Ikuti Kami

Ibadah

Amaliyah dan Keutamaan di Bulan Sya’ban

perintah shalawat turun sya'ban

BincangMuslimah.Com – Sya‘ban adalah bulan yang di dalamnya penuh keutamaan, banyak terjadi peristiwa-peristiwa bersejarah, mulai dari peristiwa perpindahan arah kiblat dari Masjidil Aqsha di Palestina ke Ka‘bah di Mekkah dengan penurunan Surat Al-Baqarah ayat 144, Surat Al-Ahzab ayat 56 yang menganjurkan pembacaan shalawat, diangkatnya amal-amal manusia menuju ke hadirat Allah, dan berbagai peristiwa lainnya.

Apabila dari segi linguistik, Syaikh Abdurraḥmn as-Shafury dalam karya  momumentalnya yaitu Nuzhah al-Majalis wa Muntakhab an-Nafa’is menyatakan bahwa kata Sya’ban (Sya’ban) merupakan singkatan dari huruf Syin yang mempunyai arti kemuliaan (As-Syaraf). Huruf ‘Ain yang bermakna derajat dan kedudukan yang tinggi yang terhormat (Al-‘Uluwwu). Huruf Ba’ yang bermakna kebaikan (Al-Birru). Huruf Alif yang berarti kasih sayang (Al-Alfah). Huruf Nun yang bermakna cahaya (An-Nuur). Demikianlah gambaran betapa banyak keutamaan beribadah pada bulan Sya’ban.

Jika ditelisik dari segi amaliyah, terdapat beberapa hal yang biasanya dilaksanakan pada malam Nisfu Sya’ban, yaitu membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali yang dilanjutkan dengan berdoa. Tradisi semacam ini selain sudah berkembang di Nusantara, juga menjadi amaliyah tahunan yang dilakukan secara rutin utamanya masyarakat dari kalangan Nahdliyyin.

Rasulullah pernah menyatakan dalam sebuah hadisnya sebagaimana yang diriwayatkan oleh ad-Dailami, Ibn ‘Asakir, dan al-Baihaqi sebagai berikut,

 ‎خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Ada 5 malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya‘ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha. (Ad-Dailami, Ibn ‘Asakir)

‎مَنْ أَحْيىَ لَيْلَةَ العِيْدَيْنِ وَلَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوْتُ القُلُوْبُ.

Baca Juga:  Menjelang Akhir Tahun Islam, Baca Doa Ini Setelah Shalat Ashar

Siapa saja yang menghidupkan dua malam hari raya dan malam Nisfu Sya‘ban, niscaya tidaklah akan mati hatinya pada hari di mana pada hari itu semua hati menjadi mati.( Ad-Dailami, Ibn ‘Asakir)

وقد جمع دعاء مأثور مناسب للحال خاص بليلة النصف من شعبان مشهور, يقرأه المسلمون تلك الليلة الميمونة فرادى وجمعا في جوامعهم وغيرها يلقنهم احدهم ذلك الدعاء او يدعو وهم يؤمنون كما هو معلوم . وكيفيته : تقرأ أولا قبل ذلك الدعاء بعد صلاة المغرب سورة يس ثلاثا .

Sungguh telah dikumpulkan doa ma’tsur (datang dari Rasululullah) yang terkait khusus dengan malam Nisfu Sya‘ban. Doa ini dibaca oleh para muslimin pada malam penuh anugerah secara sendiri-sendiri dan berjamaah. Seorang dari mereka menalqin doa tersebut dan jamaah mengikutinya atau ada juga salah seorang yang berdoa dan jamaahnya mengaminkan saja sebagaimana dimaklum. Caranya, pertama membaca Surat Yasin 3 kali selepas Maghrib yang diakhiri dengan berdoa. (HR. Al-Baihaqi)

Hadis di atas mengindikasikan bahwa melaksanakan ibadah pada malam Nisfu Sya‘ban merupakan suatu anjuran dari Rasulullah. Maka dari itu, siapapun yang tidak sejalan dengan amaliyah untuk menghidupkan malam Nisfu Sya’ban, tentu tak seharusnya memberikan kecaman yang tidak berdasar karena sikap demikian selain dapat menganggu kerukunan antar-masyarakat juga dapat mengganggu pelaksanaan ibadah bagi orang yang bersedia mengerjakannya.

Ikhtiar menata stabilitas hati dan pikiran merupakan sikap yang sangat bijak untuk dapat diimplementasikan. Kita diperintah untuk memelihara persaudaraan sesama Muslim. Di sisi lain penting untuk diperhatikan juga bahwa keutamaan melakukan ibadah menghidupkan malam Nisfu Sya‘ban merupakan persoalan Furu’iyyah (cabang persoalan fikih) yang tetap membuka ruang perbedaan tapi tetap dalam semangat yang saling toleran.

Baca Juga:  Apa Manfaat Doa Saat Hendak Berhubungan Badan?

Pengaplikasian amaliyah ini juga berfungsi untuk mempertebal keimanan seorang hamba terhadap Tuhannya. Oleh karena itu, tidak seyogyanya untuk diarahkan pada dimensi sakralitas hukum. Sakralitas hukum terhadap persoalan keimanan juga bisa menyebabkan munculnya gesekan-gesekan antar-sesama muslim.

Selagi semua amaliyah memiliki dasar dan pijakan ilmu pengetahuan tentu tidak perlu untuk dipertentangkan. Perbedaan merupakan suatu keniscayaan (sunnatullah), tapi menyikapi perselisihan dengan hal yang tidak bijak tentu semakin menjauhkan ummat Islam dari nilai-nilai luhur keislamannya.

‘Ala Kulli Hal, Islam adalah agama yang fleksibel terkait perkara prinsip dasar (Ushuliyyah) bergerak secara eksklusif, sedangkan terkait perkara cabang (Furu’iyyah) bergerak secara inklusif. Urusan-urusan yang termasuk kesatuan keanekaragaman (Al-Ijtima’ Fil Ikhtilaf) merupakan bentuk keluasan dari ajaran Islam itu sendiri.

Semoga bermanfaat, Wallahu A’lam…..

Rekomendasi

perintah shalawat turun sya'ban perintah shalawat turun sya'ban

Perintah Shalawat Turun di Bulan Sya’ban

sya'ban bulan pembaca alquran sya'ban bulan pembaca alquran

Sya’ban, Bulan bagi Para Pembaca Alquran

hadis palsu bulan Sya'ban hadis palsu bulan Sya'ban

3 Hadis Palsu Tentang Bulan Sya’ban

peristiwa keutamaan bulan sya'ban peristiwa keutamaan bulan sya'ban

Peristiwa dan Keutamaan Bulan Sya’ban Menurut Sayyid Muhammad

Ditulis oleh

Aktivis IKSASS (Ikatan Santri Salafiyah Syafi'iyah) Surabaya

Komentari

Komentari

Terbaru

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

kisah fatimah idul fitri kisah fatimah idul fitri

Kisah Sayyidah Fatimah Merayakan Idul Fitri

Khazanah

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect