Ikuti Kami

Kajian

Tiga Amalan Sunnah pada Saat Isra dan Mi’raj

tiga amalan sunnah isra mi'raj

BincangMuslimah.Com – Bulan Rajab  termasuk bulan yang mulia. Pasalnya Rajab juga termasuk bulan haram. Pelbagai kemuliaan Rajab dijelaskan Imam Al-Ghazali dalam kitab Mukasyafatul Qulub, ia menyebutkan bahwa Rajab memiliki berbagai nama, yang mengindikasikan kemuliaan bulan Rajab.

Pada sisi lain, kemuliaan bulan Rajab kian lengkap dengan adanya peristiwa  Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad. Peristiwa luar bisa yang di luar nalar. Peristiwa ini digambarkan sendiri oleh Allah dalam Al-Qur’an. Ini menunjukkan kedahsyatan peristiwa di balik Isra dan Mi’raj ini.

Untuk itu, karena kemuliaan bulan Rajab dan Isra Mi’raj, seyogianya kita sebagai muslim untuk mentadabburinya. Tentunya dengan melakukan pelbagai amalan kebajikan. 

Terdapat tiga amalan yang sunnah dilaksanakan pada saat Isra dan Mi’raj. Pertama, memperbanyak membaca doa. Adapun doa yang mustajab dibaca pada saat Isra dan Mi’raj, sekaligus bulan Rajab adalah doa berikut;

اللهمَّ بارِكْ‏ لَنا فِي‏ رَجَبٍ‏ وَ شَعْبانَ، وَ بَلِّغْنا شَهْرَ رَمَضانَ، وَ أَعِنَّا عَلَى الصِّيامِ وَ الْقِيامِ، وَ حِفْظِ اللِّسانِ، وَ غَضِّ الْبَصَرِ، وَ لا تَجْعَلْ حَظِّنا مِنْهُ الْجُوعَ وَ الْعَطَشَ.

AlloFresh x Bincang Muslimah

Allohuma barik lana fii Rojabi wa Syakban,  wabalighnaa Syahro Romadhana, wa a’inna ala siyami wal qiyami, wahfiz lisani, wa ghaddi al basari wa la taj’al hazzi minhu alju’i wal a’thasy.  

Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan panjangkanlah usia kami sehingga bisa mencapai bulan Ramadhan. Ya Allah bantulah kami dalam melaksanakan puasa dan shalat, menjaga lisan, menundukkan pandangan (dari yang haram). Jangan jadikan kami di bulan Ramadhan ini (hanya tergolong) sebagai orang yang (menahan) lapar dan haus belaka.

Kedua, pada saat Isra dan Mi’raj seyogianya kita memperbanyak amalan istigfar. Ini merupakan momentum yang tepat untuk kita memohon ampunan atas segala dosa yang dikerjakan. Pasalnya, manusia tidak luput dari dosa dan kesalahan. 

Adapun bacaan istighfar terbaik yang bisa dibaca adalah sayyidul istigfar. Terkait dahsyat istigfar tersebut, Syekh Jamaluddin Muhammad bin ‘Abdul Rahman al-Washaabi dalam kitab al-Barakah fi Fadhlis Sa’yi wal Harakah,  menjelaskan,  sayyidul istigfar bacaan mujarab agar dosa dan kesalahan manusia terampuni. Amalan ini menutup rapat pintu neraka, sebaliknya mengetuk dan membuka luas pintu surga Allah SWT.

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ لك بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

 

Allahumma anta rabbii la ilaha illa anta, khalaqtanii wa anaa abduka wa anaa ‘ala ahdika wa wa dika ma-statha tu, a’uudzu bika min syarri mâ shana tu, abuu’u laka bini’matika ‘alayya wa abuu’u bidzanbii faghfirli fa innahuu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah lah Tuhanku, tiada tuhan selain Engkau yang telah menciptakan aku. Aku adalah hamba Mu dan aku berada di atas sumpahku dan janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku lakukan. Aku mengakui atas nikmat yang Engkau berikan kepadaku dan aku mengakui dosa (yang aku perbuat). Maka, maafkanlah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa selain Engkau.

