Ikuti Kami

Kajian

Ayam Berkokok Tanda Melihat Malaikat, Benarkah?

ayam berkokok melihat malaikat

BincangMuslimah.Com – Pagi hari atau menjelang subuh, biasanya kita mendengar ayam mulai berkokok. Bahkan tak jarang, kita mendengarnya saat dini hari. Kita mungkin berpikir bahwa hewan-hewan yang mengeluarkan suaranya masing-masing tak berarti apa-apa. Tapi terdapat info atau isu dari lisan ke lisan, bahwa suara hewan menunjukkan sesuatu. Salah satunya adalah ayam berkokok disinyalir ia sedang melihat malaikat. Bagaimana Islam memandang ini?

Islam tidak melulu membahas perkara ritual ibadah saja. Islam adalah agama yang mampu menjadi pedoman bagi manusia dalam berbagai aspek. Islam juga, melalui Alquran dan hadis membahas tentang tanda-tanda kebesaran Allah. Salah satunya melalui isyarat makhluknya yang berasal dari golongan hewan. Makhluk Allah yang tak berakal tapi memiliki insting.

Terdapat hadis shahih yang menyebutkan bahwa ayam berkokok adalah isyarat ia sedang melihat malaikat. Maka kita dianjurkan untuk memohon rahmat, sebaliknya, saat mendengar suara anjing menggonggong atau keledai meringkik adalah isyarat melihat setan. Maka umat muslim dianjurkan untuk memohon ampun kepada Allah. Begini hadisnya,

  عن أبي هريرةَ رضي اللّه عنه، عن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم قال‏:‏  إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِن فَضْلِهِ؛ فإنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا، وإذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا باللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ؛ فإنَّه رَأَى شيطَانًا.

Artinya: Dari Abu Hurairah R.a, dari Nabi Saw bersabda, “Apabila kalian mendengar suara ayam berkokok maka mintalah rahmat dari Allah, karena sesungguhnya ia sedang melihat malaikat. Dan apabila kalian mendengar suara ringkikan keledai, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan, karena sesungguhnya (saat itu) ia sedang melihat setan.” (HR. Bukhari)

Hadis ini shahih dan tercatat dalam Shahih al-Bukhari. Ternyata suara yang berasal dari hewan memiliki isyarat. Mereka adalah makhluk Allah yang memiliki indra dan kelebihan tersendiri dari manusia. Maka hadis ini yang menjadi landasan agar senantiasa mengingat Allah dan hadirnya makhluk Allah berupa hewan adalah pengingat dan penyeimbang kehidupan bagi kita. Terdapat momen kita memohon rahmat kepada Allah, yaitu saat mendengar ayam berkokok. Terdapat momen kita benar-benar memohon perlindungannya saat suara keledai meringkik.

Baca Juga:  Hukum Menjual Kulit Hewan Kurban

Dalam hadis lain bahkan disebutkan bahwa suara anjing menggonggong adalah isyarat hadirnya setan, sama seperti suara ringkikan keledai. Hadis tersebut berasal dari jalur sahabat Jabir,

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم -: إذا سمعتم نِباحَ الكلابِ ونِهِيقَ الحمارِ بالليلِ فتعوذوا باللهِ فإنهنَّ يُرَيْنّ ما لا تَرَوْن.

Artinya: dari Jabir bin Abdullah berkata, “Rasulullah Saw bersabda: apabila kalian mendengar suara anjing menggonggong atau suara keledai meringkik pada malam hari maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari setan. Karena sesungguhnya mereka bisa melihat sesuatu yang tidak kita lihat.” (HR. Abu Daud)

Hadis ini shahih dan tercatat dalam Shahih Abi Daud.

Demikian beberapa anjuran dalam Islam yang juga menunjukkan tanda-tanda kebesaran Allah dan anjuran agar selalu mengingat Allah. Baik dalam keadaan aman maupun bahaya. Baik dalam keadaan hadirnya malaikat saat mendengar suara ayam berkokok, ataupun hadirnya setan yang ditandai oleh suara gonggongan anjing dan ringkikan kuda. Wallahu a’lam bisshowab.

Rekomendasi

jin qorin menggoda manusia jin qorin menggoda manusia

Benarkah Jin Qorin Ada untuk Menggoda Manusia?

Waktu Menyembelih Hewan Kurban Waktu Menyembelih Hewan Kurban

Hukum Menjual Kulit Hewan Kurban

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Biografi Siti Suryani Thahir Biografi Siti Suryani Thahir

Biografi Siti Suryani Thahir: Perintis Majelis Taklim Jakarta

Muslimah Talk

Perempuan Bekerja saat Iddah Perempuan Bekerja saat Iddah

Bolehkah Perempuan Bekerja saat Masa Iddah?

Kajian

Belum Berhaji Menjadi Badal Haji Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Hukum Orang yang Belum Berhaji Menjadi Badal Haji

Ibadah

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

Connect