Ikuti Kami

Muslimah Talk

Ibtesam Saeed Badhrees: Muslimah Arab Pertama Penerima Penghargaan Fisika di Amerika Serikat

Ibtesam Saeed Badhrees1

BincangMuslimah.Com – Ternyata tak menutup kemungkinan bahwa perempuan juga bisa berkiprah sebagai seorang ilmuwan yang berpengaruh pada ilmu pengetahuan. Professor Dr. Ibtesan Saeed Badhrees, BS, MS, MA, PHD, seorang ilmuwan peneliti dalam fisika partikel eksperimental di King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dan seorang Distinguished Fellow dari New Westminster College.

Professor Dr. Ibtesam Saeed Badhrees merupakan menerima penghargaan Women Physicist of the Month pada tahun 2014 dari Masyarakat Fisika Amerika Serikat (APS). Ilmuwan berhijab asal Arab Saudi ini menjadi perempuan non-Amerika pertama yang menerima penghargaan dari KACST, yang merupakan organisasi fisika terbesar ke dua di dunia.

Menurut pejabat Pusat Teknologi dan Ilmu Pengetahuan Arab Saudi (KACST) di Riyadh, APS memilih Prof. Badhrees agar bisa memberikan kemajuan yang positif terhadap komunitas fisika. Selain memberi anugerah, APS juga menominasikan Badhrees sebagai wasit untuk poster ilmiah dalam konferensi internasional APS pada April 2014.

Dikutip dari situs resmi Carleton University, Prof. Badhrees adalah perempuan Saudi pertama yang meraih gelar PhD dan bekerja di National Center for Mathematics and Physics di KACST untuk Sains dan Teknologi. Dia merupakan peneliti fisika partikel eksperimental pada Pusat Nanoteknologi Nasional di Saudi. Bidang penelitiannya juga adalah Fisika Partikel Dasar Eksperimental, Astrofisika, Fisika Medis dan Fisika Nuklir. Selain itu, Prof. Badhrees juga bertindak sebagai asisten profesor di Carleton University di Kanada.

Prof. Badhrees telah berkecimpung dalam dunia penelitian fisika sejak 2006. Dilansir dari CERN Courier, Prof. Badhrees merupakan perempuan Saudi pertama dan satu-satunya yang bergabung menjadi anggota peneliti CERN pada tahun 2006. CERN merupakan organisasi Eropa untuk penelitian nuklir yang berkantor pusat di Genewa. CERN pertama kali membuka pintunya untuk kolaborator dengan Prof. Badhrees dari Arab Saudi.

Baca Juga:  Kisah Bulan Madu Rasul dengan Shafiyah binti Huyay, Putri Pemuka Yahudi

Profesor Dr. Ibtesam Saeed Badhrees adalah ilmuwan peneliti terkenal di dunia dalam fisika partikel eksperimental dan Distinguished Fellow (Sebagai Rekan Terhormat ) dari New Westminster College. Ilmuwan yang lahir di Makkah ini meraih gelar Bachelor of Science (BS) in Physics dari King Abdul-Aziz University pada tahun 1990.

Kemudian ia meraih gelar Master of Science (MS) in Applied Physics / Laser dari Fairleigh Dickinson University pada tahun 1997 dan tahun selanjutnya ia meraih Diploma in Management with High Honours dari Dover Business College pada tahun 1998.

Sementara gelar Master of Arts (MA) dalam Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Kedua ia dapatkan dari Universitas Fairleigh Dickinson pada tahun 2000. Kemudian ia melanjutkan PhD dalam Hubungan Internasional dari Sekolah Diplomasi dan Hubungan Internasional Jenewa pada tahun 2011, dan PhD dalam Fisika Partikel dari Universitas Bern pada tahun 2011. Ia memiliki gelar kemahiran berbahasa Arab, Inggris dan Prancis.

Melihat dari Researchgate bahwa riset prof. Badhrees saat ini yang berafiliasi dengan Carleton University dan tempat lain, publikasinya sebanyak 238 dengan 2992 sitasi dan 7973 pembaca. Kita juga akan menukan namanya di Madriage Publishers Interconnecting Scientific Word.

Beliau telah menerbitkan beberapa majalah, jurnal dan berpartisipasi dalam berbagai wawancara, baik nasional maupun internasional. Beliau merupakan ilmuwan, peneliti yang luar biasa dan juga telah menerima berbagai penghargaan lainnya seperti penghargaan keunggulan akademik misi kebudayaan Arab Saudi yang diterima pada tahun (1996, 1997, dan 2007), pernah terbit di majalah Laha sebagai salah satu wanita khas Arab Saudi (2013).

Perannya sebagai perempuan tak menjadi penghalang untuk prof. Badhrees berkontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi utamanya dalam bidang fisika.  Berbagai prestasinya ini merupakan bukti bahwa perempuan juga bisa terjun membangun peradaban dunia.

Rekomendasi

Citra Perempuan dalam alquran Citra Perempuan dalam alquran

Bagaimana Citra Perempuan Ideal dalam Alquran?

menghilangkan Stigma Negatif Janda menghilangkan Stigma Negatif Janda

Pentingnya Menghilangkan Stigma Negatif terhadap Janda

orangtua dan guru perempuan berprofesi guru orangtua dan guru perempuan berprofesi guru

Peran Ganda Perempuan yang Berprofesi Guru

Faktor-Faktor Psikologis Baby Blues Faktor-Faktor Psikologis Baby Blues

Faktor-faktor Psikologis yang Mempengaruhi Baby Blues

Ditulis oleh

Alumni MA Salafiyah Kajen yang menamatkan kuliah di Program Jurusan Fisika Univesitas Diponegoro. Saat ini sedang merintis perpustakaan dan hobi menulis. Pernah menyabet juara 1 lomba puisi nasional dan menjuarai beberapa Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Komentari

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect