Ikuti Kami

Ibadah

Doa Nabi untuk Suami Istri yang Saling Membangunkan Shalat Malam

Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam

BincangMuslimah.Com – Kehidupan rumah tangga harus dipenuhi kesalingan antara suami istri. Saling membantu dalam mengurus anak, mengurus rumah tangga, maupun dalam urusan ibadah. Berikut adalah sabda Rasulullah saw. yang memberitahukan bahwa rahmat Allah swt. akan turun kepada pasangan yang saling membantu dalam kebaikan terutama dalam urusan ibadah.

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ فَصَلَّتْ فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِيْ وَجْهِهَا الْمَاءَ رَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ وَأَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِي وَجْهِهِ الْمَاءَ. (رواه ابو داود)

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Semoga Allah menurunkan rahmat kepada seorang laki-laki yang bangun malam hari kemudian shalat, lalu membangunkan istrinya. Apabila istrinya menolak bangun, ia akan memercikkan air ke wajah istrinya. Semoga Allah juga menurunkan rahmat kepada seorang perempuan yang bangun malam hari kemudian shalat, lalu membangunkan suaminya. Jika suaminya menolak bangun, ia akan memercikkan air ke wajah suaminya.” (H.R. Abu Daud)

Hadis ini juga diriwayatkan oleh imam Ahmad di dalam kitab Al-Musnad, imam Ibnu Hibban di dalam kitab Shahihnya, imam Ibnu Khuzaimah dalam kitab Shahihnya, dan imam Al-Baihaqi di dalam kitab Sunan al-Kubranya. Hadis ini memiliki kualitas Hasan Shahih.

Abdul Mahasin Al-Ibad dalam kitab Syarah Sunan Abi Daud menjelaskan bahwa bagi yang paling rajin dalam beribadah dan lebih cepat bangunnya, baik laki-laki atau perempuan, baik suami atau istri hendaknya ialah yang mendorong pasangannya untuk melakukan hal yang sama.

Sehingga, menurut Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam buku Qiraah Mubadalah, bukan hanya suami/laki-laki yang menjadi sumber pengetahuan dan kebenaran, tetapi perempuan juga dianjurkan untuk mendorong pada kebaikan dan kebenaran.

Baca Juga:  Keputihan dalam Perspektif Empat Mazhab, Najis Atau Suci?

Hadis ini juga menunjukkan bahwa laki-laki/suami dan perempuan/istri masing-masing memiliki kesempatan mendapat rahmat Allah swt. bagi yang mau mengajak kebaikan kepada pasangannya. Mereka pun akan dicatat menjadi orang-orang yang banyak mengingat Allah jika mau melaksanakan shalat dan zikir bersama-sama.

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الْخُدْرِيِّ، وَأَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَا: قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنِ اسْتَيْقَظَ مِنَ اللَّيْلِ وَأَيْقَظَ امْرَأَتَهُ، فَصَلَّيَا رَكْعَتَيْنِ جَمِيعًا، كُتِبَا مِنَ الذَّاكِرِيْنَ اللَّهَ كَثِيرًا، وَالذَّاكِرَاتِ» رواه ابو داود.

Abu Said Al-Kudri dan Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barang siapa yang bangun malam dan membangunkan istrinya lalu mereka shalat dua rakaat bersama-sama, maka mereka dicatat di antara orang-orang laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah.” (H.R. Abu Daud)

Selaras dengan hadis tersebut, Allah swt. di dalam Q.S. Al-Ahzab ayat 35 akan menyiapkan ampunan dan pahala yang besar bagi laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah.

Demikianlah yang seharusnya dilakukan oleh pasangan suami istri. Hendaknya mereka saling membantu dan mengingatkan dalam melakukan kebaikan. Sebagaimana hadis di atas, Allah swt. akan menjamin rahmat, ampunan, dan pahala yang besar untuk masing-masing keduanya, tidak hanya kepada laki-laki saja atau perempuan saja. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

kisah fatimah idul fitri kisah fatimah idul fitri

Kisah Sayyidah Fatimah Merayakan Idul Fitri

Khazanah

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect