Ikuti Kami

Ibadah

Doa Sapu Jagat, Doa yang Paling Banyak Dibaca Rasulullah

BincangMuslimah.Com – Berdoa adalah senjata bagi umat muslim. Ia merupakan bentuk ketidak berdayaan seorang muslim yang selalu butuh bantuan Allah swt. Nabi saw. pun di dalam hadis-hadisnya banyak mengajarkan berbagai macam doa. Salah satu doa yang paling banyak dibaca Nabi saw. adalah doa sapu jagat.

Sebagaimana disebutkan dalam Hadis berikut ini

عَنْ أَنَسٍ رضي الله عنه قَالَ كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رواه البخاري ومسلم.

Dari Anas r.a., ia berkata, “Doa yang paling banyak dipanjatkan Nabi saw. adalah allahumma rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wafil aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannar (Ya Allah, Ya Tuhan kami berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan akhirat, dan hindarkan lah kami dari siksa api neraka.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

Doa yang dibaca Nabi saw. tersebut juga terdapat di dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 201. Doa tersebut biasa dikenal dengan doa sapu jagat; yakni doa yang dapat mencakup banyak hal baik terkait dengan urusan dunia maupun akhirat. Hal ini juga menunjukkan bahwa kita diminta untuk tidak hanya meminta kebaikan di dunia saja, tetapi juga meminta kebaikan di akhirat.

Meskipun kebaikan di dunia dan akhirat di dalam doa tersebut bersifat umum; artinya dapat mencakup kebaikan yang sangat luas sekali, namun para ulama banyak yang memberikan penjelasan tentang hal ini.

Imam Al-Hasan mengatakan bahwa maksud kebaikan di dunia adalah ilmu dan ibadah, sementara maksud kebaikan di akhirat adalah surga. Sedangkan, imam Qatadah mengatakan bahwa kebaikan di dunia adalah kesehatan mental, sementara imam As-Suddi mengatakan harta, dan di akhirat adalah surga.

Baca Juga:  Benarkah Keringat Perempuan Haid Najis?

Adapun Syekh Wahbah Az-Zuhaili di dalam kitab At-Tafsir Al-Munir menafsirkan bahwa kebaikan di dunia itu meliputi; kesehatan, keamanan, kecukupan, anak yang shalih, istri yang shalihah, dan pertolongan atas musuh-musuh. Sedangkan kebaikan di akhirat itu meliputi kemenangan atas pahala yang didapat dan terbebas dari siksa. Namun, beliau juga mengatakan bahwa secara umum doa tersebut itu mencakup semua hal yang bisa diminta di dunia dan akhirat.

Di dalam riwayat imam Muslim yang lain, disebutkan bahwa sahabat Anas bin Malik r.a. yang meriwayatkan hadis tersebut pun sering mengucapkan doa tersebut. Dan ketika ia hendak membaca doa yang lain, maka ia selalu menyertakan doa tersebut.

Selain itu, di dalam riwayat imam Muslim juga terdapat kisah menarik dibalik doa tersebut. Dari Anas bahwasannya Rasulullah saw. pernah menjenguk seorang laki-laki muslim yang sedang sakit parah sampai kurus dan lemah seperti seekor burung kecil. Kemudian, Rasulullah saw. bertanya kepadanya, “Apakah kamu pernah berdoa ataupun memohon sesuatu kepada Allah? Sahabat tersebut menjawab, “Ya, saya pernah berdoa, “Ya Allah ya Tuhanku, apa yang Engkau siksajan kepadaku di akhirat kelak, maka segelakanlah siksa tersebut di dunia ini!”

Mendengar pengakuannya itu, Rasulullah saw. pun berkata, ‘Subhanallah, mengapa kamu berdoa seperti itu. tentu kamu tidak akan tahan. Mengapa kamu tidak berdoa, “allahumma aatinaa fid dunya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qainaa adzaaban nar (Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta periharalah kami dari siksa neraka). Lalu Rasulullah saw. berdoa kepada Allah untuk sahabat tersebut dan akhirnya Allah pun menyembuhkannya.

Kisah tersebut menunjukkan bahwa kita tidak akan pernah mampu menahan siksa api neraka, baik ketika kita masih di dunia maupun di akhirat. Oleh sebab itu, kita hanya dapat berdoa kepada Allah swt. agar terhindar dari siksa yang pedih itu.

Baca Juga:  Cara Menghitung Suci dan Haid Perempuan yang Istihadhah

Demikianlah di antara manfaat membaca doa sapu jagat, doa yang paling banyak dibaca Nabi saw. Doa tersebut sangat singkat dan padat, namun sangat luas sekali maknanya. Yakni dapat mencakup seluruh kebaikan di dunia dan akhirat. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Mengenal Lebih Jauh Macam-macam Pendekatan Gender

Kajian

Kisah cinta Zainab binti Rasulullah Kisah cinta Zainab binti Rasulullah

Kisah Cinta Sayyidah Zainab binti Rasulullah

Muslimah Talk

Hukum kremasi jenazah mualaf Hukum kremasi jenazah mualaf

Hukum Kremasi Jenazah Mualaf

Kajian

Rembuk Ide Rembuk Ide

El-Bukhari Institute Gelar Rembuk Ide, Bahas Moderasi Beragama untuk Gen Z

Berita

Bincang Thaharah; Wudhu Tidak Berurutan, Apakah Tetap Sah?

Video

Perbedaan Haji dan Umrah Perbedaan Haji dan Umrah

Tiga Perbedaan Haji dan Umrah

Ibadah

Syarat-syarat dikabulkannya doa Syarat-syarat dikabulkannya doa

Fungsi dan Syarat-syarat Dikabulkannya Doa  

Ibadah

Larangan bagi Perempuan Haid Larangan bagi Perempuan Haid

Larangan bagi Perempuan Istihadhah

Kajian

Trending

Doa keguguran Doa keguguran

Kehilangan Buah Hati Akibat Keguguran, Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah Ini

Ibadah

masa iddah hadis keutamaan menikah masa iddah hadis keutamaan menikah

10 Hadis Tentang Keutamaan Menikah

Kajian

Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat

Doa agar Terhindar dari Prasangka Buruk pada Allah

Ibadah

Mengenal Rufaidah al-Aslamiyah: Perawat Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam

Muslimah Talk

Mandi junub dan haid Mandi junub dan haid

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Resensi Buku Pernah Tenggelam Resensi Buku Pernah Tenggelam

Resensi Buku Pernah Tenggelam: Halu Berlebihan Menenggelamkan Keimanan?

Diari

Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah

Kisah Bulan Madu Rasul dengan Shafiyah binti Huyay

Muslimah Talk

muslimah mencukur habis rambutnya muslimah mencukur habis rambutnya

Bolehkah Muslimah Mencukur Habis Rambutnya?

Kajian

Connect