Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Riset Google: Wirausaha Perempuan di Indonesia Paling Banyak dari 12 Negara

BincangMuslimah.Com – Riset Google menunjukkan hasil bahwa Indonesia adalah negara tertinggi dengan jumlah wirausaha perempuan dibandingkan dengan 12 negara lain.

Dona Songco selaku PMM Brand & Reputation Google Indonesia menyebutkankan bahwa 12 negara lainnya adalah Argentina, Brazil, Jepang, Kenya, Korea, Malaysia, Mexico, Nigeria, dan Vietnam.

“Kami melihat perempuan Indonesia memiliki semangat dan jiwa yang tinggi untuk berwirausaha dibandingkan dengan 12 negara lain. Kami juga melihat bahwa jumlah pelaku UMKM kita itu kebanyakan berasal dari kaum perempuan,” ungkap Dora  dalam jumpa pers Google yang disiarkan secara virtual pada Kamis (26/11).

Hasil riset menunjukkan ada sebanyak 52 persen perempuan yang setuju bahwa perempuan harus bisa bekerja atau menjadi pebisnis sekaligus menjadi ibu. Bahkan, 41 persen laki-laki juga setuju dengan pernyataan tersebut.

“Kita berharap ke depannya pun semakin banyak pria yang menyetujui wanita bisa menjalani kedua hal itu secara bersamaan, bisa membagi waktu dengan seimbang,” tambah Dora.

Dalam hasil survei tersebut, apabila dilihat berdasarkan persentase perempuan, ada 49 persen perempuan yang memiliki usaha sendiri atau sudah menjadi wirausahawan.

Sementara itu, 45 persen dari reponden perempuan masih tertarik memiliki usaha sendiri atau masih menjadi calon pengusaha. Ada dua motif besar mengapa perempuan mau menjadi wirausahawan yakni masalah finansial dan stabilitas keluarga.

Perempuan lebih ingin menambah penghasilan sehingga bisa mencapai kemandirian finansial dan kebutuhan keluarga pun terpenuhi. Dua hal tersebut menjadi fokus motif dari perempuan Indonesia menjadi seorang pebisnis atau wirausahawan.

Riset Google tersebut dilakukan pada Januari sampai Februari 2020. Riset yang menggunakan metode survei kuantitatif ini dilakukan di 12 negara mulai dari Amerika Latin, Afrika bagian Selatan hingga Asia Pasifik.

Di Indonesia, ada 990 koresponden yang memiliki gender perempuan dan 510 bergender laki-laki. Hal ini membuktikan bahwa perempuan di Indonesia memiliki kesadaran yang sangat tinggi atau besar dalam persoalan finansial.

Apabila merujuk pada Alquran, ada penjelasan tentang citra perempuan yang terpuji yakni perempuan yang memiliki kemandirian, memiliki hal berpolitik, dan kritis dalam apa yang dihadapinya.

Penjelasan tersebut tertuang dalam surah an- Naml ayat 29-44 yang menceritakan tentang Ratu Balqis yang menduduki tahta di negeri Saba’. Selain itu, Alquran surah al-Baqarah ayat 228 juga menyebutkan: “Dan para perempuan memiliki hak yang seimbang dengan kewajiban mereka menurut cara yang ma’ruf.”

Rekomendasi

Ayu Alfiah Jonas
Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Ketentuan Malam Pertama Bagi Pengantin Baru Menurut Sunnah Rasulullah

Ibadah

Hukum Memberi Nafkah Terhadap Kerabat

Kajian

Keluarga Islami watak alamiah perempuan Keluarga Islami watak alamiah perempuan

Pentingnya Memahami Watak Alamiah Perempuan dalam Sabda Rasul

Kajian

Antara Islam dan Kebebasan Menurut Syeikh Mutawalli al-Sya’rawi

Kajian

berbuat baik pada perempuan berbuat baik pada perempuan

Hukum-hukum Rujuk dalam Islam

Kajian

Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

Zainab binti Jahsy, Perempuan yang Dinikahi Nabi Saw atas Wahyu Allah

Kajian

Tidak Datang ke Pernikahan Teman Tidak Datang ke Pernikahan Teman

Hukum Tidak Datang Ketika Diundang ke Pernikahan Teman

Ibadah

melamar perempuan iddah melamar perempuan iddah

Bolehkah Melamar Perempuan Iddah dengan Sindiran?

Kajian

Trending

Tiga Wasiat Terakhir Sayyidah Fatimah Kepada Sang Suami

Keluarga

Tengku Fakinah, Ulama Perempuan Hebat dari Tanah Rencong

Muslimah Talk

Toleransi: Perjumpaan Islam dengan Nasrani dan Romawi

Kajian

The Queen’s Gambit: Representasi Diskriminasi pada Perempuan

Muslimah Daily

melamar perempuan iddah melamar perempuan iddah

Ini Lima Hal yang Patut Diketahui Muslimah sebelum Menerima Pinangan

Ibadah

Perempuan dalam Perspektif Tafsir Klasik dan Kontemporer

Kajian

hukum menikah - Pernikahan tanpa pacaran hukum menikah - Pernikahan tanpa pacaran

Tidak Hanya Laki-laki, Perempuan Juga Berhak Memilih Calon Suaminya!

Kajian

Hukum Tayamum bagi Istri yang Dilarang Bersuci Menggunakan Air oleh Suami

Ibadah

Connect