Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Zikir yang Dapat Meringankan Beban Pekerjaan Rumah Tangga

BincangMuslimah.Com – Pekerjaan rumah tangga sering kali membuat lelah para ibu. Mulai dari mencuci baju, menjemur, menyetrika, menyapu, mencuci piring, memasak, sampai mengasuh anak. Belum lagi, jika masih ada pekerjaan di luar rumah dan ia tidak memiliki asisten rumah tangga. Lalu, adakah dzikir yang dapat meringankan beban pekerjaan rumah tangga?

Terkait hal ini, Fatimah, putri Rasulullah saw. pun pernah merasakan lelahnya melakukan pekerjaan rumah tangga. Bahkan, tangannya sampai terasa sakit disebabkan karena menumbuk gandum untuk membuat adonan roti sebagaimana tersebut dalam hadis berikut.

عَنْ عَلِيٍّ أَنَّ فَاطِمَةَ عَلَيْهِمَا السَّلَام شَكَتْ مَا تَلْقَى فِي يَدِهَا مِنْ الرَّحَى فَأَتَتْ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسْأَلُهُ خَادِمًا فَلَمْ تَجِدْهُ فَذَكَرَتْ ذَلِكَ لِعَائِشَةَ فَلَمَّا جَاءَ أَخْبَرَتْهُ قَالَ فَجَاءَنَا وَقَدْ أَخَذْنَا مَضَاجِعَنَا فَذَهَبْتُ أَقُومُ فَقَالَ مَكَانَكِ فَجَلَسَ بَيْنَنَا حَتَّى وَجَدْتُ بَرْدَ قَدَمَيْهِ عَلَى صَدْرِي فَقَالَ أَلَا أَدُلُّكُمَا عَلَى مَا هُوَ خَيْرٌ لَكُمَا مِنْ خَادِمٍ إِذَا أَوَيْتُمَا إِلَى فِرَاشِكُمَا أَوْ أَخَذْتُمَا مَضَاجِعَكُمَا فَكَبِّرَا ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَسَبِّحَا ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَاحْمَدَا ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَهَذَا خَيْرٌ لَكُمَا مِنْ خَادِمٍ

Dari Ali bahwa Fatimah mengadukan kepada Nabi saw. perihal tangannya yang lecet akibat mengaduk gandum, maka Fatimah datang kepada beliau dan meminta seorang pelayan, tetapi dia tidak menemui beliau, lalu Fatimah menitipkan pesan kepada Aisyah. Ketika Nabi datang, Aisyah pun menyampaikan pesan kepada beliau. Ali melanjutkan, “Kemudian beliau datang kepada kami ketika kami tengah berbaring (di tempat tidur), maka akupun bangkit berdiri, namun beliau bersabda, ‘Tetaplah pada tempat kalian berdua.’ Kemudian beliau duduk di samping kami sampai aku merasakan dinginnya kedua telapak kaki beliau, lalu beliau bersabda, ‘Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih baik bagi kalian berdua daripada seorang pelayan, apabila kalian berdua hendak tidur maka bertakbirlah kepada Allah sebanyak tiga puluh kali, bertasbihlah sebanyak tiga puluh kali, dan bertahmidlah sebanyak tiga puluh empat kali, dan ini semua lebih baik buat kalian berdua dari pada seorang pelayan. (H.R. Al-Bukhari)

Di dalam riwayat lain disebutkan takbirnya yang berjumlah 34 kali, sedangkan tasbih dan tahmidnya masing-masing 33 kali. Dan riwayat ini lebih rajih menurut kesepakatan perawi hadis.

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani di dalam kitab Fathul Bari Syarh Shahih Al-Bukhari menjelaskan bahwa sebagaimana diterangkan oleh imam Ibn Taimiyyah orang yang mengistiqamahkan wirid/dzikir ini ketika hendak tidur, maka ia tidak akan tertimpa kelelahan. Hal ini disebabkan karena Fatimah mengadu kelelahan bekerja, lalu Rasulullah saw. mengalihkan rasa capek itu dengan membaca dzikir itu.

Ada pula yang berpendapat bahwa dzikir ini tidak dapat meringankan rasa capek, tetapi orang yang mau konsisten dengan wirid ini, maka ia tidak akan tersakiti dan terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang ia lakukan, meskipun pekerjaan itu melelahkannya.

Demikianlah solusi wirid yang dapat meringankan beban pekerjaan rumah tangga bagi para ibu yang tidak memiliki asisten rumah tangga atau bagi orang yang menjadi asisten rumah tangga. Insya Allah dengan mengistiqamahkan wirid tersebut sebelum tidur, Allah akan memberikan kekuatan dalam setiap melakukan pekerjaan rumah tangga. Sehingga, meskipun masih ada rasa lelah, tetapi hal itu tidak sampai membebaninya atau ia melakukannya dengan enjoy. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Rekomendasi

Bacaan Sayyidul Istighfar agar Jadi Penghuni Surga

Terpaksa Pergi Jauh, Baca Ayat Ini

Baca Doa Ini Setiap Sujud Shalat agar Kesedihanmu Terangkat

Doa yang Bisa Menyembuhkan 99 Penyakit

Annisa Nurul Hasanah
Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

Privacy yang Berhak Dimiliki Seorang Istri Menurut Empat Madzhab

Kajian

perempuan rentan menjadi korban perempuan rentan menjadi korban

RUU PKS Resmi Disingkirkan dari Prolegnas 2020, Bagaimana Islam Memandang Pemimpin yang Menyia-yiakan Umat?

Kajian

Kecemburuan Ummahatul Mu’minin pada Syafiyyah, Putri Pemuka Yahudi

Kajian

mahar nikah mahar nikah

Mahar Nikah Menjadi Hak Istri atau Mertua?

Kajian

Benarkah Penghuni Neraka Paling Banyak Perempuan?

Kajian

mendidik anak mendidik anak

Parenting Islami ; Bagaimana Cara Mendidik Anak Untuk Perempuan Karir?

Keluarga

ruu pks ruu pks

RUU PKS akan Dihapus dari Prolegnas 2020, Ini Respon Kalis Mardiasih

Kajian

Sayyidah Nushrat al-Amin: Mufassir Perempuan Pertama Dengan Karya 30 Juz

Muslimah Talk

Trending

Keguguran, Haruskah Tetap Memberi Nama Untuk Anak?

Kajian

Istri Harus Patuh pada Suami atau Orang Tua?

Kajian

Empat Hal yang Mesti Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Berapa Kali Sehari Rasulullah Mengucapkan Istighfar?

Ibadah

Bolehkah Perempuan Pergi Haji dan Umrah Tanpa Disertai Mahram?

Ibadah

Telaah Hadis; Benarkah Perempuan Tercipta dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Perempuan Ahli Ibadah Masuk Neraka Gara-gara Ini

Kajian

Anis Al-Muttaqin; Menilik Nilai Tasawuf dalam Manuskrip Nusantara

Kajian

Connect