Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Lima Sikap yang Diajarkan oleh Nabi Pada Saat Hamil dan Pasca Kelahiran

s://www.istockphoto.com

BincangMuslimah. Com – Dalam kehidupan rumah tangga, yang paling ditunggu-tunggu adalah momen kelahiran sang buah hati. Tidak hanya pasangan suami-istri yang gembira ketika si kecil dilahirkan, mertua dan tetangga juga ikut bersuka-cita atas kelahirannya. Lebih-lebih, jika disertai dengan sunah Nabi dalam merayakannya.

Menurut Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya’ ‘Ulum al-Din (jus 2, hal 73-76), ada lima sikap yang dijarkan oleh Nabi Muhammad Saw. kepada kedua orang tua yang mempunyai anak, baik pada saat hamil sampai pasca melahirkan. Berikut ini penjelasan dan perinciannya.

Pertama, Tidak Boleh Berperasaan Lebih Senang Mempunyai Anak Laki-Laki daripada Perempuan

Sikap ini disebut pertama kali oleh Imam al-Ghazali karena beliau menyadari bahwa budaya jahiliah selalu menomor-duakan kaum perempuan daripada kaum laki-laki.  Tentu, perbuatan yang demikian bukan termasuk ajaran Islam. Justru, Islam datang dengan membawa prinsip kesetaraan dan keadilan antara kaum feminim dan maskulin, khususnya dalam persoalan anak ini.

Hal itu dibuktikan dari beberapa Hadis Nabi yang sangat prihatin dan peduli kepada anak perempuan. Nabi Muhammad Saw bersabda,

من كانت له ابنة فأدبها فأحسن تأديبها وغذاها فأحسن غذائها وأسبغ عليها من النعمة التي أسبغ الله عليه كانت له ميمنة وميسرة من النار إلى الجنة

Barang siapa yang mempunyai anak perempuan kemudian mendidiknya dan memberi makan (merawat) dengan baik, serta memuaskannya dengan segala nikmat yang diberikan oleh Allah Swt. kepadanya maka dia akan sejahtera dalam hidupnya dan diberikan kemudahan (diloloskan) dari api neraka menuju surga”. (Imam al-Thabrani, al-Mu’jam al-Kabir, jus 9, hal 45)

Dalam Hadis lain, Nabi Muhammad Saw. juga bersabda,

من كانت له ابنتان أو أختان فأحسن إليهما ما صحبتاه كنت أنا وهو في الجنة كهاتين

Barang siapa yang mempunyai dua anak perempuan atau dua saudara perempuan kemudian dia  selalu berperilaku baik kepada keduanya maka dia dan aku (Nabi Muhammad Saw.) seeperti dua ini (jari telunjuk dan tengah yang saling berdampingan) di surga”. (Imam al-Suyuthi, Jami’ al-Ahadits, jus 21, hal 336)

Kedua, Mengazani Bayi yang Baru Lahir di Telinga Kanan dan Iqamah di Telinga Kirinya

Disebutkan dalam sebuah Hadis,

روى رافع عن أبيه قال رأيت النبي صلى الله عليه وسلم قد أذن في أذن الحسين حين ولدته فاطمة رضي الله عنها

Diriwayatkan oleh sahabat Rafi’ dari ayahnya, beliau pernah melihat Nabi Muhammad Saw. mengazani Sayyidina Husain di telinganya setelah dilahirkan oleh Sayyidah Fatimah R. Anha”. (al-Naisaibury, al-Mustadrak ‘ala al-Shahihain li al-Hakim, jus 3, hal 213)

Dalam Hadis Lain, Nabi tidak hanya mengajarkan azan, melainkan juga iqamah. Tepatnya, mengazani bayi di telinga kanan dan iqamah di telingan kiri sang bayi,

وروي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من ولد له مولود فأذن في أذنه اليمنى وأقام في أذنه اليسرى دفعت عنه أم الصبيان

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad Saw., Beliau bersabda: Barang siapa yang (baru) mempunyai (dilahirkan) anak kemudian diazani di telinga kanannya, serta iqamah di telingan kirinya maka akan diangkat (segala penyakit dan musibah) dari ibu sang bayi”. (Imam al-Baihaqi, Sya’b al-Iman, jus 6, hal 390)

Tidak hanya itu, Nabi Muhammad Saw. juga menganjurkan kepada kedua orang tua untuk mengajarkan anaknya lafaz La Ilaha Illa Allahu” di saat si kecil sudah mulai bisa berbicara, serta mengkhitannya di hari ke-tujuh pasca kelahiran.

