Ikuti Kami

Keluarga

Kiat-kiat Membangun Keluarga Islami  

Kiat-kiat Membangun Keluarga Islami
Pinterest.com

BincangMuslimah.Com– Dalam sebuah rumah tangga, pastilah semua orang mendambakan keluarga yang damai dan tentram. Mengejar keluarga yang islami menjadi sebuah cita-cita besar dalam menjalin hubungan rumah tangga. Untuk merealisasikan hal ini, suami dan istri haruslah saling memahami kiat-kiat membangun keluarga islami, di antaranya adalah sebagai berikut:

Memperkuat rasa cinta dan kasih sayang

Cinta dan sayang merupakan perekat dalam kekokohan rumah tangga. Jika cinta selalu membara dalam kedua insan ini, maka rumah tangga akan selalu dijalani dengan bahagia. Namun sebaliknya, jika cinta dan sayang sudah mulai menyusut, pertengkaran akan sering terjadi dan sangat sulit untuk dihindari. Oleh karena itu, keduanya haruslah saling memupuk rasa cinta dan kasih sayang setiap harinya agar selalu bersemi dan tidak akan padam hingga masa tua. Hal ini senada dengan firman Allah dalam Q.S. ar-Ruum [30]: 21,

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya: “Di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya

Suami dan istri haruslah saring menghormati dan menghargai. Seorang istri haruslah menghormati suaminya sebagai pemimpin dalam rumah tangga, dan memberikan penghargaan berupa pujian dan kebanggaan terhadap suaminya. Begitupun sebaliknya, seorang suami senantiasa menghargai kebaikan sekecil apapun dari istrinya dan memberikan penghargaan kepada istrinya, baik berupa pujian maupun kelembutan. Sebagaimana hadis Rasulullah saw, “ Orang yang paling baik dinatara kamu ialah orang yang paling baik dengan keluarganya dan aku adalah orang yang paling baik terhadap keluargaku ” (H.R. Thabrani)

Baca Juga:  Parenting Islami : Empat Bentuk Psikologis yang Dibutuhkan Anak dalam Sorotan Islam

Saling menutupi Kekurangan

Tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna.  Suami dan istri sama-sama banyak kekurangan. Kekurangan yang ada pada pasangan, haruslah bisa di tutupi dengan sebaik mungkin dan tidak menceritakan kekurangan pasangan dengan siapapun termasuk kepada mertua atau orang tua sekalipun. Kecuali mereka sedang mengalami percecokan maka itu diperbolehkan jika meminta nasihat dengan orang yang terpercaya. Dalam Q.S. al-Baqarah [2]:187 Allah berfirman, “ Mereka itu ialah pakaian bagimu dan kamu pun pakaian baginya.

Kerja sama dalam keluarga

Suami istri bagaikan sebuah tim dalam membangun sebuah keluarga. Dalam sebuah hubungan rumah tangga, banyak sekali beban yang akan dijalani nantinya. Saling bekerja sama dalam melihat solusi terbaik itulah yang diperlukan dalam sebuah tim. Seperti tanggung jawab seorang ibu dan ayah dalam memberikan pendidikan kepada anak di masa depannya, ini sangat diperlukannya kerja sama yang baik.

Apabila seorang istri melakukan kesalahan, suami haruslah menasehatinya dengan baik dan lemah lembut. Rasulullah bersabda: “Nasehatilah wanita dengan baik. Sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk dan bagian yang bengkok dari rusuk bagian atas. Seandainya kamu luruskan ia akan patah. Seandainya kamu biarkan ia akan terus bengkok, untuk itu nasehatilah ia dengan baik.“ (H.R. Bukhari dan Muslim)

Memungsikan rumah tangga secara optimal

Keluarga bukanlah hanya sebuah tempat terminal bagi suami istri. Lebih dari itu, keluarga haruslah menjadikan rumah sebagai tempat kembali guna menghilangkan rasa lelah yang ada, tempat paling nyaman, memperbaiki diri dari pengaruh yang tidak baik, dan selalu memperkokoh hubungan sesama suami dan istri. Menjadi penenang tatkala suami sedang gundah dan mempunyai masalah, menjadi tempatnya berkeluh kesah. Begitupun suami menjadi tempat mengadunya istri dan berkeluh kesah. Seperti firman Allah dalam Q.S. al-Furqan [25] : 74, “Dan orang-orang yang berkata ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.’

Itulah kiat-kiat membangun keluarga islami yang merujuk pada Alquran dan hadis. Dengan menerapkan ini, semoga keluarga yang dijalani selalu diberi keberkahan, kedamaian, dan ketenntraman.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Mahasiswi S2 program study Al-Quran dan Hadits di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

2 Komentar

2 Comments

Komentari

Terbaru

Review Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa: Perjalanan Menemukan Kebenaran dan Menyembuhkan Luka Review Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa: Perjalanan Menemukan Kebenaran dan Menyembuhkan Luka

Review Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa: Perjalanan Menemukan Kebenaran dan Menyembuhkan Luka

Muslimah Talk

7 Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban 7 Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban

7 Keutamaan Melakukan Ibadah Kurban

Ibadah

Perempuan haid saat haji Perempuan haid saat haji

Perempuan Haid saat Haji, Apakah Sah?

Ibadah

doa setelah membaca Alquran doa setelah membaca Alquran

Doa yang Dibaca Setelah Membaca Alquran

Tak Berkategori

gigi palsu dicabut wafat gigi palsu dicabut wafat

Haruskah Gigi Palsu Dicabut Setelah Seseorang Wafat?

Kajian

rasulullah terbuka sahabat muda rasulullah terbuka sahabat muda

Kisah Rasulullah yang Terbuka Menerima Pendapat Sahabat Muda

Khazanah

veve zulfikar keturunan rasulullah veve zulfikar keturunan rasulullah

Veve Zulfikar, Pelantun Sholawat dari Kalangan Keturunan Rasulullah

Khazanah

Zakiah Daradjat Ulama Perempuan Zakiah Daradjat Ulama Perempuan

Zakiah Daradjat: Ulama Perempuan Pelopor Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum

Khazanah

Trending

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tafsir Al-Baqarah 187: Kiat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga menurut Islam

Kajian

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Yoga gerakan ibadah hindu Yoga gerakan ibadah hindu

Yoga Dianggap Menyerupai Gerakan Ibadah Hindu, Haramkah Menurut Islam?

Kajian

malaikat melaknat istri menolak malaikat melaknat istri menolak

Benarkah Malaikat Melaknat Istri yang Menolak Ajakan Suami untuk Berhubungan Badan?

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Connect