Ikuti Kami

Kajian

Tiga Amalan Sunnah pada Saat Isra dan Mi’raj

tiga amalan sunnah isra mi'raj

BincangMuslimah.Com – Bulan Rajab  termasuk bulan yang mulia. Pasalnya Rajab juga termasuk bulan haram. Pelbagai kemuliaan Rajab dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam kitab Mukasyafatul Qulub, ia menyebutkan bahwa Rajab memiliki berbagai nama, yang mengindikasikan kemuliaan bulan Rajab.

Pada sisi lain, kemuliaan bulan Rajab kian lengkap dengan adanya peristiwa  Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad. Peristiwa luar bisa yang di luar nalar. Peristiwa ini digambarkan sendiri oleh Allah dalam Al-Qur’an. Ini menunjukkan kedahsyatan peristiwa di balik Isra dan Mi’raj ini.

Untuk itu, karena kemuliaan bulan Rajab dan Isra Mi’raj, seyogianya kita sebagai muslim untuk mentadabburinya. Tentunya dengan melakukan pelbagai amalan kebajikan. 

Terdapat tiga amalan yang sunnah dilaksanakan pada saat Isra dan Mi’raj. Pertama, memperbanyak membaca doa. Adapun doa yang mustajab dibaca pada saat Isra dan Mi’raj, sekaligus bulan Rajab adalah doa berikut;

اللهمَّ بارِكْ‏ لَنا فِي‏ رَجَبٍ‏ وَ شَعْبانَ، وَ بَلِّغْنا شَهْرَ رَمَضانَ، وَ أَعِنَّا عَلَى الصِّيامِ وَ الْقِيامِ، وَ حِفْظِ اللِّسانِ، وَ غَضِّ الْبَصَرِ، وَ لا تَجْعَلْ حَظِّنا مِنْهُ الْجُوعَ وَ الْعَطَشَ.

Allohuma barik lana fii Rojabi wa Syakban,  wabalighnaa Syahro Romadhana, wa a’inna ala siyami wal qiyami, wahfiz lisani, wa ghaddi al basari wa la taj’al hazzi minhu alju’i wal a’thasy.  

Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan panjangkanlah usia kami sehingga bisa mencapai bulan Ramadhan. Ya Allah bantulah kami dalam melaksanakan puasa dan shalat, menjaga lisan, menundukkan pandangan (dari yang haram). Jangan jadikan kami di bulan Ramadhan ini (hanya tergolong) sebagai orang yang (menahan) lapar dan haus belaka.

Kedua, pada saat Isra dan Mi’raj seyogianya kita memperbanyak amalan istigfar. Ini merupakan momentum yang tepat untuk kita memohon ampunan atas segala dosa yang dikerjakan. Pasalnya, manusia tidak luput dari dosa dan kesalahan. 

Baca Juga:  Ini Alasan Kenapa Hari Raya Disebut "Id"

Adapun bacaan istighfar terbaik yang bisa dibaca adalah sayyidul istigfar. Terkait dahsyat istigfar tersebut, Syekh Jamaluddin Muhammad bin ‘Abdul Rahman al-Washaabi dalam kitab al-Barakah fi Fadhlis Sa’yi wal Harakah,  menjelaskan,  sayyidul istigfar bacaan mujarab agar dosa dan kesalahan manusia terampuni. Amalan ini menutup rapat pintu neraka, sebaliknya mengetuk dan membuka luas pintu surga Allah SWT.

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ لك بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

 

Allahumma anta rabbii la ilaha illa anta, khalaqtanii wa anaa abduka wa anaa ‘ala ahdika wa wa dika ma-statha tu, a’uudzu bika min syarri mâ shana tu, abuu’u laka bini’matika ‘alayya wa abuu’u bidzanbii faghfirli fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah lah Tuhanku, tiada tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku. Aku adalah hamba Mu dan aku berada di atas sumpahku dan janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui dosa (yang aku perbuat). Maka, maafkanlah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa selain Engkau.

Ketiga, dalam rangka memperingati Isra dan Mikrja, seseorang bisa melakukan puasa sunnah. Pasalnya, dalam bulan Rajab ini dianjurkan untuk puasa. Yang pahalanya, sangat besar, sekaligus melatih untuk Ramadhan kelak. Nabi Muhammad bersabda;

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ نَهْراً يُقَالُ لَهُ رَجَبٌ مَاؤُهُ أَشَدُّ بَيَاضاً مِنَ اللَّبَنِ، وَأَحْلَى مِنَ العَسَلِ، مَنْ صَامَ مِنْ رَجَبٍ يَوْماً وَاحِداً سَقَاهُ اللهُ مِنْ ذَلِكَ النَّهْرِ

Baca Juga:  Beberapa Perempuan yang Disebut dalam Alquran

“Sesungguhnya di surga ada sungai yang disebut dengan sungai ‘Rajab.’ Airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barangsiapa berpuasa satu hari pada bulan Rajab, maka Allah akan memberikan minum kepadanya dari air sungai tersebut.

Itulah tiga amalan sunnah yang bisa dilaksanakan dalam rangka menyambut Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad. Yang diperingati pada Senin, 28 Februari 2022. Persitiwa yang sangat agung. Yang sangat luar biasa. Yang dicantumkan oleh Allah sendiri dalam Al-Qur’an. 

Rekomendasi

peristiwa isra' mi'raj peristiwa isra' mi'raj

Yakin Peristiwa Isra Miraj Terjadi di Bulan Rajab?

Isra Mi'raj Ditemani Malaikat Isra Mi'raj Ditemani Malaikat

Kisah Isra Mi’raj Rasulullah Ditemani Malaikat Jibril

Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun

Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun

Panggilan sayang sunnah nabi Panggilan sayang sunnah nabi

Membuat Panggilan Sayang kepada Istri Termasuk Sunnah Nabi

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect