Ikuti Kami

Ibadah

Doa Nabi untuk Suami Istri yang Saling Membangunkan Shalat Malam

Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam

BincangMuslimah.Com – Kehidupan rumah tangga harus dipenuhi kesalingan antara suami istri. Saling membantu dalam mengurus anak, mengurus rumah tangga, maupun dalam urusan ibadah. Berikut adalah sabda Rasulullah saw. yang memberitahukan bahwa rahmat Allah swt. akan turun kepada pasangan yang saling membantu dalam kebaikan terutama dalam urusan ibadah.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ فَصَلَّتْ فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِيْ وَجْهِهَا الْمَاءَ رَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِي وَجْهِهِ الْمَاءَ. (رواه ابو داود)

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Semoga Allah menurunkan rahmat kepada seorang laki-laki yang bangun malam hari kemudian shalat, lalu membangunkan istrinya. Apabila istrinya menolak bangun, ia akan memercikkan air ke wajah istrinya. Semoga Allah juga menurunkan rahmat kepada seorang perempuan yang bangun malam hari kemudian shalat, lalu membangunkan suaminya. Jika suaminya menolak bangun, ia akan memercikkan air ke wajah suaminya.” (H.R. Abu Daud)

Hadis ini juga diriwayatkan oleh imam Ahmad di dalam kitab Al-Musnad, imam Ibnu Hibban di dalam kitab Shahihnya, imam Ibnu Khuzaimah dalam kitab Shahihnya, dan imam Al-Baihaqi di dalam kitab Sunan al-Kubranya. Hadis ini memiliki kualitas Hasan Shahih.

Abdul Mahasin Al-Ibad dalam kitab Syarah Sunan Abi Daud menjelaskan bahwa bagi yang paling rajin dalam beribadah dan lebih cepat bangunnya, baik laki-laki atau perempuan, baik suami atau istri hendaknya ialah yang mendorong pasangannya untuk melakukan hal yang sama.

Sehingga, menurut Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam buku Qiraah Mubadalah, bukan hanya suami/laki-laki yang menjadi sumber pengetahuan dan kebenaran, tetapi perempuan juga dianjurkan untuk mendorong pada kebaikan dan kebenaran.

Baca Juga:  Denda bagi Orang yang Melanggar Kewajiban dalam Haji

Hadis ini juga menunjukkan bahwa laki-laki/suami dan perempuan/istri masing-masing memiliki kesempatan mendapat rahmat Allah swt. bagi yang mau mengajak kebaikan kepada pasangannya. Mereka pun akan dicatat menjadi orang-orang yang banyak mengingat Allah jika mau melaksanakan shalat dan zikir bersama-sama.

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، وَأَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَا: قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنِ اسْتَيْقَظَ مِنَ اللَّيْلِ وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ، فَصَلَّيَا رَكْعَتَيْنِ جَمِيعًا، كُتِبَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ اللَّهَ كَثِيرًا، وَالذَّاكِرَاتِ» رواه ابو داود.

Abu Said Al-Kudri dan Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa yang bangun malam dan membangunkan istrinya lalu mereka shalat dua rakaat bersama-sama, maka mereka dicatat di antara orang-orang laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah.” (H.R. Abu Daud)

Selaras dengan hadis tersebut, Allah swt. di dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 35 akan menyiapkan ampunan dan pahala yang besar bagi laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah.

Demikianlah yang seharusnya dilakukan oleh pasangan suami istri. Hendaknya mereka saling membantu dan mengingatkan dalam melakukan kebaikan. Sebagaimana hadis di atas, Allah swt. akan menjamin rahmat, ampunan, dan pahala yang besar untuk masing-masing keduanya, tidak hanya kepada laki-laki saja atau perempuan saja. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan

Niat Menggabungkan Puasa Dzulhijjah dengan Qadha Ramadhan

Ibadah

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ibadah

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Connect