Ikuti Kami

Khazanah

Kisah Rasulullah yang Terbuka Menerima Pendapat Sahabat Muda

rasulullah terbuka sahabat muda
Source: gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Nabi Muhammad merupakan sosok yang santai, menyenangkan, dan mudah berkomunikasi dengan siapapun. Meskipun beliau seorang utusan Allah sekaligus pemimpin negara, Rasulullah sangat terbuka dengan masukan dari para sahabat baik yang lebih tua ataupun yang muda.

Hal itu sebagaimana banyak riwayat yang menyatakan saat memimpin hijrah dan beberapa peperangan pada masa perjuangan Islam, Rasulullah mendengarkan sahabat-sahabat muda yang mengemukakan pendapatnya terkait strategi perang. Tidak hanya itu, beliau juga menerima saran tersebut jika itu memang dianggap lebih baik dan disetujui sahabat lain.

Ketika terjadi perang Badar misalnya, salah seorang sahabat yang usianya terbilang masih muda, Khabbab ibn al-Mundzir mengusulkan strategi selain yang telah diputuskan oleh Rasulullah. Pada saat itu pasukan muslimin berhenti di sebuah sumur yang bernama Badar dan Rasul saw. memerintahkan untuk menguasai sumber air tersebut sebelum dikuasai musuh.

Khabbab dengan sopan menghampiri Rasulullah dan bertanya, “Wahai Rasulullah, maafkanlah aku jika terlalu lancang bertanya kepadamu. Apakah tempat ini adalah tempat yang diwahyukan oleh Allah kepadamu sehingga engkau tidak bisa menolaknya atau tempat ini hanyalah pendapat pribadimu atau bagian dan siasat perang?”

Nabi kemudian menjawab, “Bukan wahai Khabbab, tempat ini kupilih berdasarkan pendapatku semata. Ini bukan wahyu dari Allah

Kemudian Khahab mulai menyampaikan masukannya, “Wahai Rasulullah, jika demikian bolehkah aku berpendapat ?” 

Pemuda ini kemudian melanjutkan, “Wahai Rasul, menurut pendapatku, tempat ini tidak strategis. Lebih baik kita pindah ke sumber air yang terdekat dengan musuh. Kita membuat markas di sana. Setelah sumber air kita kuasai, kita tutup sumur-sumur yang ada di belakangnya.”

“Setelah itu kita harus membuat kolam yang kita isi dengan air dari sumber itu. Posisi ini akan sangat menguntungkan pasukan kita, karena persediaan air kita bisa terjamin sedangkan mereka tidak. Sehingga mereka akan kehausan karena kehabisan persediaan air.” Terang Khabbab.

Baca Juga:  Idulfitri Menurut Syekh Nawawi Al-Bantani

Rasulullah sama sekali tidak tersinggung dengan pendapat sahabat yang usianya lebih muda darinya, Nabi saw. malah mengapresiasi dan menyetujui pendapat Khabbab sambil tersenyum mengatakan, “Pendapatmu sungguh baik.” Pada malam itu juga, Rasulullah beserta para sahabat melaksanakan usulan dari Khahab tersebut di mana akhirnya pasukan muslim memenangkan peperangan tersebut dengan telak.

Pendapat sahabat muda lainnya yang diterima oleh Rasulullah ialah Salman al-Farisi yang mengusulkan cara untuk menghalau musuh pada saat perang Khandaq. Di Persia, Salman telah mempunyai pengalaman luas tentang teknik dan sarana perang, begitu pun tentang siasat dan liku-likunya. 

Saat Nabi Muhammad mengumpulkan sahabat-sahabat terkemuka untuk membahas strategi menghadapi serangan pasukan al-Ahzab, tampillah Salman al-Farisi mengajukan masukan kepada Rasulullah setelah ia meninjau seluruh wilayah Madinah, yaitu suatu rencana yang sebelumnya tidak pernah dikenal oleh orang-orang Arab dalam peperangan. 

Rencana itu berupa penggalian khandaq atau parit sebagai perlindungan sepanjang daerah Madinah yang terbuka. Hal itu dilakukan agar dapat membendung dan menghambat pergerakan pasukan lawan yang berjumlah besar, terutama pasukan berkuda yang dikenal ganas. 

Rasulullah menerima pendapat Salman dan segera memimpin penggalian. Kemudian bersama pasukan muslim, mereka bekerja sama tiada henti menggali parit kurang lebih selama sembilan hari, sehingga terbentuklah parit sebagai benteng pertahanan dari arah barat ke timur di kawasan kota Madinah. Pasukan Islam juga telah disiagakan di barat dan timur Madinah.

Ketika pasukan lawan sampai di gerbang kota Madinah, mereka tercengang dengan taktik perang kaum muslimin dan menyebabkan mereka sulit memasuki Madinah. Beberapa perwira kaum kafir Quraisy mencoba menerobos parit, tetapi Ali bin Abi Thalib dengan cepat membunuh mereka. Perang tidak terjadi secara langsung, melainkan hanya sekedar saling melempar panah dan tombak.

Baca Juga:  Zikir Ketika Hujan Turun dan Khawatir akan Dampaknya

Dari beberapa kisah di atas kita bisa mengetahui bahwa Rasulullah adalah sosok yang sangat terbuka dengan pendapat dari para sahabat sekalipun yang lebih muda.

Rekomendasi

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Zikir Terbangun Tengah Malam Zikir Terbangun Tengah Malam

Zikir Rasulullah ketika Terbangun Tengah Malam

Kebijakan Rasulullah Ramah Perempuan Kebijakan Rasulullah Ramah Perempuan

Kebijakan Rasulullah yang Ramah Perempuan

rasulullah ditegur mengabaikan disabilitas rasulullah ditegur mengabaikan disabilitas

Rasulullah Ditegur karena Mengabaikan Sahabat Disabilitas

Komentari

Komentari

Terbaru

Biografi Siti Suryani Thahir Biografi Siti Suryani Thahir

Biografi Siti Suryani Thahir: Perintis Majelis Taklim Jakarta

Muslimah Talk

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

Kajian

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Ibadah

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

Connect