Ketiga, Memberi Nama yang Baik kepada Anak

Pemberian nama ini termasuk dari hak-hak anak. Oleh karena itu, wajib bagi kedua orang tua memberikan nama yang baik kepada anaknya. Perihal tentang ini, Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda,

قال صلى الله عليه وسلم إنكم تدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم

Nabi Muhammad Saw. bersabda: Sesungguhnya kalian akan dipanggil di hari kiamat dengan nama kalian dan nama ayah kalian. Oleh karena itu, berilah nama yang baik pada kalian”. (Imam al-Baihaqi, al-Sunan al-Kubra, jus 9, hal 306)

Keempat, Mengakikahi Anak

Dalil anjuran mengakikahi anak adalah Hadis Nabi Muhammad Saw.,

عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ الضَّبِيّ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ ص يَقُوْلُ: مَعَ اْلغُلاَمِ عَقِيْقَةٌ فَاَهْرِيْقُوْا عَنْهُ دَمًا وَ اَمِيْطُوْا عَنْهُ اْلاَذَى

Dari Salman bin ‘Amir Ad-Dhabiy, dia berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi. Maka dari itu, sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya”. (al-Naisaibury, al-Mustadrak ‘ala al-Shahihain li al-Hakim, jus 6, hal 241)

Terkait dengan hukum akikah, ulama fikih masih berbeda pendapat. Menurut mazhab Hanafi, hukum akikah adalah boleh, bukan sunah. Sementara menurut jumhur ulama (selain mazhab Hanafi), hukum akikah adalah sunah.

Begitu pula dalam jumlah hewan akikah. Menurut jumhur ulama, jumlah hewan akikah anak laki-laki dan perempuan berbeda. Bagi anak laki-laki, disunahkan dua kambing. Bagi anak perempuan, disunahkan satu kambing. Sedangkan menurut mazhab Maliki, anak laki-laki dan perempuan tidak diperlakukan berbeda dalam persoalan jumlah hewan akikahnya. Bagi anak laki-laki ataupun perempuan disunahkan satu kambing akikah.

Adapun waktu akikah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhmmad Saw. adalah hari ketujuh pasca kelahiran sang bayi. Sedangkan di selain hari ketujuh, tetap disunahkan sekalipun sudah balig. (Wahbah al-Zuhaili, al-Fiqh al-Islamiy wa Adillatuh, jus 4, hal 284-286)

Setelah akikah, kedua orang tua juga disunahkan mencukur rambut sang bayi dan bersedekah sejumlah uang yang beratnya sama dengan berat rambut yang sudah dicukur. Hal ini juga pernah dipraktikkan sendiri oleh Nabi Muhammad Saw. yang memerintah Sayyidah Fatimah R.Anha untuk mencukur rambut Sayyiduna Husain serta bersedakah satu perak (mata uang Arab di masa Nabi) yang beratnya sama dengan rambut Sayyiduna Husain yang dicukur.

Kelima, Mentahnik Anak dengan Kurma atau Sesuatu yang Manis

Tahnik adalah mengunyahkan kurma atau sesuatu yang manis kemudian dimasukkan ke mulut bayi dengan digosokkan ke langit-langitnya. Sebaiknya, hal ini dilakukan oleh orang yang saleh dengan harapan anak tersebut bisa mendapatkan keberkahan Allah dari perantara orang saleh yang menahniknya.

Disebutkan dalam sebuah Hadis,

روي عن أسماء بنت أبي بكر رضي الله عنهما قالت ولدت عبد الله بن الزبير بقباء ثم أتيت به رسول الله صلى الله عليه وسلم فوضعته في حجره ثم دعا بتمرة فمضغها ثم تفل في فيه

Diriwayatkan oleh sahabat Asma’ binti Abu Bakr R. Anhuma, beliau berkata: Ketika aku melahirkan Abdullah bin Zubair di daerah Quba’, datanglah Rasulullah Saw. Kemudian, Beliau meletakkannya di pangkuannya seraya meminta kurma dan mengunyahnya lalu meludahkannya (menggosok-gosok kurma) di  (langit-langit) mulut Abdullah bin Zubair”. (Imam al-Bukhari, Shahih al-Bukhari, jus 9, hal 520)

Demikianlah lima sikap yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. kepada umatnya yang mempunyai anak, baik pada saat hamil maupun pasca melahirkan. Semoga bermanfaat dan bisa kita praktikkan dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Wallahu A’lam….

 

Rekomendasi

pengalaman perempuan pasca melahirkan pengalaman perempuan pasca melahirkan

Menilik Pengalaman Perempuan Pasca Melahirkan

banyak anak banyak rejeki banyak anak banyak rejeki

Banyak Anak Banyak Rezeki, Benarkah?

berpuasa bagi ibu hamil berpuasa bagi ibu hamil

Bincang Ramadhan: Hukum Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Menggunakan alat kontrasepsi, Perempuan hamil dan menyusui, perempuan hendak melahirkan di Menggunakan alat kontrasepsi, Perempuan hamil dan menyusui, perempuan hendak melahirkan di

Shalat Seorang Perempuan Ketika hendak Melahirkan

Silvi Alawiyah
Ditulis oleh

Mahasiswa Universitas Ibrahimy Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo dan Aktivis IKSASS (Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafiiyah)

Komentari

Komentari

Terbaru

piagam madinah falsafah hidup piagam madinah falsafah hidup

Piagam Madinah, Falsafah Hidup Berbangsa dan Bernegara

Khazanah

Melaksanakan Pernikahan Bulan Shafar Melaksanakan Pernikahan Bulan Shafar

Melaksanakan Pernikahan di Bulan Shafar, Benarkah Tidak Boleh?

Kajian

aksi dokter sperma makanan aksi dokter sperma makanan

Aksi Dokter Campur Sperma ke Makanan; Kejahatan Seksual Terhadap Perempuan

Muslimah Talk

murtad wajib mengqadha shalat murtad wajib mengqadha shalat

Murtad Lalu Beriman Lagi, Wajib Mengqadha Shalat?

Kajian

koma wajibkah menqadha shalatnya koma wajibkah menqadha shalatnya

Pasien Covid-19 Koma, Wajibkah Ia Mengqadha Shalat Setelah Sembuh?

Kajian

hadis perempuan penduduk neraka hadis perempuan penduduk neraka

Bincang Hadis, Perempuan Penduduk Neraka Terbanyak

Kajian

dzikir 1000 kebaikan sehari dzikir 1000 kebaikan sehari

Ini Bacaan Dzikir Untuk Memperoleh 1000 Kebaikan Dalam Sehari

Ibadah

anhar palestina melahirkan penjara anhar palestina melahirkan penjara

Anhar al-Deek, Perempuan Palestina yang Nyaris Melahirkan di Penjara

Muslimah Talk

Trending

makna sekufu dalam pernikahan makna sekufu dalam pernikahan

Memilih Pasangan; Ikhtiar Menuju Pernikahan

Keluarga

anak menolong orang tuanya anak menolong orang tuanya

Bisakah Seorang Anak Menolong Orang Tuanya di Akhirat?

Keluarga

Pakaian di Masa Rasulullah Pakaian di Masa Rasulullah

Pakaian di Masa Rasulullah (2)

Kajian

Perundungan perempuan pengalaman biologis Perundungan perempuan pengalaman biologis

Perundungan Terhadap Perempuan karena Pengalaman Biologis

Muslimah Talk

mahram mertua cerai pasangan mahram mertua cerai pasangan

Status Mahram Mertua Pasca Cerai dari Pasangan

Keluarga

Bagaimana Islam Memandang Konsep Childfree?

Kajian

Menentukan Kriteria Sekufu pernikahan Menentukan Kriteria Sekufu pernikahan

Bagaimana Seharusnya Menentukan Kriteria Sekufu dalam Pernikahan?

Kajian

janda stigma negatif melekat janda stigma negatif melekat

Janda dan Stigma Negatif yang Melekat

Muslimah Talk

Connect