Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Ini Keutamaan Mengamalkan Bacaan Asmaul Husna

Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna

BincangMuslimah.Com – Tidak asing bagi kita mendengar bacaan dan dzikir Asma’ul Husna (nama-nama indah Allah) dalam doa-doa, salah satunya dalam doa Ismul A’dham yang masyhur. Sebagian bacaan Asmaul Husna pun ada yang diamalkan secara khusus, dengan diwiridkan dalam jumlah tertentu tergantung ijazah yang diberikan oleh gurunya.

Akan tetapi, ada atau tidaknya ijazah wirid tidak menjadi masalah dalam mengamalkannya. Sebab dzikir dan wirid merupakan amalan yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Bacaan dzikirnya adalah membaca Asmaul Husna secara berurutan. Pada biasanya dibagian dalam cover mushaf Al-Qur’an, terdapat bacaan Asma’ul Husna. Jika tidak hafal, bisa membaca dzikir Asmaul Husna yang ada di cover bagian dalam tersebut. Lalu apa sih keutamaan membaca dzikir Asma’ul Husna? Mari kita baca ulasan berikut ini,

Asmaul Husna sendiri sebenarnya memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri, banyak rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Apalagi jika sudah terbiasa mengimplementasikan Asma’ul Husna dalam sikap kesehariannya, seperti sifat Rahman yang artinya Maha Penyayang, maka bentuk pengimplementasiannya adalah dengan menyayangi seluruh mahluk-mahluk Allah SWT.

Dalam karyanya Khawwash Asma` ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat Syaikh Shalih al-Ja’fari menuturkan,

فَالَّذِي يَدْعُو بِهَا فَقَدِ اسْتَجْلَبَ الْخَيْرَ كُلَّهُ لِنَفْسِهِ وَجَعَلَ الْوِقَايَةَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الشَّرِّ كُلِّهِ، فَإِذَا قُلْتَ مَثَلًا الرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ الرَّحْمَةَ، وَإِذَا قُلْتَ: اللَّطِيْفُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ اللُّطْفَ… الخ

Orang yang berdoa dengan membaca Asmaul Husna maka ia sungguh telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahman ar-Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya. (Khawwash Asma` ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, hal: 16)

Manfaat yang kita peroleh dari membaca Asmaul Husna yakni seperti dijelaskan Syekh Shalih al-Ja’fari, adalah sebagaimana Asma’ (nama) yang disebut.

Kemudian Syaikh Shalih al-Ja’fari dalam kitab Khawwash Asma’ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat menambahkan,

فَذِكْرُهَا نَافِعٌ لِلدُّنْيَا وَالدِّيْنِ وَالآخِرَةِ، وَذِكْرُهَا يُسَمَّى مَجْمَعَ الْخَيْرَاتِ وَمَفَاتِحَ الْبَرَكَاتِ وَمَجَلَّى التَّجَلِّيَاتِ، مَاوَاظَبَ عَلَيْهَا مَكْرُوْبٌ إِلَّا فَرَّجَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ كُرْبَةً، وَلَا مَدْيُوْنٌ إِلَّا قَضَى اللهُ تَعَالَى دِيْنَهُ، وَلَا مَغْلُوْبٌ إِلَّا نَصَرَهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَامَظْلُوْمٌ إِلَّا رَدَّ اللهُ تَعَالَى مَظْلَمَتَهُ، وَلَا ضَالٌّ إِلَّا هَدَاهُ اللهُ، وَلَامَرِيْضٌ إِلَّا شَفَاهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَا مُظْلِمُ الْقَلْبِ إِلَّاَ نَوَّرَ اللهُ تَعَالَى بِهَا قَلْبَهُ

Menyebut Asmaul Husna bermanfaat bagi urusan dunia, agama, dan akhirat, dan dzikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asma’ul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asma’ul Husna. (Khawwash Asma` ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, hal: 17)

Itulah keutamaan-keutamaan dari membaca Asmaul Husna, mungkin setelah mengamalkan muncul pertanyaan dibenak kita mengapa faedah tersebut belum datang juga? Perlu kita pahami dan ketahui bersama bahwa tujuan utama dari dzikir sebenarnya bukan keutamaan itu sendiri, melainkan karena Allah Swt. (keutamaan hanyalah bonus saja).

Dzikir menjadi pertanda hidupnya hati kita. Kualitas dzikir juga berkaitan dengan kebiasaan si pengamal dzikir. Dzikirnya orang yang sudah memiliki derajat di sisi Allah (Khawas/orang-orang pilihan) tentu berbeda dengan orang yang sehari-harinya jarang menyebut Asma’-Nya (Aawa­m). Semoga bermanfaat.

 

Rekomendasi

Nadia Labiba
Ditulis oleh

Santri Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuwangi Jawa Timur

Komentari

Komentari

Terbaru

kesejahteraan guru belum tercapai kesejahteraan guru belum tercapai

Pandangan Islam akan Kesejahteraan Guru yang Belum Tercapai

Kajian

sosok ajaran penyembah berhala sosok ajaran penyembah berhala

Sosok Pembawa Ajaran Penyembah Berhala ke Mekkah

Khazanah

perempuan mel shalat jenazah perempuan mel shalat jenazah

Perempuan Melakukan Shalat Jenazah, Benarkah Tidak Boleh?

Kajian

Kyai Kholil Bangkalan Sang Maha Guru

Khazanah

hari anti kekerasan perempuan hari anti kekerasan perempuan

Hari Anti Kekerasan Perempuan 2021: Kekerasan di Ranah Publik Masih Ditemui

Muslimah Talk

suami perlu rida istri suami perlu rida istri

Suami Pun Perlu Mengejar Rida dari Istri

Kajian

secara umum (‘Aam) bagi setiap orang yang mendengar azan? Masihkah disunnahkan menjawab azan ketika dalam keadaan shalat? secara umum (‘Aam) bagi setiap orang yang mendengar azan? Masihkah disunnahkan menjawab azan ketika dalam keadaan shalat?

Hukum Menjawab Azan Ketika dalam Keadaan Shalat

Kajian

perempuan mandiri secara finansial perempuan mandiri secara finansial

Jangan Pasrah, Perempuan Perlu Mandiri Secara Finansial!

Muslimah Talk

Trending

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Doa Agar Diberikan Jodoh yang Shalih

Ibadah

perempuan berdua sopir taksi perempuan berdua sopir taksi

Perempuan hanya Berdua dengan Sopir Taksi, Apakah Disebut Khalwat?

Kajian

Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga Mengenal Kekerasan psikis Rumah Tangga

Belajar dari Film ‘Maid’; Mengenal Kekerasan Psikis dalam Rumah Tangga

Muslimah Talk

mentoring poligami meraup keuntungan mentoring poligami meraup keuntungan

Trend Mentoring Poligami, Kedok Meraup Keuntungan

Kajian

Tiga Keutamaan Surat Al-Fatihah Tiga Keutamaan Surat Al-Fatihah

Tiga Keutamaan Surat Al-Fatihah

Kajian

hari anti kekerasan perempuan hari anti kekerasan perempuan

Begal Payudara di Duren Sawit; Stop Menyalahkan Pakaian yang Dikenakan Korban Pelecehan Seksual

Muslimah Talk

Hukum Memutus Silaturrahim Ulama Hukum Memutus Silaturrahim Ulama

Hukum Memutus Silaturrahim Menurut Ulama

Kajian

doa diberikan jodoh sholih doa diberikan jodoh sholih

Baca Doa Ini Jika Rindu pada Seseorang yang Kamu Sayang

Kajian

Connect