Ikuti Kami

Muslimah Daily

Sekolah Perempuan Jatim: Komitmen AMAN Indonesia untuk Perempuan

sekolah perempuan
Sekolah Perempuan Desa getas, Temanggung, AMAN Indonesia https://buddhazine.com/

BincangMuslimah.Com – Aman Indonesia, dalam sejarah perjalanan sejak 1 maret 2007 didirikan, 14 tahun mengawal pemberdayaan perempuan dalam konteks perdamaian bukanlah waktu yang sebentar. Banyak upaya yang sudah dilakukan oleh Aman Indonesia sebagai upaya pemberdayaan perempuan, salah satunya sekolah perempuan.

Penulis selaku orang yang  menjadi bagian dari Aman Indonesia turut mengucapkan terimakasih atas dedikasi Aman Indonesia terhadap perempuan-perempuan Indonesia diberbagai lini, khususnya dalam mengkawal isu-isu perdamaian.

Salah satu yang patut diapresiasi adalah adanya sekolah perempuan (red:SP) yang menjadi sebuah wadah pengembangan perempuan di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Kehadiran SP di Jawa Timur misalnya. Ia menjadi bagian yang tidak bisa dinegasikan dedikasinya terhadap perubahan kondisi sosial perempuan di Jawa Timur.

Kita bisa melihat bagaimana kondisi sosial, eksistensi perempuan, dan masalah perempuan Jawa Timur khususnya saat pandemi Covid-19, diantaranya: angka kekerasan di Bangkalan yang meningkat di tengah pandemi khususnya pada tahuan 2020. Ikrak kembalinya masyarakat Syi’ah di Kabupaten Sampang dengan momen pembaiatan Tajul Muluk kembali memeluk Sunni nyatanya masih menyisakan problem yang panjang, masih ada 16 pengikut yang tinggal di Rusumawa Jemundo.

Tidak hanya itu, keterwakilan perempuan dalam memimpin daerah perlu diapresiasi. Sebab bagaimanapun, harapan terciptanya relugasi yang responsif terhadap gender. Ada 8 pasangan Pimpinan daerah perempuan pada Pilkada 2020. saat ini ada 14 Kabupaten/kota di Jawa Timur yang dipimpin perempuan dan seorang Gubernur perempuan. Pada Pileg 2019 21 perempuan terpilih menjadi anggota DPRD Jawa Timur.

Kondisi tersebut bukanlah bagian prestasi besar, sebab tantangan yang dihadapinya juga besar. Di beberapa tempat yang lain, beberapa perempuan di Jawa Timur justru terlibat aksi intolen, radikalisme dan terorisme. Kenyataan ini bisa dilihat pada Tahun 2018, dimana secara beruntun bom diledakkan di  3 gereja di Surabaya pada minggu pagi 13 Mei 2018.

Baca Juga:  Guyonan Ala Nabi Muhammad Saw

Keeseokan harinya, berlanjut dengan 2 ledakan lain di Rusun Wonocolo, Sidoarjo dan Polsek Surabaya Timur. Pada 14 Mei 2019, dua orang teroris tertangkap di Pasar Sayur Caruban, Madiun dan Desa Tanjungtani, Prambon, Nganjuk. Mereka disinyalir adalah JAD. Lalu pada 17 Agustus 2019, terduga teroris tertangkap di Polrestabes Surabaya karena membabat bagian tubuh salah seorang polisi dengan senjata tajam hingga terluka. Masih pada bulan yang sama, tepatnya 22 Agustus 2019, tiga terduga teroris tertangkap di Blitar. Mereka juga dianggap sebagai jaringan JAD.

Merespon kondisi sosial yang demikian, Aman Indonesia mengambil peran penting dengan adanya sekolah perempuan. SP di Jawa Timur terdapat di berbagai daerah, diantaranya: SP Bintang 9 Sampang, SP Kobher Sumenep, SP Jemundo, dan SP Ranupani Lumajang. Serta 1 kelompok SP mahasiswa yang terdiri dari mahassiwa Sumenep dan Sampang.

Kehadiran SP bagi perempuan-perempuan di berbagai daerah menunjukkan perubahan positif terhadap hubungan mereka dengan sosial, aksi yang dilakukan untuk lingkungan serta peran mereka di ranah sosial. Melalui bekal ilmu pengetahuan, ilmu kepemimpinan serta relasi yang didapatkan di sekolah perempuan, mereka dapat mengapreasi diri sebagai perempuan yang mandiri serta menjadi bagian utuh dari masyarakat.

Kehadiran SP disebagian daerah di Jawa Timur justru bisa berkolaborasi dengan pemerintah desa sebagai bagian dari program desa. Bekal ilmu yang didapatkan di SP membuat perempuan terlibat aktif dalam musyawarah desa, responsif terhadap isu-isu perempuan serta membangun kapasitas diri yang bisa diharapkan oleh masyarakat.

 

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasiswi Universitas Gajah Mada yang berasal dari Sampang, Madura. Saat ini tergabung dalam Komunitas Puan Menulis

Komentari

Komentari

Terbaru

Peran Perempuan Turunnya Alquran Peran Perempuan Turunnya Alquran

Peran Perempuan dalam Peristiwa Turunnya Alquran

Khazanah

suntik vitamin saat puasa suntik vitamin saat puasa

Hukum Suntik Vitamin, Gizi dan Infus saat Puasa?

Kajian

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect