Ikuti Kami

Kajian

Keutamaan Mengamalkan Bacaan Asmaul Husna

Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna

BincangMuslimah.Com – Tidak asing bagi kita mendengar bacaan dan dzikir Asmaul Husna (nama-nama Allah yang baik) dalam doa-doa, salah satunya dalam doa Ismul A’dham yang masyhur. Sebagian bacaan Asmaul Husna pun ada yang diamalkan secara khusus, dengan diwiridkan dalam jumlah tertentu tergantung ijazah yang diberikan oleh gurunya.

Akan tetapi, ada atau tidaknya ijazah wirid tidak menjadi masalah dalam mengamalkannya. Sebab dzikir dan wirid merupakan amalan yang dianjurkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Terdapat keutamaan tersendiri bagi seseirang yang mengamalkan bacaan Asmaul Husna.

Bacaan zikirnya adalah membaca Asmaul Husna secara berurutan. Pada biasanya, di bagian dalam cover mushaf Alquran, terdapat bacaan Asmaul Husna. Jika tidak hafal, bisa membaca zikir Asmaul Husna yang ada di cover bagian dalam tersebut.

Asmaul Husna sendiri sebenarnya memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri, banyak rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Apalagi jika sudah terbiasa mengimplementasikan Asmaul Husna dalam sikap kesehariannya, seperti sifat Rahman yang artinya Maha Penyayang, maka bentuk pengimplementasiannya adalah dengan menyayangi seluruh mahluk-mahluk Allah Swt.

Dalam karyanya Khawwash Asma` ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, Syaikh Shalih al-Ja’fari menuturkan,

فَالَّذِي يَدْعُو بِهَا فَقَدِ اسْتَجْلَبَ الْخَيْرَ كُلَّهُ لِنَفْسِهِ وَجَعَلَ الْوِقَايَةَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ الشَّرِّ كُلِّهِ، فَإِذَا قُلْتَ مَثَلًا الرَّحْمنُ الرَّحِيْمُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ الرَّحْمَةَ، وَإِذَا قُلْتَ: اللَّطِيْفُ فَقَدِ اسْتَجْلَبْتَ اللُّطْفَ… الخ

Artinya: Orang yang berdoa dengan membaca Asmaul Husna maka ia sungguh telah meminta kebaikan seluruhnya, dan membuat pencegahan di antara dirinya dan keburukan seluruhnya. Jadi apabila engkau menyebut ar-Rahman ar-Rahim, maka kamu telah meminta rahmat, dan jika kamu menyebut al-Lathif maka kamu telah meminta kelembutan, dan seterusnya. (Khawwash Asma` ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, hal: 16)

Baca Juga:  Bolehkah Menyucikan Najis Mughalazzah dengan Sabun Tanah?

Keutamaan yang kita peroleh dari mengamalkan bacaan Asmaul Husna seperti dijelaskan Syekh Shalih al-Ja’fari, adalah sebagaimana Asma’ (nama) yang disebut.

Kemudian Syaikh Shalih al-Ja’fari dalam kitab Khawwash Asma’ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat menambahkan,

فَذِكْرُهَا نَافِعٌ لِلدُّنْيَا وَالدِّيْنِ وَالآخِرَةِ، وَذِكْرُهَا يُسَمَّى مَجْمَعَ الْخَيْرَاتِ وَمَفَاتِحَ الْبَرَكَاتِ وَمَجَلَّى التَّجَلِّيَاتِ، مَاوَاظَبَ عَلَيْهَا مَكْرُوْبٌ إِلَّا فَرَّجَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ كُرْبَةً، وَلَا مَدْيُوْنٌ إِلَّا قَضَى اللهُ تَعَالَى دِيْنَهُ، وَلَا مَغْلُوْبٌ إِلَّا نَصَرَهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَامَظْلُوْمٌ إِلَّا رَدَّ اللهُ تَعَالَى مَظْلَمَتَهُ، وَلَا ضَالٌّ إِلَّا هَدَاهُ اللهُ، وَلَامَرِيْضٌ إِلَّا شَفَاهُ اللهُ تَعَالَى، وَلَا مُظْلِمُ الْقَلْبِ إِلَّاَ نَوَّرَ اللهُ تَعَالَى بِهَا قَلْبَهُ

Artinya: Menyebut Asmaul Husna bermanfaat bagi urusan dunia, agama, dan akhirat, dan dzikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asma’ul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asma’ul Husna. (Khawwash Asma` ul-Husna Littadawi wa Qadha il-Hajat, hal: 17)

Itulah keutamaan-keutamaan dari membaca Asmaul Husna, mungkin setelah mengamalkan muncul pertanyaan dibenak kita mengapa faedah tersebut belum datang juga? Perlu kita pahami dan ketahui bersama bahwa tujuan utama dari dzikir sebenarnya bukan keutamaan itu sendiri, melainkan karena Allah Swt. (keutamaan hanyalah bonus saja).

Zikir menjadi pertanda hidupnya hati kita. Kualitas dzikir juga berkaitan dengan kebiasaan si pengamal dzikir. Dzikirnya orang yang sudah memiliki derajat di sisi Allah (Khawas/orang-orang pilihan) tentu berbeda dengan orang yang sehari-harinya jarang menyebut Asma’-Nya (Aawa­m). Semoga bermanfaat.

Baca Juga:  Perintah Shalawat Turun di Bulan Sya'ban

 

Rekomendasi

Ditulis oleh

Santri Tahfidz Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banyuwangi Jawa Timur

Komentari

Komentari

Terbaru

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

kisah fatimah idul fitri kisah fatimah idul fitri

Kisah Sayyidah Fatimah Merayakan Idul Fitri

Khazanah

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect