BincangMuslimah.Com – Ada beberapa kalimat thayyibah (kalimat-kalimat yang baik untuk diucapkan) yang kita kenal, salah satunya adalah kalimat tasbih atau biasa kita menyebut dengan subhanallah. Sebenanrya apa makna kalimat tasbih dan dalam kondisi seperti apa kita dianjurkan mengucapkan kalimat tasbih?
Al-Imam Fakhruddin Al-Razi dalam kitabnya Mafatih al-Ghaib menyebutkan bahwa kalimat tasbih terkadang bermakna tanzih atau digunakan untuk mensucikan dzat Allah swt dari sifat-sifat yang meyerupai makhluk , selain itu kalimat tasbih juga bisa mengandung arti ta’ajjub atau kekaguman terhadap Allah swt atau makhluk ciptaanNya.
Dalam beberapa keadaan, Allah swt menyebutkan kalimat tasbih yang mengandung makna tanzih. Diantaranya adalah:
1. Ketika Allah menegaskan bahwa Dia adalah pengatur seluruh alam dan tidak ada yang mampu menandingiNya, Allah swt menyebutkan:
وَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
“Mahasuci Allah Tuhan semesta Alam” (QS. An-Naml:8)
2. Allah swt terbebas atau bersih dari ucapan-ucapan orang yang dhalim, Allah swt menyebutkan:
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ
Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. (QS. Ash-Shaffaat; 180)
3. Allah swt Maha Kaya, ia tidak membutuhkan apapun dari selainNya,
فَسُبْحَانَ الَّذِي بِيَدِهِ مَلَكُوتُ كُلِّ شَيْءٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ
Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS. Yasin; 83)
4. Allah menegaskan bahwa diriNya tidak mungkin memiliki anak, seraya berfirman:
سُبْحَانَهُ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَلَدٌ …
Maha Suci Allah dari mempunyai anak, (QS. An-Nisa; 171)
5. Allah menegaskan bahwa diriNya tidak mungkin memiliki sifat-sifat sebagaimana yang disebutkan oleh orang-orang yang menyekutukanNya seraya berkata
سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ
Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu). (QS. Yunus; 18)
Selain bermakna tanzih, kalimat tasbih juga mengandung makna ta’ajjub atau kekaguman akan sifat-sifat Allah atau kekaguman terhadap ciptaanNya. Berikut ini adalah contoh-contoh tasbih yang mengandung makna ta’ajjub :
1. Allah swt menegaskan keagunganNya bahwa hanya Dialah yang mampu menundukkan hewan-hewan yang memiliki sifat buas terhadap manusia yang lemah,
سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ
“Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya,” (QS. Az-Zukhruf; 13)
2. Allah menegaskan bahwa Dialah dzat yang menciptakan alam ini beserta seluruh isinya tanpa ada sedikitpun rasa lelah ataupun payah seraya berfirman:
سُبْحانَهُ إِذا قَضى أَمْراً فَإِنَّما يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: “Jadilah”, maka jadilah ia. (QS. Maryam; 35)
3. Allah swt bertasbih atas diriNya tatkala menceritakan bahwa Dia adalah dzat yang mampu menghapuskan dosa kemaksiatan yang dilakukan oleh hambaNya selama 70 tahun dengan pertaubatan yang dilakukan hambanya dalam sesaat, sebagaimana firmanNya:
وَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِها
dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya (QS. Thaha; 130)
4. Allah swt menegaskan bahwa hanya Dialah dzat yang Maha mengetahui tanpa ada yang memberi tahu ataupun memberi petunjuk, seraya berfirman:
سُبْحانَكَ لا عِلْمَ لَنا إِلاَّ ما عَلَّمْتَنا
Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; (QS. Al-Baqarah; 32)
Selain yang tersebut dalam firman Allah swt dalam al-Qur’an, Nabi saw juga menyebutkan melalui sabdanya mengenai kapan kita dianjurkan untuk bertasbih. Al-Imam al-Nawawi dalam salah satu karyanya yaitu al-Adzkar menuliskan Bab Jawaz al-Ta’ajjub bi Lafdzi al-Tasbih wa al-Tahlil wa Nahwihima, yaitu bab yang membahas kebolehan mengucapkan kalimat tasbih dan tahlil saat melihat atau mendengar sesuatu yang mengagumkan. Salah satu hadis yang dikutip oleh al-Imam al-Nawawi dalam bab tersebut adalah:
عن أبي هريرة رضي الله عنه؛ أن النبيّ صلى الله عليه وسلم لقيه وهو جُنُب، فانسلَّ فذهبَ فاغتسلَ، فتفقَّده النبيّ صلى الله عليه وسلم، فلما جاء قال: “أيْنَ كُنْتَ يا أبا هُرَيْرَةَ؟! ” قال: يا رسول الله! لقيتني وأنا جُنُب فكرهتُ أن أُجالسَك حتى أغتسل، فقال: “سُبْحانَ اللَّه! إنَّ المُؤْمِنَ لا يَنْجُسُ”
“Dari Abu Hurairah ra, suatu ketika Rasulullah saw menemui Abu Hurairah dan ia (Abu Hurairah) dalam keadaan junub, Abu Hurairah lantas mempercepat langkahnya dan meninggalkan Nabi untuk mandi, lalu Nabi saw mencarinya. Ketika Abu Hurairah datang Nabi bertanya: “Dari mana engkau wahai Abu Hurairah?”, Abu Hurairah kemudian menjawab “Wahai Rasulullah, engkau menemuiku sedang aku dalam keadaan junub, aku tidak suka jika duduk bersama engkau sedang aku dalam keadaan junub.”, Rasulullah saw kemudian bersabda: “Subhanallah, sesungguhnya orang mukmin tidaklah najis.”
Hadis di atas mengisahkan akan ta’ajjub dari Nabi saw atas sikap Abu Hurairah yang tak ingin menjumpai Nabi saw sedang ia dalam keadaan junub. Hal ini merupakan bentuk penghormatan Abu Hurairah kepada baginda Nabi saw. Dari beberapa contoh tasbih yang difirmankan oleh Allah swt dalam al-Quran ataupun sebagaimana yang disabdakan Nabi melalui hadis, maka dapat kita ambil pelajaran bahwa sangat dianjurkan bagi kita semua untuk bertasbih ketika kita bermaksud mensucikan dzat Allah dari sifat yang serupa dengan makhlukNya swt atau ketika melihat dan mendengar hal-hal yang membuat kita ta’jub. Wallahu a’lam