Alquran dan pokok-pokok ajaran Islam lainnya, umumnya diadakan di masjid.

Baca Juga:  Kisah Hindun binti Utbah, Pemakan Hati Hamzah bin Abdul Muthalib yang Masuk Islam

Kedua, Istana

Pada zaman dahulu, istana khalifah ternyata sudah dijadikan sebagai pusat pendidikan. Taklim ini lebih dikhususkan untuk anak-anak mereka. Hal ini dimaksudkan agar para pewaris tahta mempunyai bekal yang siap dalam menghadapi beban yang akan ia tanggung nantinya. Kegiatan ini akan berakhir sampai mereka memasuki masa remaja.

Pada masa Dinasti Fathimiyah berkuasa, mereka mempunyai langkah besar dalam menjadikan madrasah di istana mereka yang dikhususkan untuk anak-anak.

Ketiga, Toko Buku

Wajah toko buku sekarang ini rupanya berbeda dengan dahulu tatkala Islam belum membangun madrasah. Toko buku hanyalah sebatas bangunan yang menyediakan berbagai genre buku bagi para pembelinya, tak lebih. Pembeli melihat-lihat koleksi, mengambil, membayar, lalu pulang ke rumahnya.

Beda halnya dengan toko buku pada Dinasti Abbasiyah yang menjadikan toko buku sebagai arena untuk diskusi ilmiah, membincangkan pengetahuan antara penjual dan pembeli. Bahkan, profesi ‘penjual buku’ mereka bukan hanya sekedar mencari keuntungan semata dari niaganya, melainkan mereka juga berbagi ilmu yang mereka punya. Rata-rata penjual kala itu adalah seorang sastrawan atau cendekiawan yang mempunyai wawasan yang luas.

Keempat, Rumah Ulama

Memang, muslimin tidak menggunakan sebuah rumah untuk mengadakan taklim umum. Mereka menggunakan rumah sebagai tempat taklim khusus saja. Kenapa? Melihat esensi rumah sendiri yang digunakan sebagai tempat tinggal dan istirahat.

Dalam catatan sejarah, ketika Islam masih hangat munculnya, sebuah taklim diadakan di rumah seorang sahabat bernama  Al-Arqam bin Abil Arqam. Rasulullah menjadikan rumah sahabat mulia ini sebagai tempat untuk menyampaikan prinsip-prinsip agama Islam kepada para sahabat lainnya.

Kelima,  al-Shalunat al-Adabiyah (Sanggar Sastra)

Al-Shalunat al-Adabiyah adalah tempat untuk melakukan kegiatan pertunjukkan pembacaan dan pengkajian sastra atau sebagai sanggar atau teater budaya. Sanggar ini mencul pertama kalinya pada masa Dinasti Umayyah, kemudian semakin berkembang dan meluas pada masa Dinasti Bani Abbasiyah.

Baca Juga:  Metode Pembuktian Kebenaran Milik Ibnu Rusyd

Sejarah al-Shalunnat al-Adabiyyah erat kaitannya dengan sejarah istana itu sendiri. Misalnya, pada masa Dinasti Umayyah ketika kekhalifahan dipimpin oleh khalifah pertamanya Muawiyyah bin Abu Sufyan, beliau mengundang para ulama, penyair, dan sejarawan untuk menceritakan kepadanya sejarah bangsa Arab, peristiwa-peristiwa terkenal kala itu, dan sejarah kerajaan bangsa Persia beserta peraturan pemerintahannya.

Sedangkan as-Shalunat al-Adabiyyah dengan makna yang benar sendiri baru muncul pada pemerintahan Dinasti Abbasiyah. Sanggar-sanggar ini diadakan di waktu-waktu tertentu.

Keenam, Badiah (Pedalaman)

Bahasa Arab sangat terjaga kefasihannya sampai permulaan Islam muncul. Namun, setelah terjadi percampuran antara orang Arab asli dengan non-Arab melalui perdagangan, ditambah lagi dengan invasi besar-besaran di wilayah yang luas, kefashihan bahasa Arab makin memudar.

Percampuran ini terjadi di daerah perkotaan, sedangkan di pedalaman masih terjaga.  Alhasil, orang-orang Badui pun dijadikan  guru dalam mempelajari bahasa Arab. Sehingga  ada sebagian warga badui menggunakan kesempatan ini untuk pergi ke desa-desa dan kota-kota dalam rangka mengajar bahasa Arab yang murni kepada penduduk kota ini.

Bahkan, sebagian penduduk kota belajar langsung dengan mendatangi pedalaman, belajar dari sumbernya langsung. Hal semacam ini saya pernah membacanya bahwa Imam Syafi’i juga melakukan hal yang serupa, belajar di badiah.

Ketujuh, Masjid

Kaitan antara masjid dengan pendidikan bangsa Arab sangatlah erat. Biasanya, di dalam masjid diadakan halaqah atau perkumpulan untuk mempelajari ajaran Islam. Bahkan, eksistensi masjid sebagai pusat pengkajian ilmu masih ada sampai sekarang di sebagian tempat, contohnya di Al-Azhar, Mesir. Orang-orang berbondong-bondong datang mengaji kepada masyayikh mengenai berbagai macam ilmu di masjid.

Dalam catatan sejarah, Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Islam. Halaqah juga diadakan di sana kala itu. Semakin lama jumlah masjid di Bagdad semakin bertambah. Bahkan menurut seorang ahli geografi yang hidup pada masa Dinasti Abbasiyah, Al-Ya’qubi, mengatakan bahwa Baghdad kala itu memiliki total 30.000 masjid.

Baca Juga:  Kisah Rasulullah SAW. Mengadili Thu’mah bin Ubayriq

Itulah beberapa tempat yang dijadikan pusat pendidikan atau tempat berdikusi sebelum sekolah dibangun. Setelah mengetahuinya, semoga kita semakin terpacu untuk menuntut ilmu. Tidak terbatas pada ilmu-ilmu yang diajarkan di sekolah, melainkan juga di berbagai tempat.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Sarjana Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pegiat Kajian Bidang Fikih.

Komentari

Komentari

Terbaru

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Connect