Ikuti Kami

Keluarga

Waspadai Symtomps Stress pada Perempuan di Tengah Pandemi, Ini Ciri-cirinya

BincangMuslimah.Com – Iim Fahima, Founder dari Queenriders dalam sesi sharing dan ‘curhat’ bersama Sri Safitri, Direktur Customer Experience CX Telkom Indonesia memalui ZOOM Meeting pada 18 mei 2020 membahas mengenai beberapa symtomps stress atau gejala-gejala ‘stress’ yang dialami oleh banyak perempuan selama masa pandemi corona.

Sesi dimulai dengan curhatan para anggota meeting dengan mengutarakan gejala yang mereka alami selama 2 bulan terakhir. Penjelasannya sangat beragam, banyak diantara para perempuan yang merasa badannya pegal-pegal dan berasumsi mereka kurang gerak padahal justru selama pandemi banyak pekerjaan domestik yang harus diselesikan mengingat ART diliburkan sejak merebaknya wabah virus corona.

Symtomps stress yang muncul bisa bermacam-macam. Salah satu peserta dalam meeting tersebut yang seorang mahasiswa dan juga bekerja menceritakan bahwa dia sampai tidak mau berinteraksi lagi dengan layar laptop setelah berminggu-minggu menghabiskan waktunya di depan laptop, hingga pada suatu keadaan dia benar-benar sudah sangat jenuh yang berujung pada ketidakmapuannya untuk menyelesaikan tugas dan izin untuk rehat sejenak dari aktifitasnya.

Ada juga yang bingung selama WFH karena membagi waktu antara jam kerja dan waktu untuk keluarga, susah tidur, rumah berantakan, kerjaan gak ada hentinya dan makin capek. Secara umum berdasarkan curhatan para peserta ada beberapa gejala lain yang mereka alami, seperti sakit kepala, pusing tanpa sebab, badan pegal-pegal, menstruasi telat, mengabaikan tugas, menghabiskan waktu sepanjang hari hanya untuk tidur bahkan hingga mimisan.

Ternyata dalam salah satu postingan WHO dijelaskan bahwa walaupun otak kita mampu beralih dan  menolak  kalau kita sedang mengalami stress, fisik akan tetap menunjukkan gejala-gejalanya. Misalnya pusing, tegang di leher yang terjadi tanpa sebab dan lain sebagainya. Jadi, ternyata gejala stress itu tidak hanya berupa mental exhausted seperti murung, mood memburuk, kesal, emosi dan lain sebagainya namun juga physical exaushted seperti yang dialami oleh banyak perempuan di atas.

Baca Juga:  Parenting Islami : Mengenal Generasi Alpha dan Pola Pendidikan yang Tepat Bagi Mereka

Sri Safitri menjelaskan perumpaan stress dalam hidup kita mengutip salah satu video dalam Youtube yang berjudul A Powerfull Lesson For A Stress Free Life, dalam video tersebut seorang dosen yang sedang menjelaskan mengenai Stress Management menanyakan berat segelas air kepada para mahasiswanya. Jawabannya beragam, ada yang mengatakan 8 ons, 10 ons, dan 16 ons. Dosen tersebut menjawab, berat sesungguhnya dari segelas air ini tidak dipermasalahkan namun durasi kita ketika mengangkatnyalah yang utama.

Bila kita mengangkatnya 1 menit, maka tidak akan teradi apa-apa, jika hingga 1 jam maka lengan kita akan mulai terasa sakit, dan bila kita mengangkatnya sepanjang hari maka lengan kita akan mulai mati rasa dan lumpuh. Tahukah kita bahwa berat dari segelas air itu tidak pernah berubah, tetapi durasinya dalam mengangkat membuatnya terasa semakin berat.

Stress dalam hidup layaknya seperti segalas air tersebut, tidak masalah apabila kita memikirkannya sejenak. Bila kita memikirkannya lebih lama, maka hal tersebut akan mulai menyebabkan rasa sakit dan apabila kita memikirkannya sepanjang hari maka kita akan mulai lumpuh dan tidak mampu melakukan apapun. Diakhir video dosen mengatakan, ingatlah selalu untuk meletakkan gelas (stress/masalah) dalam hidup kita dan rehat sejenak.

Stress adalah sesuatu yang wajar kita alami, apalagi di tengah masa pandemi seperti sekarang ini, banyak keadaan yang berubah dan hal baru yang muncul yang membuat kita harus banyak melakukan penyesuaian diri.

Sri Safitri mengatakan bahwa salah satu cara mengobati stress adalah dengan menyadari bahwa kita sedang stress. Hal itu akan membuat 80% dari stress itu akan hilang, sisanya kita gunakan untuk bersantai dan melakukan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan agar pikiran kita bisa kembali fresh.

Kita butuh orang lain untuk mengidentifikasi stress kita. Hal ini penting karena setelah kita tahu bahwa kita stress, maka kita akan lebih mudah menemukan metode dealing yang tepat bagi diri kita sendiri. Pengakuan diri ini penting mengingat pada umumnya orang akan denial dengan keadaan ini. Mari kenali dan waspadai symtomps stress pada diri kita sejak dini. Lantas bagaimana step dan  dealing stress selanjutnya? Saya akan ulas dalam artikel selanjutnya.

Rekomendasi

Irma Hidayana Penggagas LaporCovid19 Irma Hidayana Penggagas LaporCovid19

Irma Hidayana, Penggagas LaporCovid19

koma wajibkah menqadha shalatnya koma wajibkah menqadha shalatnya

Pasien Covid-19 Koma, Wajibkah Ia Mengqadha Shalat Setelah Sembuh?

corona sebagai tanda kiamat corona sebagai tanda kiamat

Corona Sebagai Tanda Kiamat, Benarkah Demikian?

kurban sedekah korban covid-19 kurban sedekah korban covid-19

Sebaiknya Dahulukan Kurban atau Sedekah untuk Korban Covid-19?

Ditulis oleh

Mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta, Peneliti Pendidikan Islam

Komentari

Komentari

Terbaru

Peran Perempuan Turunnya Alquran Peran Perempuan Turunnya Alquran

Peran Perempuan dalam Peristiwa Turunnya Alquran

Khazanah

suntik vitamin saat puasa suntik vitamin saat puasa

Hukum Suntik Vitamin, Gizi dan Infus saat Puasa?

Kajian

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect