Ikuti Kami

Kajian

Hukum Buzzer Politik dalam Islam

Hukum Buzzer Politik Islam
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Buzzer politik terus menjadi buah bibir di masa pemilihan umum (pemilu) seperti sekarang. Aktivitas ini merupakan salah satu strategi kampanye calon kandidat politik melalui media sosial oleh seseorang secara pribadi maupun kelompok dengan menunjukkan atau menyembunyikan identitasnya. Stigma positif dan negatif pun tidak bisa lepas dari aktivitas oknum tersebut. 

Apa sebenarnya yang ada di balik buzzer politik? Lalu bagaimana hukum buzzer politik ini dalam Islam?

Siapakah Buzzer Politik?

Buzzer dalam kamus Oxford berarti lonceng, bel atau perangkat elektronik yang digunakan untuk membunyikan dengungan guna menyebarkan sinyal atau tanda tertentu. Secara istilah, buzzer merupakan seseorang yang menyuarakan pendapat melalui media sosial dengan tujuan tertentu. Dalam hal ini, buzzer politik berarti aktivitas penyebaran informasi politik di media sosial untuk mempengaruhi maupun menciptakan opini publik.

Center for Innovation Policy and Governance (CIPG) menjelaskan hasil penelitiannya pada 2017 bahwa buzzer pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2019. Hal itu bersamaan dengan banyaknya pengguna twitter di Indonesia. Buzzer kemudian banyak diminati oleh masyarakat atau tokoh politik untuk membantu menaikkan citra baik suatu proyek tertentu dalam proses pemasarannya.

Dalam jurnal Peran Buzzer Politik dalam Aktivitas Kampanye di Media Sosial Twitter, Felicia Riris Loisa menyebut, setelah 2014 profesi buzzer terbagi menjadi dua kategori, yaitu buzzer yang dilakukan dengan sukarela (menyebarkan informasi mandiri dan tidak mendapat arahan) dan buzzer yang dilakukan dengan permintaan (menyebarkan informasi atau propaganda politik tertentu dengan dibayar).

Christiany Juditha pun menjelaskan dalam jurnalnya Buzzer di Media Sosial pada Pilkada dan Pemilu Indonesia bahwa buzzer politik biasanya berasal dari orang biasa, artis, maupun institusi yang dapat membawa pengaruh besar bagi masyarakat. Hal ini bertujuan sebagai strategi marketing black campaign atau kampanye gelap. Namun realita buruknya, beberapa dari mereka malah menyebarkan berita hoaks, menghasut, hingga hatespeech antar lawan politik.

Baca Juga:  Pemilu 2024; Inilah Kriteria Pemimpin dalam Alquran

Islam Merespon Aktivitas Ini

Secara eksplisit, Islam menganjurkan umatnya agar berhati-hati terhadap informasi yang datang dan dengan tegas pula melarang untuk menebar berita bohong. Anjuran ini terekam dalam Q.S. Al-Hujurat [49]: 6 berikut: 

يا أَيُّهَا الَّذينَ آمَنُوا إِنْ جاءَكُمْ فاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصيبُوا قَوْماً بِجَهالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلى‏ ما فَعَلْتُمْ نادِمينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Muhammad bin Umar An-Nawawi Al-Jawi Al-Bantani dalam kitab Mirqat Su’udit Tashdiq Syarh Sullamit Taufiq menjelaskan bahwa setiap ucapan yang menyakiti orang Islam seperti mengolok-olok dan menghina termasuk perbuatan yang dilarang.

 والاستهزاء أي السخرية بالمسلم و هذا محرم مهما كان مؤذيا كما قال تعالى : (يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ), و كل كلام مؤذ له أي للمسلم كإفشاء السر  

Artinya, “Dan menghina, yaitu mencemooh orang muslim, adalah hal yang diharamkan, tidak peduli seberapa menyakitkannya. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman: ‘Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan itu) lebih baik daripada mereka (yang mengolok-olok)’. Dan setiap ucapan yang menyakiti  orang Islam adalah seperti menyebarkan rahasianya.”

Dalam buku Islam dan Politik, Prof. Quraisy Shihab membawa kita pada kilas balik sejarah Islam perihal kebijaksanaan Nabi Muhammad saw. dalam praktik politik, di mana beliau tidak sedikitpun berkhianat terhadap lawan (saat pembentukan Piagam Madinah) dan menafikan tujuan berpolitik untuk meraih kekuasaan belaka. 

Baca Juga:  Money Politic Menurut Hukum Islam

Kompas.com memaparkan penjelasan Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh, yang menyebut MUI telah menetapkan Fatwa Nomor 24 Tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah Melalui Medsos. Salah satunya membahas mengenai hukum aktivitas buzzer atau sejenisnya yang berisi berita fitnah, aib, dan lainnya adalah haram.

Selanjutnya, ulama Buya Yahya pada salah satu kajiannya menjelaskan bahwa Allah saja melarang kita untuk memaki sesembahan atau Tuhan kepercayaan agama lain. Apalagi perlakuan buruk terhadap sesama manusia sebagaimana aktivitas di atas. Beliau juga memberikan anjuran bagi kita untuk berijtihad memahami karakteristik pemimpin yang akan kita pilih kemudian mendukungnya atas dasar kesadaran dan akal sehat kita. Terlebih lagi menghindari untuk membenci kandidat lain dan menebar kebencian.

Oleh karena itu, hukum menjadi buzzer politik dalam Islam tidak diperbolehkan karena pekerjaan yang dilakukan adalah memfitnah, menyakiti, menebar berita bohong, dan sejenisnya. Di situasi yang semakin tegang menjelang politik seperti sekarang kita harus lebih bijak memfilter informasi yang berseliweran di media sosial.

Rekomendasi

Majelis Taklim Indonesia Majelis Taklim Indonesia

Majelis Taklim Indonesia Serukan 6 Poin Moral Terkait Pemilu

Seminar Indonesia Rumah Bersama Seminar Indonesia Rumah Bersama

Ajak Pemilu Jurdil, Gusdurian Gelar Seminar Indonesia Rumah Bersama

istilah money politic  atau politik uang muncul kembali ke permukaan. Apakah maksud money politic? Bagaimana hukumnya menurut islam? istilah money politic  atau politik uang muncul kembali ke permukaan. Apakah maksud money politic? Bagaimana hukumnya menurut islam?

Money Politic Menurut Hukum Islam

KUPI Maklumat Politik KUPI Maklumat Politik

Jelang Pesta Demokrasi, KUPI Suarakan 5 Maklumat Politik

Ditulis oleh

Mahasiwi Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Mahasantriwati Pesantren Luhur Sabilussalam.

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain

Keuntungan Menggunakan Pembalut Kain dan Pesan Menjaga Bumi dalam Islam

Muslimah Daily

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa Nabi Muhammad ketika Bangun Tengah Malam untuk Shalat

Ibadah

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan

Berkolaborasi dengan KUPI, CariUstadz Tingkatkan Dakwah Perspektif Perempuan 

Berita

yukabid perempuan nabi musa yukabid perempuan nabi musa

Yukabid, Sosok Perempuan di balik Kisah Nabi Musa

Khazanah

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Connect