Ketiga, dalam rangka memperingati Isra dan Mikrja, seseorang bisa melakukan puasa sunnah. Pasalnya, dalam bulan Rajab ini dianjurkan untuk puasa. Yang pahalanya, sangat besar, sekaligus melatih untuk Ramadhan kelak. Nabi Muhammad bersabda;

إِنَّ فِي الْجَنَّةِ نَهْراً يُقَالُ لَهُ رَجَبٌ مَاؤُهُ أَشَدُّ بَيَاضاً مِنَ اللَّبَنِ، وَأَحْلَى مِنَ العَسَلِ، مَنْ صَامَ مِنْ رَجَبٍ يَوْماً وَاحِداً سَقَاهُ اللهُ مِنْ ذَلِكَ النَّهْرِ

“Sesungguhnya di surga ada sungai yang disebut dengan sungai ‘Rajab.’ Airnya lebih putih dari susu dan lebih manis dari madu. Barangsiapa berpuasa satu hari pada bulan Rajab, maka Allah akan memberikan minum kepadanya dari air sungai tersebut.

Itulah tiga amalan sunnah yang bisa dilaksanakan dalam rangka menyambut Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad. Yang diperingati pada Senin, 28 Februari 2022. Persitiwa yang sangat agung. Yang sangat luar biasa. Yang dicantumkan oleh Allah sendiri dalam Al-Qur’an. 

Kalian bisa kolaborasi buat bantu BincangMuslimah.com terus menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan berbelanja minimal 150.000 di Allofresh. Dapatkan rangkaian cashback dengan download aplikasinya disini dan masukan kode AFBS12 saat berbelanja

Rekomendasi

peristiwa isra' mi'raj peristiwa isra' mi'raj

Yakin Peristiwa Isra Miraj Terjadi di Bulan Rajab?

Isra Mi'raj Ditemani Malaikat Isra Mi'raj Ditemani Malaikat

Kisah Isra Mi’raj Rasulullah Ditemani Malaikat Jibril

Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun

Dada Rasulullah Dibelah 4 Kali, Bermula Umur 4 Tahun

Panggilan sayang sunnah nabi Panggilan sayang sunnah nabi

Membuat Panggilan Sayang kepada Istri Termasuk Sunnah Nabi

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

1 Komentar

1 Comment

    Komentari

    Terbaru

    Frugal living Rasulullah Frugal living Rasulullah

    Frugal Living ala Rasulullah

    Khazanah

    Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

    Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

    Ibadah

    Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam

    Lima Perbedaan Lelaki dan Perempuan dalam Shalat

    Ibadah

    krisis lingkungan krisis lingkungan

    Aktivis Lingkungan Berbasis Agama Serukan Pemerintah Serius Atasi Krisis Lingkungan

    Berita

    perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

    Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

    Kajian

    Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan

    Ibadah

    nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

    Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

    Khazanah

    poligami istri gairah seksual poligami istri gairah seksual

    Hukum Suami Melakukan Poligami Karena Istri Sudah Tidak Memiliki Gairah Seksual

    Kajian

    Trending

    istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

    Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

    Ibadah

    perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

    Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

    Kajian

    diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

    Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

    Kajian

    Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

    Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

    Ibadah

    angin vagina membatalkan wudhu angin vagina membatalkan wudhu

    Apakah Angin yang Keluar dari Vagina Dapat Membatalkan Wudhu?

    Ibadah

    doa menjelang persalinan rasulullah doa menjelang persalinan rasulullah

    Doa Menjelang Persalinan dari Rasulullah untuk Fatimah

    Ibadah

    Makna aurat buya syakur Makna aurat buya syakur

    Empat Makna Aurat Menurut Buya Syakur Yasin

    Kajian

    Masa iddah perempuan hamil Masa iddah perempuan hamil

    Masa Iddah Perempuan Hamil yang Cerai Kemudian Keguguran

    Kajian

    Connect