Ikuti Kami

Keluarga

Kiat-kiat Membangun Keluarga Islami  

Kiat-kiat Membangun Keluarga Islami
Pinterest.com

BincangMuslimah.Com– Dalam sebuah rumah tangga, pastilah semua orang mendambakan keluarga yang damai dan tentram. Mengejar keluarga yang islami menjadi sebuah cita-cita besar dalam menjalin hubungan rumah tangga. Untuk merealisasikan hal ini, suami dan istri haruslah saling memahami kiat-kiat membangun keluarga islami, di antaranya adalah sebagai berikut:

Memperkuat rasa cinta dan kasih sayang

Cinta dan sayang merupakan perekat dalam kekokohan rumah tangga. Jika cinta selalu membara dalam kedua insan ini, maka rumah tangga akan selalu dijalani dengan bahagia. Namun sebaliknya, jika cinta dan sayang sudah mulai menyusut, pertengkaran akan sering terjadi dan sangat sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, keduanya haruslah saling memupuk rasa cinta dan kasih sayang setiap harinya agar selalu bersemi dan tidak akan padam hingga masa tua. Hal ini senada dengan firman Allah dalam Q.S. ar-Ruum [30]: 21,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya

Suami dan istri haruslah saring menghormati dan menghargai. Seorang istri haruslah menghormati suaminya sebagai pemimpin dalam rumah tangga, dan memberikan penghargaan berupa pujian dan kebanggaan terhadap suaminya. Begitupun sebaliknya, seorang suami senantiasa menghargai kebaikan sekecil apapun dari istrinya dan memberikan penghargaan kepada istrinya, baik berupa pujian maupun kelembutan. Sebagaimana hadis Rasulullah saw, “ Orang yang paling baik dinatara kamu ialah orang yang paling baik dengan keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik terhadap keluargaku ” (H.R. Thabrani)

Baca Juga:  Siapa Saja dari Keluarga Istri yang Menjadi Mahram Bagi Suami?

Saling menutupi Kekurangan

Tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.  Suami dan istri sama-sama banyak kekurangan. Kekurangan yang ada pada pasangan, haruslah bisa di tutupi dengan sebaik mungkin dan tidak menceritakan kekurangan pasangan dengan siapapun termasuk kepada mertua atau orang tua sekalipun. Kecuali mereka sedang mengalami percecokan maka itu diperbolehkan jika meminta nasihat dengan orang yang terpercaya. Dalam Q.S. al-Baqarah [2]:187 Allah berfirman, “ Mereka itu ialah pakaian bagimu dan kamu pun pakaian baginya.

Kerja sama dalam keluarga

Suami istri bagaikan sebuah tim dalam membangun sebuah keluarga. Dalam sebuah hubungan rumah tangga, banyak sekali beban yang akan dijalani nantinya. Saling bekerja sama dalam melihat solusi terbaik itulah yang diperlukan dalam sebuah tim. Seperti tanggung jawab seorang ibu dan ayah dalam memberikan pendidikan kepada anak di masa depannya, ini sangat diperlukannya kerja sama yang baik.

Apabila seorang istri melakukan kesalahan, suami haruslah menasehatinya dengan baik dan lemah lembut. Rasulullah bersabda: “Nasehatilah wanita dengan baik. Sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk dan bagian yang bengkok dari rusuk bagian atas. Seandainya kamu luruskan ia akan patah. Seandainya kamu biarkan ia akan terus bengkok, untuk itu nasehatilah ia dengan baik.“ (H.R. Bukhari dan Muslim)

Memungsikan rumah tangga secara optimal

Keluarga bukanlah hanya sebuah tempat terminal bagi suami istri. Lebih dari itu, keluarga haruslah menjadikan rumah sebagai tempat kembali guna menghilangkan rasa lelah yang ada, tempat paling nyaman, memperbaiki diri dari pengaruh yang tidak baik, dan selalu memperkokoh hubungan sesama suami dan istri. Menjadi penenang tatkala suami sedang gundah dan mempunyai masalah, menjadi tempatnya berkeluh kesah. Begitupun suami menjadi tempat mengadunya istri dan berkeluh kesah. Seperti firman Allah dalam Q.S. al-Furqan [25] : 74, “Dan orang-orang yang berkata ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.’

Itulah kiat-kiat membangun keluarga islami yang merujuk pada Alquran dan hadis. Dengan menerapkan ini, semoga keluarga yang dijalani selalu diberi keberkahan, kedamaian, dan ketenntraman.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasiswi S2 program study Al-Quran dan Hadits di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

2 Komentar

2 Comments

Komentari

Terbaru

Mengapa Masih Ada Maksiat Di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

Menghirup Asap Rokok Puasa Menghirup Asap Rokok Puasa

Batalkah Menghirup Asap Rokok Saat Puasa?

Kajian

Pesan Stiker Makanan Puasa Pesan Stiker Makanan Puasa

Hukum Kirim Pesan Stiker Makanan Saat Puasa

Kajian

Melaksanakan I'tikaf di Rumah Melaksanakan I'tikaf di Rumah

Bolehkah Melaksanakan I’tikaf di Rumah ?

Kajian

mamah dedeh pendakwah perempuan mamah dedeh pendakwah perempuan

Mamah Dedeh, Pendakwah Legendaris Perempuan

Khazanah

Mengupil Bisa Membatalkan Puasa Mengupil Bisa Membatalkan Puasa

Apakah Mengupil Bisa Membatalkan Puasa?

Kajian

Lagu Religi Tentang Ramadhan Lagu Religi Tentang Ramadhan

Tujuh Lagu Religi Tentang Ramadhan

Khazanah

Membatalkan Shalat Karena Gempa Membatalkan Shalat Karena Gempa

Tanya Ustazah: Bolehkah Shalat Tarawih 8 Rakaat dengan 2 Kali Salam?

Kajian

Trending

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Ibadah

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

Lima Hak Anak yang Harus Ditunaikan Orang Tua

Keluarga

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Connect